Manajemen Informasi Kesehatan Esa Unggul Cetak Tenaga Medis Berbasis Digital - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Muhammad Khairur Rasyid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 6 Agustus 2019 17:10 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Manajemen Informasi Kesehatan Esa Unggul Cetak Tenaga Medis Berbasis Digital

    Dibaca : 940 kali


    Meningkatkanya pelayanan digital dibidang kesehatan membuat pengelolaan informasi medis di Indonesia membutuhkan teknologi dan metode pengelolaan informasi layanan kesehatan terkini berupa sistem pencatatan, pengolahan dan analisis data medis yang terintegritas, akurat dan lengkap.

    Untuk itu diperlukan lulusan dari Perguruan Tinggi yang memfokuskan pada tenaga kesehatan yang ahli dibidang pengelolaan data dan informasi layanan kesehatan berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

    Program Studi Manajemen Informasi Kesehatan (MIK) Universitas Esa Unggul hadir dengan memfokuskan pada analisa dan pengelolaan informasi medis (digital maupun manual) di suatu Lembaga/Fasilitas Pelayanan Kesehatan guna mencapai sistem pencatatan, pengolahan dan analisis data medis secara lengkap, akurat, tepat waktu dan terintegrasi dalam pengelolaan data pasien.

    Berdasarkan riset, saat ini Indonesia masih membutuhkan lebih dari 10.000 tenaga Manajemen Informasi Kesehatan dari jumlah 4000 tenaga MIK yang ada diseluruh Faskes di Indonesia, hal ini dipengaruhi oleh pengaplikasian dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada tahun 2014 yang dikelola oleh BPJS Kesehatan maka jumlah pengguna layanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan (klinik, puskesmas, dan rumah sakit) meningkat pesat.sehingga besar kemungkinan lulusan MIK akan banyak terserap secara langsung di dunia kerja.

    Secara global peluang karir MIK Universitas Esa Unggul meliputi bidang Coding and revenue cycle, Data analytics, Informatics, dan Information Government yang tersebar diberbagai institusi kesehatan mulai dari Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, Dinas Kesehatan, Lembaga Jaminan Kesehatan, Kementerian Kesehatan, hingga IT developer.

    Prodi MIK di Universitas Esa Unggul memiliki dua program yakni S1 dan D4, para mahasiswa MIK UEU dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan sebagai tenaga profesional dalam mengumpulkan, menganalisis dan mendiseminasi informasi kesehatan, yang cakupan penggunanya meliputi administrator, manajer, pemberi pelayanan kesehatan (provider). Selain itu, lulusan Manajemen Informasi Kesehatan Esa Unggul pun disiapkan untuk menjadi seorang Enterpreneur di bidang Kesehatan yang tentunya akan membuka lapangan pekerjaan baru yang akan menggerakan perekonomian masyarakat.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.