x

Iklan

Sjafrie Sjamsoeddin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Interaksi Profesi Sipil dan Militer

Saat ini interaksi Sipil dan Militer sudah mendunia digunakan untuk menyelesaikan semua permasalahan kelangsungan hidup kemanusiaan dan kenegaraan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

 INTERAKSI PROFESI SIPIL dan MILITER

 

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

SISTEMIK

Observasi global saat ini membuka mata dan pikiran dunia bahwa semakin jelas telah terbentuk secara sistemik kepentingan politik dan ekonomi sebagai alternative pilihan strategi vital mengelola manajemen makro bahkan mikro dari suatu negara.

Ditambah lagi  fenomena efek milenium terus mendesak bahkan sudah terjadi akselerasi di kalangan generasi milenium tidak terkecuali di Indonesia yang mengubah tata piker intelektual generasi bangsa kini dan mendatang, di mana dikotomi Sipil dan Militer akan sirna dengan tuntutan Integrated Response to Protect the Country yang maknanya menyatu tanpa beda dan jauhkan sikap ego  tampilan atribut dan aksesoris kewenangan. Sebab hal ini hanya menjadi topeng lucu di mata rakyat yang sebaliknya menggerus wibawa negara.

Kembali ke urusan sistemik, Indonesia tidak boleh absen dan secara terus menerus perlu melakukan aktivasi estimasi memaknai peran Non State Actors yang bisa berpengaruh pada area politis dan ekonomi di Indonesia pada era millennium kini dan mendatang. Dalam ilmu militer dikenal istilah “Selubung Taktis” yang secara populer bisa dipahami sebagai kemasan kepentingan untuk maksud tertentu yang digunakan dalam suatu  iklim transisional yang bisa dimanfaatkan oleh Non State Actors. Kepekaan taktis seperti ini tidak boleh diabaikan dan sebaliknya perlu menjadi National Security Awareness.

LATAR BELAKANG INTERAKSI

Saat  ini interaksi Sipil dan Militer sudah terbukti mendunia digunakan untuk menyelesaikan semua permasalahan kelangsungan hidup kemanusiaan dan kenegaraan, lebih lagi menjadi strategi solusi era demokrasi yang belum permanen.

Faktor dominan berpengaruh kepada transisi era demokrasi adalah geopolitik – power – budaya. Rasa dan rasio mayoritas masyarakat tidak sepenuhnya memahami ketiga factor tersebut dan juga tidak mudah diukur dengan angka statistik, sebaliknya bisa dijamah dengan pendekatan kultur historis walaupun perlu waktu yang lama mengelolanya. Di Indonesia hubungan Militer dalam masyarakat mempunyai nilai kultur dan historis yang sudah dan akan tetap berlangsung lama. Bahu membahu latar belakang Sipil dan Militer dalam melindungi Negara kita masih merupakan “Condicio Sine Qua Non

Revitalisasi peran militer Indonesia di era reformasi di luar dugaan,justru menjadi pilar kuat di hati rakyat. Tidak dapat dibayangkan bila TNI terus berada pada era Otoritarian dengan dwifungsinya jika diteruskan mungkin akan meningkat menjadi “Multi Fungsi” yang tidak boleh terjadi lagi bagi siapapun institusi Negara pada era demokrasi. Walaupun demikian TNI sudah nyaman secara institusi harus taat kepada area konstitusi UU TNI, namun kultur individu juga harus paham konsekuensi logis berpolitik  praktis yang melanggar konstitusi.

Peran militer masa damai dan darurat bersifat “Ultima Ratio” yang bukan penentu akhir melainkan elemen utama menyelamatkan dan mempertahankan kelangsungan hidup Bangsa dan Negara pada kondisi kritis dan krisis. Di sini pula tantangan bagi kepemimpinan TNI untuk mawas diri menjaga tampilan alamiah keprajuritan membawakan Jati diri TNI.

SPEKTRUM KERJASAMA

Dunia militer hanya ada dua pilihan kerjasama Sipil dan Militer, dalam misi kemanusiaan (Humanitarian Action) dan misi politik negara (Military Action) yang mana penggunaan kekuatan militer menjadi wewenang keputusan politik otoritas sipil yang berdaulat, waktu penugasan terbatas dan lingkupnya pada area stabilisasi dan rekonstruksi krisis. Secara universal kapabilitas dan kredibilitas sipil sangat dominan dan berkembang pesat di berbagai aspek politik – ekonomi dan teknologi yang merupakan ciri Civil Societydari masa ke masa.

Pendekatan mutualistis dan interdependensi sertak konsultasi individu dan institusi merupakan suatu perekat yang produktif tanpa menimbulkan kooptasi satu sama lain. Ini juga menjadi tantangan psikologis bagi keduanya, apalagi prinsip militer professional dalam kerjasama dengan sipil memegang azas netral dan imparsial. Sekali lagi di – era perang asimetrik NEGARA perlu mencermati interaksi peran berlatar belakang Sipil dan Militer dalam mandala perang baru merespon peran Non State Actors Threat terselubung yang bisa menjadi sistemik di negeri ini.

 

 

                                                                                    Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin

                                                                                             Alumni NATO School Jerman

 

 

Ikuti tulisan menarik Sjafrie Sjamsoeddin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler