3 Kiat Investasi Saham untuk Investor Pemula Pasca Lebaran - Analisa - www.indonesiana.id
x

Setyo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 17 Juni 2019 11:30 WIB

3 Kiat Investasi Saham untuk Investor Pemula Pasca Lebaran

Dibaca : 381 kali

Kondisi keuangan pasca libur Lebaran sedang memasuki masa paceklik. Kondisi keuangan kering-koranta. Keuangan terkuras saat libur Lebaran.

Masa-masa seperti ini adalah masa yang tepat untuk melakukan 3 kiat berikut ini dalam pengelolaan keuangan demi terciptanya keamanan keuangan di masa depan.

Krisis keuangan usai Lebaran menjadi moment untuk menaruh harapan akan keuangan yang lebih baik di masa depan atau biar kondisi keuangan yang seperti ini nggak akan terjadi lagi.

Membangun kesadaran akan proses perencanaan, eksekusi dan evaluasi dalam pengelolaan keuangan menjadi salah satu modal dasar dalam realisasi investasi saham yang selama ini masih saja sebatas wacana. Mari kita urasi satu persatu:

1. Buat Perencanaan
Segala upaya memperbaiki kondisi keuangan tentunya butuh perencanaan, teristimewa setelah memiliki tujuan yang jelas yakni kesehatan keuangan di masa depan. Perencanaan membutuhkan pemikiran, waktu, tenaga, dan lain-lainnya. Secara konkret perencanaan juga mencakup pemaksimalan dana yang masih dimiliki untuk digunakan pada pos-pos pengeluaran yang sifatnya sangat dibutuhkan. Lebih dari pemaksimalan, pengetatan pengeluaran diperlukan untuk hal-hal sifatnya gaya hidup dan selanjutnya uang hasil pengetatan tersebut dikembangkan untuk mendapatkan imbal hasil yang maksimal, salah satunya melalui investasi saham.

2. Eksekusi Nyata Bukan Wacana
Setelah perencanaan keuangan pasca libur Lebaran dimiliki, eksekusi adalah tahap yang tidak mudah dilakukan karena benar-benar membutuhkan komitmen yang kuat, apalagi sedang di dalam kondisi keuangan yang kurang menguntungkan. Komitmen yang dimaksud yakni mengembangkan dana minim yang telah disisihkan pada instrumen investasi yang memberikam imbal hasil tinggi. Menariknya, investasi saham saat ini sudah sangat mudah dinikmati karena terjangkau dan semua proses transaksinya pun sudah full digital berbasis aplikasi, semisal aplikasi IPOTGO keluaran PT Indo Premier Sekuritas, yang memudahan transaksi saham.

3. Evaluasi Hasil
Jika komitmen itu bisa dijalankan, jangan lupakan yang namanya evaluasi. Evaluasi saham ini dimaksudkan untuk menilai cuan yang diharapkan apakah sudah sesuai harapan atau belum. Jika belum sesuai, tentunya diperlukan strategi baru untuk memaksimalkan cuan semisal dengan analisis fundamental hingga analisis teknikal. Poin ketiga ini kerap diambaikan investor.

  • Inflasi Gaya Hidup

Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.