x

Iklan

Leny Suryani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tokoh Pemberdaya Pekerja Rumah Tangga

Perjuangan bersama Kawan-kawan PRT sangat luar biasa serta mimpi dan harapanya untuk kemajuan PRT perlu diapresiasikan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Beliau adalah sosok dibalik perjuangan untuk Kawan-kawan PRT(Pekerja Rumah Tangga), Beliau Adalah Lita Anggraini (48) lulusan sarjana Hubungan Internasional Universitas Gajah Mada, dan berasal dari kota Semarang. serta sebagai kordinator JALA PRT( Jaringan Nasional Advokasi Pekerja Rumah Tangga), sosok yang sedarhana dan mempunyai ciri khas tersendiri yaitu memakai "Kaos Hitam" dimanapun tempat dan menghadiri acara pun beliau selalu memakai kaos hitam. dan hobi makan ????( "aku Hobi makan" kata-kata yang sering beliau katakan jika sedang duduk santai bercerita kuliner) saking senang hobi makan Berat badannya meningkat, Buat beliau penampilan tidak terlalu penting.

Dibalik sosok sederhana ada mimpi yang sangat mulia dan apapun caranya Mbk Lita berusaha untuk mewujudkannya. Yaitu mendirikan Sekolah PRT(Pekerja Rumah Tangga) dan mengangkat nasib PRT agar lebih di hargai dan mendapatkan hak-haknya sebagai Pekerja dengan tema Kerja Layak PRT dan memperjuangkan perlindungan untuk Pekerja Rumah Tangga, RUUPPRT (Rancangan Undang-undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga) sudah 13tahun Mbak Lita berjuang untuk perlindungan PRT, beliau sudah terbiasa mondar-mandir digedung DPR untuk bertemu anggota Dewan membahas tentang situasi kerja layak PRT.

Perjuangannya tidak sendirian, di organisasi Pekerja Rumah Tangga SPDPRT Sapulidi beliau mendirikan sekolah untuk PRT diantaranya sekolah wawasan, yang temanya berganti- ganti setiap pertemuan yang bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para Pekerja Rumah Tangga agar mereka mengerti berbagai aspek legal terkait dengan pekerjaannya. Sekolah ketrampilan diantaranya Les Komputer dengan tujuan agar mereka mampu memanfaatkan teknologi komunikasi dan juga memanfaatkan untuk berkampanye tentang situasi Kerja Layak dan hak-hak sebagai Pekerja. ada juga Les Bahasa Inggris agar mereka mempunyai kemampuan dalam berbahasa Inggris, serta Sekolah Ketrampilan Kerja PRT Housekeeping dan Family Cooking yang sekarang sedang dilakukan yang bertujuan mereka mampu bekerja sesuai bidangnya dengan mengacu pada SKKNI ( Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tidak hanya itu saja Mbk Lita juga mengajarkan dan melatih PRT di bidang pengorganisasian untuk menghimpun dan memperluas anggota serikat, biasa kita (PRT) sebut mengorganisir PRT untuk bergabung di organisasi Pekerja Rumah Tangga. Karena semakin banyak anggota yang bergabung maka semakin kuat perjuangan menyuarakan hak-hak sebagai Pekerja dan memiliki kekuatan banyak untuk Meminta perlindungan hukum dengan cara mengadvokasi ke Pemerintah dan DPR. Mbk Lita juga mengajarkan kita dalam penanganan kasus kawan-kawan PRT, dengan mengadakan pelatihan Paralegal pendampingan kasus dengan LBH Apik dan LBH Jakarta. Dengan alasan seringnya terjadi kekerasan terhadap PRT tapi dibiarkan begitu saja tanpa ada kelanjutan hukum.

Banyak sekali kegiatan-kegiatan dan pelatihan yang dipelopori oleh mbak Lita untuk Pekerja Rumah Tangga. Dengan tujuan agar PRT punya ilmu pengetahuan, ketrampilan secara teori dan praktek. 

Perlindungan untuk Pekerja Rumah Tangga Kuncinya Adalah Berserikat.

Semoga perjuangan Mbak Lita beserta kawan-kawan akan segera tercapai dan Pemerintah akan segera mengesahkan RUUPPRT dan Konvensi ILO No 189 Tentang Situasi Kerja Layak PRT.

Ini sepenggal cerita tentang mbak Lita yang telah berjasa dan patut mendapatkan apresiasi, dan sebagai tokoh Pemberdaya Untuk Pekerja Rumah Tangga. selamat atas terpilihnya menjadi Tokoh Metro 2017 Kita PRT bangga dan akan mendukung terus perjuanganmu. Terima kasih karena sudah mengorbankan waktu untuk kita semua.

PRT Belajar Bekerja Berbagi Berjuang Bersama Untuk Kerja Layak dan Keadilan

Salam Perjuangan

Leni Suryani (PRT)

Ikuti tulisan menarik Leny Suryani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB