x

Iklan

Wancen

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Oktober 2019

Rabu, 23 Oktober 2019 13:38 WIB

Pemerintah Memanipulasi Media Sosial Hingga Mengancam Demokrasi?

Sosial media telah pergi dari menjadi infrastruktur alam untuk berbagi keluhan kolektif dan koordinasi keterlibatan sipil, untuk menjadi alat komputasi untuk kontrol sosial, dan tersedia untuk politisi di negara-negara demokrasi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak orang mempertanyakan apakah platform media sosial mengancam demokrasi? Terkonsentrasi di hanya beberapa tangan, dataset besar tentang kehidupan publik dan swasta --termasuk data tentang demografi dan sikap publik dan pendapat-- adalah aset yang berharga untuk pelobi yang berusaha lulus peraturan, pemerintah asing tertarik mengendalikan domestik percakapan, dan manajer kampanye politik yang bekerja untuk memenangkan pemilu.

Sementara internet telah jelas membuka jalan baru untuk partisipasi sipil dalam proses politik --harapan inspirasi dari remenggairahkan demokrasi--, munculnya paralel analisis data besar, "kotak hitam" algoritma, dan propaganda komputasi, yang membesarkan keprihatinan signifikan bagi para pembuat kebijakan di seluruh dunia. Di banyak negara, kampanye media sosial yang memecah belah telah meningkatkan ketegangan etnis, menghidupkan kembali gerakan nasionalistik, meningkatkan konflik politik, dan bahkan berakibat pada krisis politik. Juga menyebabkan melemahnya kepercayaan publik terhadap jurnalisme dan lembaga demokrasi.

"Pasukan Cyber" didefinisikan di sini sebagai aktor partai pemerintah atau politik yang bertugas memanipulasi opini publik secara online (Bradshaw & Howard, 2017). Eksploitasi platform media sosial digunakan untuk operasi pengaruh asing, amplifikasi ungkapan kebencian atau konten berbahaya melalui akun palsu atau bots politik, dan konten clickbait untuk konsumsi media sosial yang dioptimalkan. Laporan ini meneliti bagaimana pasukan cyber pemerintah memanfaatkan propaganda komputasi untuk membentuk opini publik. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Media sosial sangat efektif dalam menjangkau sejumlah besar orang secara langsung. Sementara individu yang menargetkan mikro secara bersamaan dengan pesan yang dipersonalisasi. Memang, ini manajemen kesan yang efektif dan halus --grained kontrol atas yang menerima pesan yang-- adalah apa yang membuat platform media sosial begitu menarik bagi pengiklan, tetapi juga untuk koperasi politik dan lawan asing. Di mana kontrol pemerintah atas konten internet secara tradisional mengandalkan instrumen tumpul untuk memblokir atau menyaring arus informasi bebas. Aktor politik yang kuat sekarang beralih ke propaganda komputasi untuk membentuk wacana publik dan dorongan opini publik . 

Disinformasi pada aplikasi obrolan  

Aplikasi obrolan seperti WhatsApp atau Telegram adalah media penting dimana individu berbagi berita dan informasi, mengoordinasikan kegiatan politik, dan mendiskusikan politik. Dalam laporan penelitian tahun ini, ada bukti yang berkembang bahwa kampanye disinformasi yang terjadi pada aplikasi chatting. Di Indonesia Kita dapat melihat beberapa fenomena ini dalam kejadian aAksi mahasiswa, dan disinformasi manipulasi whatsapp chat anak STM, di mana kelompok publik yang besar pada aplikasi chatting adalah fenomena yang luas.

Strategi untuk manipulasi media sosial 

Pasukan cyber pemerintah memanfaatkan berbagai taktik dan teknik, dan setiap kampanye politik menggunakan seperangkat alat yang berbeda untuk pekerjaan itu. Kebanyakan pasukan cyber akan menggunakan komentator online dan akun media sosial palsu untuk menyebarkan pesan Pro-pemerintah atau Pro-Partai kepada penduduk baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Bots politik digunakan oleh pasukan cyber untuk banjir hashtag dengan pesan otomatis mempromosikan atau menyerang politisi tertentu. Bisa juga untuk memalsukan pengikut basis di media sosial. Mereka juga digunakan untuk strategis posting kata kunci tertentu, dalam rangka permainan algoritma dan menyebabkan konten tertentu untuk tren.

