x

Iklan

Hawang Tri

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

10 Kekayaan Kuliner Bangsa Indonesia yang Harus Dijaga

Masing-masing daerah memiliki masakan khas berbada-beda. Kali ini saya merangkum 10 masakan paling enak dan populer di Indonesia, agar kita bisa menjaganya

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Indonesia sangat kaya. Tak cuma kaya sumber daya alam, dan budaya, Indonesia ternyata juga kaya menu masakan. Setiap pulau mempunyai keistmewaan masakan masing-masing. Kekayaan masakan ini pun tidak boleh luput dari penjagaan. Masyarakat dan negara wajib sama-sama menjaga harta para pendiri bangsa ini agar tak sembarangan diklaim oleh bangsa lain.

Kuliner Indonesia sebenarnya patut dibanggakan. Tidak kalah enak dengan masakan dari negara-negara maju lainnya. Paduan bumbu rempah-rempah menjadi ciri khas kenikmatan masakan Indonesia. Sesuai yang kita ketahui, rempah-rempah pun baik untuk kesehatan badan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Berikut ini 10 masakan khas Indonesia yang begitu populer di Indonesia dan manca negara.

1. Masakan Rendang

Siapa yang tidak kenal rendang. Kuliner ini sudah dua kali dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia oleh media Internasional. Rendang sudah beberapa kali hampir diakuisisi oleh bangsa lain. Siapa yang menyangka, rendang berasal dari negara Indonesia, lebih tepatnya Padang Sumatra Barat.

Rasa lezat rendang yang tidak ada duanya ternyata memang sesuai dengan proses memasaknya yang ribet. Yakni dengan merebus daging dalam santan sampai mengering, kemudian ditambah santan lagi, dan dimasak lagi sampai kering. Seperti itu seterusnya sampai cukup.

Tak heran, bahwa rendang asli Padang bisa bertahan sampai berminggu-minggu tanpa dipanaskan.

2.Empek-Empek Palembang

Empek-empek dari Palembang. Yakin deh kamu sudah nggak asing mendengar makanan empek-empek. Olahan ini sangat sederhana menurut penulis, yakni ulenan antara tepung dan ikan lalu digoreng. Tapi makanan ini sangat digemari oleh banyak orang, nggak terkecuali wisatawan yang berwisata ke Sini.

Tidak heran, empek-empek tersedia dimana pun, mulai dari pedagang pinggir jalan sampai rumah makan besar. Tentunya harga dan kualitas mereka yang membedakan. Bahkan akhir-akhir ini telah mulai banyak yang menjual empek-empek lewat online.

3. Pecel.

Kuliner khas dari Madiun Prov. Jatim ini sudah menjadi makanan sehari-hari di mana-mana. Biasanya menjadi santapan utama untuk makan pagi. Hidangan berwujud sayur rebus yang diguyur dengan sambal kacang ini tak bisa dipisahkan dari orang Jawa umumnya.

Cita rasa pecel original ya ada di Madiun. Tapi kini setiap daerah mempunyai ciri khas pecel sendiri-sendiri.

4. Nasi Goreng.

Mulai anak sampai orang dewasa semua suka nasi goreng. Sampai-sampai akhir-akhir ini salah satu mantan anggota MU - Rio Ferdinand--membagi cerita pikniknya ke Singapura di jejaring sosial, dan pada Sabtu lalu ia mengapload foto selfie dengan nasi goreng di Medsosnya dengan hastag Singapura.

Makanan yang gampang ditemui di pinggir jalan, cafe ataupun restoran ini mudah sekali dibuat loh. Yakni dengan menggoreng nasi, sayur dan bumbu tradisional + margarin. Agar lebih maknyus biasanya dicampuri gorengan telur dan daging ayam.

5. Bakso

Bakso, atau bahasa Inggrisnya meatball pasti tersedia di setiap tempat di Indonesia. Saya sendiri yang sempat domisili di Malang sangat akrab dengan bakso malang. Pastinya bakso Malang mempunyai ciri khas tersendiri. Selain murah, bakso pun penuh gizi, sebab rata-rata bahan utamanya daging sapi. Kalaupun ada sebagian yang sengaja menjual bakso ayam, akan tetapi itu tak banyak.

6. Sate Gule

Sate dan gulai sebenarnya adalah dua masakan yang berbeda. Tapi biasanya mereka disajikan dalam satu hidangan. Ada yang bilang "menyantap sate fading mantap ya bareng gulai". Sate gulai umumnya dihidangkan dalam acara aqiqah, sunatan dan lain sebagainya. Sate gulai adalah masakan khas jawa.

Sate merupakan daging yang dipotong kecil-kecil, ditusuk bambu, diolesi bumbu selanjutnya dibakar di atas panggangan arang. Sedangkan gulai ialah tulang dan pretelan daging yang direbus dengan kuah berbumbu rempah alami.

7.Gado-gado

Seperti namanya, gado-gado merupakan makanan yang tersusun dari bermacam macam rebusan sayur-mayur. Setelah itu dibumbui dengan saus dari kacang tanah. Supaya lebih nikmat biasanya ditambahkan suwiran telur dan bawang goreng. Hidangan yang mirip dengan karoket ini asalnya dari suku Betawi.

8. Soto

Soto seperti sudah menjamur di Indonesia. Bahkan setiap daerah mempunyai kekhasan masing-masing, ada soto ayam Lamongan, coto makassar, soto madura, dan lain-lain. Pada mulanya soto berbentuk kuah bening kekuningan yang ditaburi dengan irisan daging, telur rebus dan mie. Jika ada kreasi lain dari soto, ya itulah kekayaan masakan negara kita.

9. Rujak

Aslinya rujak tradisional hanya berwujud campuran buah dan sayuran. Kemudian disiram dengan bumbu spesial. Seiring berkembangnya zaman, rujak bermetamorfosis menjadi bermacam macam bentuknya. Ada rujak cingur, rujak buah, rujak bulun dan seterusnya. Macam rujak ini berasal dari perbedaan macam buah dan paduan bumbu rujak itu sendiri. Masing-masing daerah memiliki kekayaan buah dan sayur masing-masing. Itulah keragaman masakan Indonesia.

10. Ketoprak

Lezatnya resep ketoprak khas Jakarta dengan lontong dan saus kacangnya. Ketoprak mungkin akan mengingatkan kita pada lelucon. Tapi, di dunia makanan, ketoprak ialah makanan khas dari Betawi. Ketoprak sering dijadikan makanan alternatif untuk sarapan, makan siang, sampai makan malam.

Bahan utama yang digunakan adalah bihun, lontong, tahu, dan taoge. Semua bahan tersebut disatukan pada satu wadah, selanjutnya diguyur dengan saus kacang, bawang goreng, dan kerupuk.

Sekian makanan khas Indonesia yang telah saya susun. Semoga kita dapat melestarikan. Buat kamu yang belum mencoba salah satu dari masakan di atas, rugi deh.

Ikuti tulisan menarik Hawang Tri lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB