x

Iklan


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Buka Puasa Bersama Ala TBM Lentera Pustaka

Buka puasa bersama TBM Lentera Pustaka tergolong unik. Membaca terlebih dulu lalu parade kultum anak-anak TBM. Dan menikmati "nasi liwetan"...

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai wujud syukur dan kepedulian terhadap sesame, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka yang terletak di Kp. Warung Loa Desa Sukaluyu Kec. Tamansari Kaki Gn. Salak Bogor menggelar “Buka Puasa Bersama” warga dan anak-anak yatim pada Sabtu, 2 Juni 2018 di TBM Lentera Pustaka.

 

Bertajuk “Bermata Tapi Tak Melihat”, gelaran bukber TBM Lentera Pustaka ini menampilkan parade kultum yang dibawakan oleh 5 anak TBM Lentera Pustaka, yaitu Agil, Riska, Egi, Djaelani, dan Fajwa untuk berbagi nasehat kebaikan kepada sekitar 75 anak-anak TBM dan warga yang hadir. Sebagai penutup jelang waktu berbuka, pendiri dan kepala program TBM Lentera Pustaka memberi tausiyah “Bermata Tapi Tak Melihat” yang mengingatkan akan pentingnya untuk menggunakan mata untuk berbuat dan melihat setiap kebaikan yang ada di dekat kita. Termasuk keberadaan TBM Lentera Pustaka yang harus bisa “dilihat” oleh semua anak-anak dan warga sebagai sarana untuk meningkatkan tradisi baca dan mengembangkan ilmu pengetahuan melalui buku bacaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Bagi warga Kampung Warung Loa Desa Sukaluyu sendiri, kegiatan ini merupakan kali pertama diselenggarakan untuk berbuka puasa bersama sebagai sarana silaturahim dan menjalin kedekatan emosional di antara warga, mumpun di bulan suci Ramadhan 1439  H.

“Alhamdulillah, sejak ada TBM Lentera Pustaka banyak hal baik yang ditularkan kepada kami sebagai warga di sini. Mulai dari anak-anak yang rajin baca hingga bisa bersama-sama buka puasa seperti ini, yang selama ini tidak pernah ada di kampung ini” ujar seorang ibu warga Kp. Warung Loa.

 

TBM Lentera Pustaka yang baru berdiri 7 bulan lalu, secara istiqomah dan penuh komitmen bertekad ikut serta mengubah budaya dan kebiasaan yan ada di wilayah ini. Semata-mata untuk kebaikan ke depannya. Karena di tengah era digital sekarang, silaturahim secara fisik, saling bertemu dan bertegur sapa menjadi penting untuk diingatkan kembali kepada semua pihak, kepada siapapun.

Buka puasa bersama ala TBM Lentera Pustaka, tergolong unik. Karena sejak ba'da ashar, anak-anak TBM Lentera Pustaka membaca buku terlebih dulu. Setelah itu, parade kultum yang disampaikan 5 anak TBM dan diikuti tausiyah dari pendiri TBM Lentera Pustaka dan doa bersama. Hingga tiba waktu berbuka, menikmati takjil yang tersedia dan makan "nasi liwet ala TBM Lentera Pustaka"

 

“Insya Allah, TBM Lentera Pustaka akan menjadikan acara buka puasa bersama sebagai acara tahunan. Tujuannya sederhana, menyenangkan anak-anak TBM agar semangat dalam membaca di TBM di samping sebagi bentuk kepedulian kepada warga yang selama ini hidup dalam keadaan prasejahtera” ujar Syarifudin Yunus, pendiri dan kepala program TBM Lentera Pustaka.

 

Kegiatan buka puasa bersama TBM Lentera Pustaka ini, Alhamdulillah dibiayai oleh DSS Consulting sebagai salah satu konsultan manajemen dan sistem development di Jakarta.  Sungguh, inilah momentum yang penuh keceriaan di mata anak-anak TBM lentera Pustaka dan warga di sekitarnya sambil menikmati hidangan “nasi liwet ala TBM Lentera Pustaka” di atas sehelai daun pisang. Insya Allah, hal semacam ini akanmenjadi berkah bagi anak-anak TBM dan warga yang berpuasa pun untuk pemberi sedekah di TBM Lentera Pustaka.

 

“Alhamdulillah, sekalipun puasa, anak-anak TBM Lentera Pustaka telah dilatih untuk ngabuburit dengan membaca buku di TBM. Ini tradisi baik yang harus tetap dipelihara di kalangan anak-anak kita sekarang” ujar Syarifudin Yunus lagi.

 

Semoga melalui amal dan ketekunan ibadah di bulan puasa, kita semua mampu menggapai tingkat ketaqwaan yang lebih baik, dan selalu cinta kepada sesama. Karena ketahuilah, “sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain”. Dan untuk itu, TBM Lentera Pustaka selalu bertekad untuk memulai dan membiasakannya … #TBMLenteraPustaka #BacaBukanMaen #DSSConsulting

 

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB