x

Iklan

Dodi Wibowo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Keluarga Petahana Unggul Tipis, Pilkada Purwakarta Ketat

Pilkada Purwakarta

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Persaingan Pilkada Purwakarta 2018 dipastikan bakal ketat, hal ini dikarenakan pasangan dari petahana, yakni Pasangan Anne-Aming berdasarkan survey yang dirilis Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP), tidak unggul mutlak dari lawan-lawan politiknya.

Pasangan Anne-Aming secara elektabilitas hanya meraih suara sebesar 27,22 persen. Disusul Pasangan Padil Karsoma-Acep Maman sebesar 19,96 persen dan Zainal Arifin - Luthfi Bamala 6,44 persen.

Selain itu, meski Pasangan Anne-Aming secara matematis unggul, massa mengambang atau undecided voters masih tinggi di Pilkada Purwakarta. Sebagaimana hasil survei teranyar LSPP sebanyak 46,38 persen warga masih belum menentukan pilihan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dikutip dari kantorberitapemilu.com, Direktur riset LSPP Sendy Sutikno menjelaskan bahwa temuan ini menggambarkan kampanye masing-masing paslon belum begitu berdampak terhadap preferensi pemilih.

Kemudian, temuan itu juga bisa menjadi tamparan halus bagi kubu petahana, dalam hal ini istri bupati, bahwa pemilih di Purwakarta tidak serta merta setuju kepemimpinan suami dilanjutkan istri.

Melihat keunggulan Anne-Aming atas Padil Karsoma-Acep Maman yang cukup kecil yaitu sebesar 7,26 persen, apalagi margin error survei yang mencapai 4 persen, sangat mungkin Pasangan Padil-Acep bakal mengkudeta Anne-Aming pada pemilihan nanti.

Apalagi proses pemasangan alat kontak sudah dimulai. Selain itu, proses kampanye selama 4 bukan ke depan juga sangat berpeluang bisa mengubah peta akhir pemilihan.

Ikuti tulisan menarik Dodi Wibowo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB