x

Iklan

Devara Fadhurrozi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Pelestarian Kebudayaan Daerah oleh Desa Ketawang

Ketawang merupakan salah satu desa pada Kecamatan Gondanglegi yang memiliki berbagai jenis budaya, salah satunya acara tahunan Pesona Budaya Gondanglegi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Desa Ketawang Kecamatan Gondanglegi Kabupaten Malang, salah satu Desa di wilayah Kabupaten Malang yang berada di wilayah Malang selatan. Berada disalah satu jalur wisata Lintas selatan (JLS) dengan kondisi alam yang sejuk dan asri sehingga potensi desa yang sangat berkembang dan dominan dibidang pertanian, perdagangan,peternakan dan usaha dibidang pariwisata.  Desa Ketawang merupakan sentral pendidikan di wilayah kecamatan Gondanglegi, posisi letak desa berada di sebelah utara kecamatan Gondanglegi menjadikan Desa Ketawang sebagai tujuan utama kegiatan Pendidikan dan perdagangan. Kehidupan sosial masyarakat yang masih sangat menjaga tradisi dan adat istiadat menjadikan Desa Ketawang sebagai pusat kegiatan seni dan budaya serta menjadikan masyarakat hidup dengan aman tentram, tertib dan menjunjung tinggi nilai adat istiadat serta agama.

Terkait Desa Ketawang adalah pusat pendidikan di Kecamatan Gondanglegi, Deasa Ketawang berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan pelestarian budaya darah. Kegiatan seni budaya yang dilakukan Desa ketawang adalah turut sertanya Desa Ketawang dalam kegiatan Pesona Gondanglegi yang diadakan d Kecamatan Gondanglegi Kabupaten malang. Pesona Gondanglegi adalah kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun bertemakan budaya dalam bentuk karnaval dengan tema atau cerita yang melibatkan warga dalam pelaksanaannya.

Upaya yang dilakukan Desa Ketawang dalam turut serta acara Pesona Gondanglegi adalah dengan mengikutkan tiga grup kesenian dalam desa, tiga grup tersebut antara lain, Oreka, Eldamas, Aiger. Grup tersebut dibentuk dan dikelola oleh masyarakat Desa Ketawang khususnya pemuda karangtaruna. Kegiatan Pesona Gondanglegi yang dilakukan tentu menguntungkan bagi masyarakat, disamping menyediakan hiburan rakyat yang gratis kegiatan tersebut juga menggerakkan pemuda untuk pembuatan aksesoris dan perlengkapan yang digunakan. Perlengkapan yang digunakan untuk kegiatan Pesona Gondanglegi antara lain kostum, rias, sound system dan beberapa ornamen. Perlengkapan yang dibuat selain digunakan untuk kegiatan juga memiliki nilai jual, yang dimaksud nilai jual terkait perlengkapan adalah setelah perlengkapan digunakan untuk kegiatan Pesona Gondanglegi perlengkan tersebut dapat disewakan. Persewaan dari perlengapan yang dibuat masyarakat Desa Ketawang menghasilkan uang yang digunakan untuk mendukung kegiatan masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kreatifitas dan upaya yang telah dilakukan masyarakat Desa Ketawang dapat dijadikan suatu metode percontohan Desa lain untuk melestarikan hubungan sosial, komunikasi, dan kerjasama antar warga. Selain patut dijadikan percontohan dalam melestarikan hubungan sosial, komunikasi, dan kerjasama, dengan ikut sertanya Desa Ketawang dalam acara Pesona Gondanglegi dapat dijadikan panutan untuk selalu melestarikan kebudayaan daerah. Persewaan perlengkapan yang dibuat oleh Desa Ketawang juga dapat dijadikan acuan sebagai langkah mengurangi populasi pengangguran dan menambah pemasukan Desa.

 

Ikuti tulisan menarik Devara Fadhurrozi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB