Semarakkan Milad HMI ke-70, KOMPERTA gelar Tasyakuran - Analisis - www.indonesiana.id
x

Andik Setyawan (PB)

Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Semarakkan Milad HMI ke-70, KOMPERTA gelar Tasyakuran

    MILAD HMI Ke-70

    Dibaca : 2.867 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Jember - 5 Februari 2017, suatu momen hari lahirnya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-70. Momen tersbut dimanfaatkan oleh para kader HMI Komisariat Pertanian untuk menyelenggarakan Tasyakuran dan Diskusi Penel dengan menggandeng beberapa Komisariat HMI di lingkungan Cabang Jember.

    Kegiatan yang juga menjadi satu ajang sillaturahmi antara alumni HMI dengan Anggota HMI ini diselenggarakan di Komisariat Pertanian (Sekretariat, red). Hal ini dipilih karena ketepatan tempat dengan momen yang sedang berlangsung. sebagaimana diutarakan Pandu Wiranata, Ketua Panitia penyelenggara yang mengungkapkan bahwa, “sengaja peringatan MILAD ini digelar di komisariat karena lebih kondusif dan sesuai untuk mengingatkan kembali kanda alumni tentang masa dulu dimana para kanda ini pernah tinggal dan berjuang, kemistrinya lebih dapat untuk disimak dalam satu kemasan diskusi interaktif seperti malam ini”(05/02).

    Pembicara yang hadir pada acara tersebut merupakan alumni HMI Komisariat Pertanian yang saat ini sudah berkarir sebagai profesional, diantaranya adalah Habib Ikhsan (Dosen Fakultas Pertanian UMJ) dan Muhammad Natsir (Pembinan UKMK/Dinkop Kab.Jember) dengan peserta diskusi yang terdiri dari anggota HMI dari beberapa komisariat di lingkungan HMI Cabang Jember, acara tersebut juga Selain dihadiri ketua umum Komisariat Pertanian juga nampak Ketua umum Komisariat Fisipol dan beberapa pengurus dari komisariat KIP dan TP.

    Momen MIlad yang berbahagia ini digunakan oleh para kader HMI untuk berdiskusi dengan tujuan mampu lebih meningkatkan kualitas perkaderan dan jalinan ukhuwah antar sesama anggota HMI. Sebagaimana dituturkan oleh Andik S. (Ketua Umum HMI Komisariat Pertanian) dalam sambutannya yang menyampaikan bahwa,”momen yang bisa dikatakan menjadi satu waktu yang paling membahagiakan didalam Organisasi ini harus dimanfaatkan untuk satu kegiatan yang positif, berdasarkan diskusi yang sudah dilakukan teman-teman dikomisariat maka dipilihlah satu jenis kegiatan ini dimana harapan daripada dilaksanakannya kegiatan ini adalah mampu lebih merekatkan jalinan ukhuwah antar kader HMI, harapan lain yang tidak kalah penting adalah sebuah refleksi sejarah masa lalu HMI untuk perbaikan kedepan”(05/02).

    Dia menambahkan, “momen sillaturahmi dan sinargitas antar kader HMI seperti ini bukan momen musiman yang hanya digelar pada saat tertentu saja, namun harapannya bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun”(05/02). Acara dimulai dengan opening secara ceremonial dengan pembukaan oleh pembwa acara hingga sambutan dari ketua panitia, kemudian langsung diteruskan dengan penyampaian materi oleh Habib Ihsan dan disambung oleh Muhammad Natsir. Materi yang secara panel dibawakan oleh kedua pemateri adalah terkait dengan tema yang diusung oleh panitia yaitu “HMI Menjawab Tantangan Jaman, Reposisi HMI di Era Globalisasi”. Tema tersebut diusung untuk mempelajari kembali kesusksesan HMI di masa lalu untuk kemudian di komparasikan dengan proses perkaderan dimasa sekarang. Kegiatan dilanjutkan dengan doa dan makan bersama sebagai wujud Syukur kepada Tuhan atas usia HMI yang menginjak 70 Tahun, selain itu makan bersama satu wadah juga untuk memberikan kesan guyup rukun antar sesama kader HMI (Andik P.B.).

     

     

     

     

    Ikuti tulisan menarik Andik Setyawan (PB) lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.