Bot juga digunakan untuk melaporkan konten dan akun yang sah dalam skala massal, sehingga platform media sosial secara otomatis menangguhkan akun atau menghapus konten hingga dapat ditinjau oleh moderator manusia. Dugaannya, semua perilaku subversif ini akan terus berkembang karena platform dan pemerintah mengambil langkah hukum dan peraturan untuk mengekang aktivitas yang mengganggu di media sosial. Juga untuk membantu menghasilkan rasa popularitas palsu atau konsensus politik, pendapat ekstremis mainstream, dan pengaruh agenda politik.

Olah-pesan dan valensi pasukan cyber menggunakan berbagai strategi pesan dan valensi saat melakukan operasi informasi secara online. Valensi adalah istilah yang digunakan untuk menentukan daya tarik (kebaikan) atau kekasaran (badness) dari pesan, peristiwa atau hal.

Sebuah teknik terkemuka manipulasi media sosial adalah penggunaan online komentator yang aktif terlibat dalam percakapan dan perdebatan dengan pengguna media sosial yang asli. Kegiatan mereka mencakup berbagai platform online, termasuk forum web tradisional, blog, situs berita, dan platform media sosial, dan mereka menggunakan berbagai strategi valensi ketika dalam percakapan dengan pengguna nyata.

Kita dapat melihat bukti pemerintah atau organisasi partai politik menggunakan komentator online untuk membentuk diskusi di internet dan platform media sosial dalam tiga cara: (1) menyebarkan Pro-pemerintah atau Pro-Partai propaganda; (2) menyerang oposisi atau kampanye pemasangan kotor; atau (3) strategi netral yang melibatkan pengalihan percakapan atau kritik jauh dari masalah penting, atau informasi pengecekan fakta.  

Strategi pesan dan valensi kedua yang dapat di rasakan adalah penggunaan troll yang menargetkan individu, komunitas, atau organisasi tertentu dengan pidato kebencian atau berbagai bentuk pelecehan online. Pesan yang ditargetkan dan penuh kebencian ini digunakan sebagai upaya sistematis untuk menganiaya pendapat minoritas dan perbedaan pendapat politik.

Strategi komunikasi

Pasukan cyber menggunakan berbagai strategi komunikasi untuk menyebarluaskan propaganda komputasi atas platform media sosial. Mereka membuat konten mereka sendiri, termasuk video palsu, blog, meme, gambar, atau situs web berita. Strategi konten ini melibatkan lebih dari sekedar posting komentar forum atau membalas posting pengguna asli, tetapi sebagai gantinya adalah sumber penting dari berita sampah, dan konspirasi atau polarisasi informasi yang dapat digunakan untuk mendukung kampanye manipulasi yang lebih luas. 

Strategi konten juga melibatkan penghapusan kedengkian dari konten atau akun yang sah. Selain memperkuat pesan tertentu, tim pasukan maya menggunakan strategi konten untuk menekan suara secara online.  

Platform media sosial adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di internet. Sebagian besar waktu, media sosial tidak digunakan untuk politik: mereka adalah tempat di mana teman dan keluarga terhubung dan berhubungan kembali. Atau juga, dimana individu menemukan dan berbagi hiburan, budaya populer, serta video kucing lucu.

Keunggulan media sosial untuk kehidupan sehari-hari menggarisbawahi pentingnya mereka dalam masyarakat saat ini, dan pengguna menempatkan jumlah yang tinggi dalam hal kepercayaan dalam platform ini. Tetapi dengan kemampuan mereka untuk segmen khalayak dan target pesan secara cepat, murah dan sebagian besar cara yang tidak diatur, jelas mengapa platform ini telah menarik minat operator politik. Sayangnya, ada banyak bukti bahwa media sosial sedang digunakan untuk memanipulasi dan menipu suara publik-dan untuk melemahkan demokrasi dan menurunkan kehidupan masyarakat.

Sosial media telah pergi dari nfrastruktur alam untuk berbagi keluhan kolektif dan koordinasi keterlibatan sipil, menjadi alat komputasi untuk kontrol sosial, dan tersedia untuk politisi di negara-negara demokrasi. 

 

IRWAN HIDAYAT

FIKOM UNINUS

DEPARTEMEN KAJIAN KOMUNIKASI

IKATAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI INDONESIA
BANDUNG RAYA

Ikuti tulisan menarik Wancen lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler