x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Mengetahui Apa Saja Persiapan Melahirkan yang Wajib Dilakukan

Memasuki akhir-akhir trimester ke tiga ternyata ada semakin banyak hal yang perlu anda persiapkan. Simak di bawah ini

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Setelah menjalani perjalanan yang penuh drama dan emosi selama sembilan bulan penuh kini tiba saatnya anda akan dihadapkan pada proses persalinan untuk menyambut si buah hati.

Sebagai calon ibu, apalagi jika ini merupakan pengalaman pertama kali, anda mungkin di landa rasa bingung tentang persiapan apa yang perlu dilakukan menjelang persalinan kali ini.

Memasuki akhir-akhir trimester ke tiga ternyata ada semakin banyak hal yang perlu anda persiapkan. Karena persiapan yang matang akan tentu membuat calon ibu merasa tenang mendekati kelahiran buah hatinya. Untuk itulah, sebaiknya catat dengan baik beberapa persiapan melahirkan di bawah ini yang penting di lakukan.

Memilih Dokter yang Tepat

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Persiapan pertama yang mungkin perlu dipersiapkan dari jauh-jauh hari adalah persiapan mengenai dokter yang akan menangani anda. Siapa dokter yang akan menangani anda akan berpengaruh dengan lokasi tempat anda melahirkan. Nah, setelah permasalahan lokasi selesai di pecahkan maka hal selanjutnya yang perlu di pertimbangkan adalah transportasi yang akan anda gunakan untuk bisa ke sana.

Catat pula nomor telepon rumah sakit atau klinik tempat anda akan melangsungkan persalinan. Hal ini menjadi hal penting untuk dilakukan sebab kita tidak bisa memprediksi kapan kehamilan akan terjadi.

Bukan hanya itu, sebagai rencana cadangan anda pun perlu opsi lain dengan mempersiapkan rencana dokter lain dan lokasi lain untuk menjaga-jaga bila dokter yang pertama berhalangan ketika anda hendak melahirkan.

Siapkan Barang-Barang yang Anda Perlukan

Persiapan melahirkan seringkali menjadi hal yang penting namun bagian sebagian orang yang mengerjakan sendiri persiapan ini biasanya mereka kebingungan tentang peralatan dan perlengkapan apa saja yang harus di bawah. Untuknyalah, kita pisahkan antara persiapan ibu dan bayi, dimulai dari ibu inilah persiapan yang dapat anda lakukan.

Baju Ganti

Baju ganti akan diperlukan setelah persalinan usai di lakukan karena tentunya proses melahirkan yang penuh dengan perjuangan akan membuat keringat dan darah bekas melahirkan bisa mungkin mengenai baju ibu. Maka dari itu, persiapkan dengan baik baju untuk ganti nanti.

Peralatan Mandi

Meskipun beberapa rumah sakit bersalin menyediakan perlengkapan seperti ini. Akan tetapi, guna menjaga kenyamana anda dengan peralatan pribadi anda maka kebutuhan semacam ini penting untuk dipersiapkan dengan baik.

Pembalut

Pembalut menjadi bagian yang paling penting yang harus anda persiapkan. Karena ini akan menjaga anda tetap nyaman dan mencegah darah nifas tembus pada celana yang anda kenakan.

Siapkan Barang-Barang yang Bayi Perlukan

Setelah persiapan untuk ibu, kini persiapan untuk bayi yang penting untuk anda lakukan. Untuk memudahkannya sebaiknya pisahkan dalam wadah atau kantung terpisah. Di bawah ini adalah beberapa persiapan untuk bayi menjelang proses persalinan.

Baju Bayi

Perlengkapan ini penting untuk anda sediakan. Minimal bawa 3 pasang baju untuk si kecil setelah di lahirkan nanti. Masukkan dalam tas dan tempatkan pada bagian yang mudah di jangkau.

Selimut Bayi

Selimut adalah perlengkapan selanjutnya yang penting untuk anda sediakan agar si kecil tak kedinginan. Minimal bawa 2 selimut untuk bergunta-ganti atau untuk melapisi si kecil agar tetap merasa nyaman.

Perlengkapan Lainnya

Beberapa perlengkapan melahirkan lainnya untuk bayi seperti sarung tangan, kaus kaki dan bahkan keranjang bayi serta kain untuk membungkus bayi sebaiknya anda persiapkan dengan baik. Agar demikian si kecil tetap dapat merasa nyaman. Satu lagi perlengkapan penting adalah popok kainnya.

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu