x

Iklan

Rosse Hutapea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Sambut Hari Buku Sedunia UPH Gelar Lomba Literasi Informasi

Acara menarik ini bertemakan pariwisata Indonesia dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi informasi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menyambut hari buku sedunia, yang jatuh pada 23 April,  Perpustakaan ‘The Johanes Oentoro’ UPH mengadakan ‘Library Safari Competition’ pada4 April 2018 di kampus UPH Lippo Village. Acara menarik ini bertemakan pariwisata Indonesia dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya literasi informasi.

Penguasaan informasi kunci mencerdaskan bangsa. Karenanya literasi informasi sangat penting. Menurut Esterina Jonatan, Manajer Perpustakaan ‘The Johanes Oentoro’ UPH, informasi literasi adalah kemampuan bagaimana kita mencari tahu beragam informasi yang menyeluruh sebelum membuat atau memutuskan sesuatu, dan bagaimana melakukan riset. Keterampilan literasi informasi sangat penting untuk mendukung setiap aspek kehidupan, karena dapat mempermudah menemukan informasi sesuai kebutuhan dan menggunakan informasi tersebut secara efektif.

Karena itulah Perpustakaan The Johanes Oentoro UPH mengadakan ‘Library Safari Competition’ yang terbuka untuk mahasiswa dari berbagai program studi. Lomba ini mensyaratkan setiap peserta untuk melakukan keterampilan literasi informasi dan pemanfaatan teknologi (smartphone dan aplikasi online) untuk melakukan riset terkait daerah-daerah pariwisata di Indonesia. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kompetisi yang dirancang dalam format permainan ini ternyata efektif untuk meningkatkan keterampilan literasi, menumbuhkan kerjasama dan kreatifitas para peserta. Selain lewat kegiatan seperti ini, ternyata Departemen Perpustakaan UPH sudah mempersiapkan langkah-langkah untuk meningkatkan literasi informasi sebagai upaya menyikapi tren informasi digital yang melimpah dan mudah diperoleh.

Esterina menyebutkan dua strategi utama untuk meningkatkan literasi informasi pengguna perpustakaan UPH, pertama menjadikan situs perpustakaan (library.uph.edu)  sebagai portal perpustakaan,  sehingga melalui single access pengguna dapat mengakses semua sumber informasi dan berbagai layanan. Kedua, menyediakan kelas Literasi Informasi dan beberapa topik yang berkaitan dengan internet, misalnya Effective Internet Research, Web Evaluation, dan Using Online Databases. Melalui topik-topik tersebut, para pengguna dilatih agar dapat mencari, memilih, mengevaluasi dan menganalisa informasi yang dibutuhkan dan tersedia di internet dengan cepat, mudah, akurat dan bertanggungjawab, yaitu  mengikuti kaidah keilmuan dan etika. Sedangkan topik-topik lainnya yang tersedia dapat dilihat di .

Diharapkan melalui upaya-upaya tersebut, seluruh komunitas UPH dapat semakin memahami pentingnya memiliki keterampilan literasi informasi baik dalam kegiatan perkuliahan maupun di kehidupan praktis sehari-hari.

 

 

Ikuti tulisan menarik Rosse Hutapea lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB