x

Iklan

Muhammad Khairur Rasyid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Nobar Film G30S PKI, Tingkatkan Anak Muda Cinta Pancasila

Universitas Esa Unggul adakan pemutaran film G30S PKI tingkatkan Jiwa Pancasila

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Universitas Esa Unggul mengadakan Nonton Bareng Film pemberontakan Gerakan 30 September 1965 atau sering disebut G30S PKI. Pemutaran film G30S PKI ini digelar di Ballroom Aula Kemala dengan dihadiri oleh para mahasiswa yang memiliki mata kuliah kepancasilaan.

Salah satu panitia penyelenggara yakni Syura Muhammad mengatakan penyelenggaran Nobar G30S PKI digelar selain untuk mengisi mata kuliah kepancasilaan, ini juga dimanfaatkan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang akan diperingati pada tanggal 28 Oktober nanti.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Nonton Bareng ini selain ditujukan untuk mengisi mata kuliah kepancasilaan, juga untuk memperingati sumpah Pemuda pada 28 Oktober nanti. Setelah seminar acara ini akan dilanjutkan dengan Diskusi isi film G30S PKI apa saja yang bisa kita ambil dalam film tersebut sebagai refleksi anak muda ke depannya," tutur Syura di Ballroom Aula Kemala, Jakarta Barat, Senin (23/10/2017).

Dosen Pancasila ini pun meneruskan pentingnya mengenang sejarah yang telah lalu sebagai pelajaran para generasi muda untuk memperbaiki berbagai hal dari politik, ekonomi dan sosial yang saat ini masih banyak harus dibenahi. Jangan sampai kejadian seperti di G30S PKI tersebut terulang kembali karena kekurangan pengetahuan makna dari Pancasila khususnya dikalangan anak muda.

Untuk itu dia melanjutkan, momentum nonton bareng ini dapat menjadi cambuk bagi anak muda khususnya mahasiswa Esa Unggul untuk meningkatkan gairah cinta pancasila, sebagai pandangan hidup berpolitik dan bernegara di Negara kesatuan Republik Indonesia.

"Sesuai dengan tema seminar dan nonton bareng yang kita lakukan yakni meningkatkan semangat nasonalisme kaula muda dengan pemutaran Film G30S, kami menginginkan para mahasiswa untuk membangkitkan jiwa nasionalisme dan cinta pancasila semakin tumbuh, khusunya mahasiswa Esa Unggul. Apalagi tongkat estafet kemajuan bangsa dan negara nantinya akan diteruskan kepada generasi muda saat ini," tutupnya.

Sekitar 300 mahasiswa menghadiri seminar dan Diskusi nasionalisme pemutaran Film G30S PKI yang diadakan oleh Perkuliahan Mata Kuliah (PAMU). Para peserta seminar dan diskusi pun terlihat antusias mengikuti jalannya acara dan nonton bareng yang hampir berjalan hingga tiga jam tersebut.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Khairur Rasyid lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu