x

Iklan


Bergabung Sejak: 1 Januari 1970

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Curhatan Seorang Rakyat untuk Bangsa yang Mau Pilpres

Rakyat kian diombang-ambing gara-gara pilpres. Inilah curhatan seorang rakyat untuk bangsa yang mau pilpres

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saya sangat sadar belum bisa berbuat banyak buat bangsa ini. Sadar betul, senagai warga negara yang belum optimal berkontribusi buat bangsa ini. Kalo emang bangsa ini kurang ya saya harus ikut memperbaikinya; bukan malah mencari borok tuk mencaci-makinya. Kalo udah bagus ya tentu harus saya syukuri sambil tetap merawatnya ...

 

Sementara gara-gara pilpres, berapa banyak orang hanya bisa menguak kebobrokan  bangsa ini. Tanpa pernah bisa mengungkap apa yang sudah kita nikmati dari bangsa ini, sekecil dan sesedikit apapun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Saya hanya malu aja. Kalo cuma bisa benci dan meratapi keadaan bangsa tanpa bisa berbuat apa-apa. Apalagi marah-marah sambil menggebrak apapun. Sambil berteriak-teriak, seolah bangsa ini dan seisinya sudah paling bobrok sedunia. Malu, bila kita bisa mengangkat kejelekan di banyak hal. Tapi tidak mampu memberi tahu kebaikan di sedikit hal.

 

Lalu, apakah benar bangsa ini sejelek yang kita dan kalian pikirkan? Lalu sebenarnya, andil apa yang sudah saya berikan untuk bangsa ini? Bisa jadi, saya sama sekali belum memberi andil atas apa yang bisa saya lakukan untuk bangsa ini walau sedikitpun.

 

Saya sadar banget. Hingga kini pun masih belum mampu jadi orang yang mau dan bisa memakmurkan rumah Allah SWT secara optimal. Juga buat bangsa dan negara ini. Saya kadang malu, bila hanya bangga teriak-teriak dan koar-koar begini begitu. Padahal selama ini, tak lebih saya hanya bangga sebagai "karyawan manusia". Berjuang keras, mencari kemenangan hanya untuk manusia. Karyawannya manusia saja kok bangga …

 

Seperti di pilpres, berapa banyak orang menjelekkan orang lain hanya untuk bilang baik calon pilihannya. Sementara pilihan orang lain, jelek dan salah semuanya. Kalo pilihan saya baik, maka saya harusnya mengungkap kebaikannya; bukan menebar kejelekan orang lain atau bangsanya.

 

Saya cuma pengen sadar. Sebelum saya mengeluh tentang bangsa ini. Tentu, saya harus syukuri dulu apa yang saya sudah nikmati dari perjalanan bangsa ini. Karena di luar sana, ada bangsa yang gak bernasib baik seperti di sini.

Selagi saya masih bisa makan apapun. Saya sadar masih ada orang yang gak punya apapun untuk dimakan. Selagi masih ada anak-anak yang mau baca itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

 

Jadi, saya ingin sadar dan menyadari. Bahwa kadang, kita harus mensyukuri keadaan dengan sadar dan akan terus berbuat yang baik dengan sabar... untuk bangsa dan negara. Bukan hanya membela capres pilihan kita. Ahhh, anggap saja ini curhatan seorang rakyat untuk bangsanya yang mau pilpres…#TGS

Ikuti tulisan menarik lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu