Bukan Mudah Menjadi Bhabinmaktibmas di Areal Perkebunan - Analisis - www.indonesiana.id
x

Jemmy Gumayel

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Bukan Mudah Menjadi Bhabinmaktibmas di Areal Perkebunan

    Polres Musi Rawas - Polda Sumsel

    Dibaca : 1.209 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Musi Rawas, Sumsel – Suasana seperti ini jarang sekali terlihat di pusat Kota, sebagai pengemban fungsi Kepolisian dibidang pembinaan masyarakat, Jajaran Bhabinkamtibmas Polres Musi Rawas kerap kali mendatangi Petani yang ada dirompok perkebunan bahkan hutan.

     

    Karakteristik wilayah hukum Polres Musi Rawas yang terdiri dari Kabupaten Mura dan Muratara hampir sebagian besar dikelilingi areal pertanian, perkebunan bahkan beberapa kawasan Hutan lindung TNKS (Taman Nasional Kerinci Sebelat).

     

    Untuk itu, program pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menjadi prioritas utama Bhabinkamtibmas di Polres Musi Rawas dalam menjalankan tugas kesehariaanya.

     

    Menurut Kapolres Musi Rawas AKBP Pambudi, SIK menerangka bahwa “Memang tidak mudah menjalankan fungsi Bhabinkamtibmas. Saya memahami situasi lapangan, terkadang Bhabinkamtibmas kami harus menggunakan sepeda motor bahkan berjalan kaki, untuk dapat tiba ditengah-tengah masyarakat khususnya para Petani di areal perkebunan” ujar Kapolres.

     

    Bhabinkamtibmas harus dicintai warganya, Dibantu Tiga Pilar Kamtibmas Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak Polres Musi Rawas dalam mewujudkan keamanan lingkungan di tingkat Desa.

     

    Selain menyampaikan pesan karhutla, Bhabinkamtibmas juga sembari melaksanakan patroli, menyampaikan pesan kamtibmas dan menjalin komunikasi dua arah dengan warga, dengan tujuan agar dapat menampung keluhan dan permasalahan warga di tingkat Desa.

     

    “Saya bangga melihat Para Bhabinkamtibmas jajaran Polres Musi Rawas yang tetap survive dan konsisten dalam melaksanakan tugasnya. Kedepan kami sedang merumuskan apa yang akan menjadi reward kepada Para Bhabinkamtibmas yang Kami nilai sudah memerankan fungsinya” ujar Kapolres menambahkan.

    Ikuti tulisan menarik Jemmy Gumayel lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.