x

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Babinsa Koramil Dawarblandong Bantu Petani Tanam Padi Gogo

Mojokerto - Babinsa Koramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815 Mojokerto, Serka Ervin Suyitno terjun langsung ke sawah membantu petani dari Poktan Anggrek Me

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto - Babinsa Koramil 0815/08 Dawarblandong Kodim 0815 Mojokerto, Serka Ervin Suyitno terjun langsung ke sawah membantu petani dari Poktan Anggrek Merah menanam padi gogo di lahan seluas 0,5 hektar milik Sukis Dusun/Desa Dawarblandong, Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto Jawa Timur, Jum’at (23/11/2018).

Seperti kita ketahui bersama, padi gogo varietas IR64 dalam masa proses pertumbuhannya hanya mengandalkan curah hujan.  Padi jenis ini dapat tumbuh di daerah dataran rendah dan dataran tinggi.

Di sela sela kegiatan Serka Ervin Suyitno mengatakan padi gogo biasanya banyak ditanam oleh para petani pada saat sebelum atau menjelang musim penghujan di areal tanah ladang atau tegalan dengan cara tanam meamakai sistem gejik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelumnya, Serka Ervin Suyitno, juga melaksanakan pendampingan tanam padi gogo di Dusun/Desa Dawarblandong, di lahan seluas 0,6 hektar yang dikelola Sugo, Poktan Anggrek Merah, dengan jenis padi varietas IR64

Masih di wilayah Koramil 0815/08 Dawarblandong, masih dalam pekan ini, kegiatan pendampingan ini juga berlangsung di dua lokasi lainnya, yaitu Dusun Pelem Desa Cendoro.  Di lahan seluas 0,5 hektar, tanam padi gogo dilakukan Sunaryo, Poktan Harapan dengan jenis padi varietas Cibogo dengan didampingi Babinsa setempat Sertu Priyanto.    

Sementara, di lokasi terakhir, yakni Dusun Gempol Desa Bangeran, Babinsa setempat Serda M. Shocip membantu petani Poktan Mekar Sari II, Suin, saat tanam jagung varietas BISI-2 di lahan seluas satu hektar

Terpisah, Danramil 0815/08 Dawarblandong Kapten Inf Kasim, menuturkan pendampingan yang dilakukan Babinsa di wilayah binaan bertujuan untuk memberikan dukungan dan semangat kepada Poktan maupun para petani dalam mengelola lahan pertanian sehingga mampu meningkatkan produktifitas pertanian.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata peran serta TNI dalam mendukung dan mensukseskan swasembada pagan yang sudah diprogramkan pemerintah,” tuturnya.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler