x

Iklan

arjunaputra aldino

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Jalan Pantura Lancar, Kebijakan Cuti Jokowi Dinilai Efektif

Dengan jumlah libur yang lebih longgar, Jalan Pantura terpantau Ramai lancar.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

BREBES - Hari ini jalan pantura Brebes mulai dipadati pemudik, namun kondisinya tetap terpantau lancar. Cuti bersama yang dimulai tanggal 23 Juni ini menjadi awal dimulainya perjalanan bagi para pemudik.

Berdasarkan Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 184 Tahun 2017, cuti bersama bagi pekerja swasta jatuh pada tanggal 23, 27, 28, 29, dan 30 Juni 2017. Hal ini sengaja dilakukan pemerintah untuk menghindari kemacetan selama mudik. Dengan jumlah libur yang lebih longgar, diharapkan para pemudik bisa menyiasati masa keberangkatan dan kepulangan tanpa mengumpul di waktu yang hampir bersamaan.

Pasalnya, tahun lalu akibat waktu cuti bersama yang berdekatan terjadi insiden kemacetan di tol Brebes Timur exit (Brexit) yang membuat 12 orang tewas. Di tahun lalu, orang melakukan perjalanan mudik di waktu yang hampir bersamaan. Sehingga kemacetan pun tak bisa dihindarkan. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Atas evaluasi ini, pemerintah menambah waktu cuti bersama bagi sektor swasta dan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi 5 hari, jika ditambah Hari Libur Nasional dan libur Sabtu Minggu, maka total libur kali ini menembus 10 hari. Dengan adanya penambahan waktu cuti ini, diharapkan terdapat ruang dan waktu untuk berkumpul bersama keluarga menjadi sangat leluasa. 

Berkat penambahan waktu cuti bersama ini, banyak para pemudik memilih untuk pulang kampung lebih awal karena memang di tempat kerjanya sudah mulai libur dan tak ada kegiatan. Pulang kampung lebih awal ini juga dipilih para pemudik untuk menghindari kemacetan parah yang terjadi pada arus mudik tahun 2016 lalu di jalur Pantura Brebes - Tegal.

Seperti yang dituturkan Adhi (30 tahun), seorang pemudik bersepeda motor asal Jakarta yang mengaku bisa pulang kampung lebih awal untuk menghindari kemacetan. 

"Karena tahun lalu mudiknya mepet H-2 berangkat dari Jakarta, jadi kena macet parah di Pantura Brebes - Tegal. Untung saja sekarang ini liburnya lebih cepat dan langsung memilih pulang kampung," dia menambahkan.

Adhi juga menuturkan bahwa kali ini ia bisa pulang lebih awal karena ditempat kerjanya sudah mulai libur dan tak ada pekerjaan. Sehingga ia memilih pulang kampung lebih awal.

Di tempat kerja sudah libur mas, tidak ada kerjaan, ya dari pada di sana nganggur kami pulang kampung saja," ucap Adhil saat ditemui 

Dengan mengendarai sepeda motor, ia mengaku perjalanan melalui jalur pantura sudah mulai ramai namun lancar, tidak separah tahun lalu, yang macet total di beberapa titik. Dan Adhi pun bersyukur, dengan adanya kebijakan penambahan cuti bersama dari pemerintah, ia bisa menikmati perjalanan mudik dengan nyaman, tak terjebak kemacetan.

"Alhamdulilah, kalau pulang kampung lebih awal begini jalannya masih lancar. Jakarta - Brebes hanya sekitar 3 jam. Nggak seperti tahun lalu hingga belasan jam di tol Kanci - Pejagan - Brebes Timur," ungkap Adhi (ARJUNA).

Ikuti tulisan menarik arjunaputra aldino lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler