x

Iklan

Naufal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Tips Memilih Beras Merah Yang Layak Konsumsi

Sekarang ini banyak beras-beras yang di jual di pasaran yang sudah tidak layak konsumsi, maka dari itu ane memberikan tips untuk memilih beras merah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

TIPS MEMILIH BERAS MERAH YANG BAIK

 

 

Beras merah merupakan beras yang banyak sekali mengandung manfaat, seperti yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya yaitu mengenai manfaat beras merah, seperti yang kalian ketahui beras merah merupakan beras yang sekarang ini cukup sulit di temukan dan harganya pun tergolong mahal. Oleh karena itu sebelum anda membeli beras merah, anda harus lebih mengetahui ciri-ciri beras merah yang baik dan layak untuk di konsumsi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

         

Jika anda ragu dalam memilih beras merah yang baik untuk di konsumsi, berikut ane kasih ciri-ciri beras merah yang baik untuk di konsumsi :

1.  Warna beras

  

Beras merah memiliki 2 warna, ada yang berwarna merah gelap dan juga ad yang berwarna merah cerah, anda tidak perlu khawatir karena keduanya tidaklah jauh berbeda, perbedaannya hanya pada proses penumbukan atau penggilingannya saja, jika yang berwarna lebih gelap itu hanya menjalani 1 kali proses penggilingan, sedangkan yang lebih cerah itu menjalani 2 proses penggilingan.

 

 

Beras merah yang lebih gelap itu lebih mengandung banyak nutrisi di bandingkan dengan yang lebih cerah, hal itu dikarenakan beras merah yang lebih cerah melewati 2 kali proses penggilingan yang menyebabkan banyak nutrisi dalam beras merah terbuang. Tapi jika beras telah berubah menjadi sedikit kecoklatan itu menandakan beras telah turun kualitasnya dan bahkan jika sudah berubah warna beras tersebut bisa mengandung racun yang berbahaya  bagi tubuh.

 

2.  Tekstur beras

 

Sebelum anda membeli beras merah coba perhatikan teksturnya, tekstur beras yang baik itu tidak mudah hancur saat ditekan, dan uga menempel di tangan, jika beras menempel di tangan itu menandakan beras tidak mengandung pelicin yang berbahaya bagi kesehatan.

 

3.  Harga beras

 

Ini adalah masalah yang paling sering kita jumpai terutama para ibu, biasanya para ibu selalu tergiur dengan barang yang lebih murah, maka dari itu lebih berhati-hatilah dengan harga beras yang murah, tapi bukan berarti beras dengan harga tinggi juga itu berkualitas baik.

 

 

Maka dari itu diharapkan untuk para ibu jangan terlalu tergiur dengan harga yang lebih murah dari harga pasar, karena dikhawatirkan beras sudah dalam keadaan tidak baik.

 

 

Nah itulah tips bagaimana memilih beras merah yang layak di konsumsi, dan sebenarnya untuk pemilihan beras merah dengan beras lainnya itu hampir sama, jadi saran saya lebih berhati-hatilah dalam membeli dan memilih beras. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga bisa membantu para ibu yang sedang kebingungan memilih beras yang baik untuk di konsumsi.

 

Baca juga : Manfaat beras merah untuk kesehatan

Ikuti tulisan menarik Naufal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler