x

Ratu Tisha sedang presentasi

Iklan

Supartono JW

Pengamat
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 24 Oktober 2019 18:17 WIB

Perjuangan Ratu Tisha, Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021

Acungan jempol dan apresiasi luar biasa untuk Ratu Tisha, atas perjuangannya, Indonesia dipercaya FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya


Catatan sejarah baru. Indonesia tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Acungan jempol dan apresiasi luar biasa untuk Sekjen PSSI, Ratu Tisha. Terlepas dari persoalan PSSI dan sepak bola nasional yang selama ini mengiringi langkahnya, atas upaya dan perjuangannya, Indonesia memenangkan bidding menjadi tuan rumah Piala Dinia U-20 tahun 2021 dan meninggalkan dua negara pesaingnya asal Amerika Latin, Brasil dan Peru.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 diumumkan setelah otoritas sepak bola dunia (FIFA) menggelar general meeting di Shanghai, China, Kamis (24/10/2019).

Dalam pertemuan umum FIFA itu, untuk menentukan pemenang, dilakukan presentasi akhir dari proses bidding Piala Dunia U-20 2021.

Ratu Tisha, memberikan presentasi di depan FIFA dan para tamu undangan untuk menentukan siapa yang berhak menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dengan menampilkan keunggulan Indonesia melalui sebuah video singkat dengan durasi lima menit dan ditampilkan pada akun Youtube PSSI.

Di dalam videonya, PSSI menampilkan keunggulan Indonesia mulai dari budaya, keindahan alam Indonesia, moda transportasi, hingga suporter sepak bola
Indonesia yang terkenal fanatik termasuk juga menampilkan calon daerah dan stadion yang akan digunakan untuk menggelar Piala Dunia.

Atas terpilihnya Indonesia, maka ini adalah sejarah baru bukan hanya bagi persepak bolaan tanah air. Namun, juga sejarah baru bagi bangsa dan negara Indonesia, karena untuk pertama kalinya Indonesia dapat dipercaya FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, yang hanya berselang kurang dari beberapa hari menuju Kongres PSSI, 2 November 2019, otomatis juga kado manis bagi siapapun Ketua Umum yang akan terpilih.

Lebih dari itu, Timnas U-19 asuhan Fakhri Husaini pun tak perlu lagi repot-repot harus melalui babak kualifikasi demi menuju Piala Dunia U-20 2021, sebab secara otomatis Timnas U-19 sudah lolos karena Indonesia menjadi tuan rumah.

Tahun 2021 yang tinggal hitungan bulan pun wajib menjadikan Jakarta, Bogor, Solo, Bekasi, Bali, Surabaya, Yogyakarta, Palembang dan Bandung segera berbenah karena akan disinggahi tim-tim U-20 dunia.

Berikutnya, Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Mandala Krida (Yogyakarta) juga wajib dijaga dan dirawat dengan kualitas karena akan diinjak oleh para pemain hebat U-20 dari berbagai negara peserta Piala Dunia.

Sementara, untuk suporter, juga sejak sekarang sudah mulai berpikir bahwa nantinya sebagai tuan rumah, akan mendukung semua Timnas negara peserta, bukan hanya mendukung Timnas Indonesia.

Sebab, selama ini, suporter kita, hanya mendukung dan hadir ke stadion bila yang bertanding tim kesayangannya atau Timnas Indonesia.

Pada saat Piala Dunia, siapa pun yang berlaga, meski bukan Timnas yang bertanding, Stadion harus terisi penuh. 

Sekali lagi, selamat dan acungan jempol untuk Ratu Tisha. Berkat perjuangan dan keprosfesionalannya, Indonesia menjadi negara Asia Tenggara kedua setelah Malaysia yang pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 1997.

Juga menjadikan Timnas U-19 akan mengikuti jejak  Piala Dunia U-20 tahun 1979 di Jepang.

Saat itu, Indonesia tergabung dalam Grup B bersama Argentina, Polandia, dan Yugoslavia. Sayang, Indonesia terpaksa tersingkir di babak penyisihan setelah menerima kekalahan dari lawan-lawannya .

Yang menarik, Indonesia pada Piala Dunia U-20 1979 dapat menghadapi Argentina yang kala itu diperkuat oleh Diego Maradona yang bahkan berhasil mencetak dua gol ke gawang Indonesia.

Terima kasih Ratu Tisha. Selamat Indonesia, selamat Timnas U-19, selamat berbenah untuk segenap bangsa Indonesia untuk menyambut kontestan Piala Dunia U-20 2021. Bravo sepak bola nasional.

Ikuti tulisan menarik Supartono JW lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler