x

Iklan

nita rizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Meminjamkan Uang ke Orang Yang Tidak Anda Kenal, Ide Bagus?

Meminjamkan Uang ke Orang Yang Tidak Anda Kenal, Ide Bagus?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mungkin Anda akan bergidik kalau membayangkan harus meminjamkan uang yang telah susah-susah Anda hasilkan ke orang yang sama sekali tidak Anda kenal. Tapi pinjaman peer-to-peer sesungguhnya bisa membuat Anda lebih kaya.

Dengan teknologi zaman sekarang, kita bisa meminjamkan uang pada orang-orang yang memiliki kebutuhan berbeda-beda di manapun di Indonesia. Situs pinjaman P2P yang kini mulai populer mampu menghubungkan kalangan kelas menengah Indonesia dengan peminjam secara online, memotong jalur bank konvensional dan menyederhanakan proses dan biaya memperoleh pinjaman personal dan pinjaman usaha.

Sistem pinjaman peer-to-peer dapat memberikan manfaat baik untuk pemberi pinjaman maupun untuk peminjam. Bagi peminjam, layanan pinjaman peer-to-peer dapat menjadi alternatif lain dari sumber-sumber pendanaan yang biasanya, dan kadang bunga yang ditawarkan pun lebih rendah. Bagi pemberi pinjaman, pinjaman P2P juga memiliki banyak kelebihan dan manfaat. Mari kita bahas beberapa di antaranya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Imbal Hasil Tinggi: Bagi pemberi pinjaman, layanan pinjaman peer-to-peer menawarkan nilai imbal hasil yang lebih besar dari pada yang biasanya mereka dapatkan dengan menyimpan uang mereka di rekening tabungan bank atau deposito maupun pilihan produk investasi pendapatan tetap lainnya. Di Mekar, sebuah platform pinjaman peer-to-peer yang makin banyak digemari di kalangan pemberi pinjaman di Indonesia, Anda bisa mendapatkan sampai dengan 16% per tahun setelah dipotong pajak.

Resiko Rendah: Kebanyakan atau bahkan mungkin semua platform pinjaman online memiliki cara untuk menyeleksi dan memberi rating pada peminjamnya. Jadi, Anda mungkin tak mengenal para peminjam yang pinjamannya Anda danai, tapi platform Anda sudah “mengenal” mereka dari data diri dan hasil penilaian risiko kredit mereka.

Mekar melakukan lebih banyak lagi untuk mengurangi tingkat risiko bagi para pemberi pinjaman (atau di Mekar disebut juga sebagai funder). Mekar hanya menampilkan pinjaman untuk peminjam yang tidak pernah terlambat dalam melakukan pembayaran kembali. Tidak hanya itu, pada platform yang menyasar usaha mikro di Indonesia ini, semua pinjaman adalah pinjaman produktif, yang berarti dana dari pinjaman-pinjaman tersebut digunakan untuk membiayai produksi dan menghasilkan lebih banyak uang. Dengan begitu, kemungkinan peminjam membayar kembali pinjaman mereka menjadi semakin besar.

Kalau ini tidak cukup, ada satu hal lain yang ditawarkan Mekar terbukti mampu meyakinkan mereka yang masih ragu untuk mulai menjadi funder: jaminan 100% untuk modal awal mereka. Dengan adanya jaminan ini, apabila seandainya terjadi kegagalan bayar, Anda tidak akan kehilangan uang Anda.

Pendapatan Berkala: Sebagai pemberi pinjaman, Anda akan menikmati pendapatan tetap saat peminjam membayar kembali pinjaman mereka. Ini bisa menjadi penghasilan tambahan di samping gaji bulanan Anda.

Fleksibilitas: Anda bisa menemukan platform-platform di mana Anda bisa memberi pinjaman mulai dari Rp 100,000. Anda bisa meminjamkan sebanyak apapun uang yang Anda mau.

Kebebasan: Platform-platform pinjaman peer-to-peer memberi Anda akses untuk melihat profil setiap peminjam dan semua yang perlu Anda ketahui tentang mereka, termasuk histori kredit mereka. Dan Anda bebas memilih sendiri peminjam yang akan Anda danai.

Infografis Kelebihan dan Manfaat P2P Lending

Jadi, tunggu apa lagi?

Pinjaman peer-to-peer menawarkan begitu banyak manfaat dan kini semakin banyak orang Indonesia yang tertarik menggunakan layanan ini untuk memberikan pinjaman dan mendapatkan keuntungan. Anda juga bisa menjadi seorang pemberi pinjaman; di platform manapun, mendaftar sebagai pemberi pinjaman sangat mudah dan mendanai pinjaman hanya membutuhkan waktu singkat. Tapi ingat, Anda perlu berhati-hati dalam memilih platform yang tepat yang melakukan upaya terbaik mereka untuk mengurangi risiko Anda.

Sumber: https://blog.mekar.id/meminjamkan-uang-ke-orang-yang-tidak-anda-kenal/

Ikuti tulisan menarik nita rizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler