Pendidikan Pancasila - Analisa - www.indonesiana.id
x

Kick ball

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 November 2019

Selasa, 5 November 2019 23:36 WIB
  • Analisa
  • Pilihan
  • Pendidikan Pancasila

    Dibaca : 86 kali

    Judul Buku: Pendidikan Pancasila

    Penulis: Hayat H.Suratman

    Penerbit: Baskara Media

    Cetakan: Pertama, Juli 2018

    Tebal: 382 Halaman

    Presensi: Andi Muhammad Daei Naufal

    Buku “ Pendidikan Pancasila “ ini terbagi 11 bab yang dimana setiap bab ada hubungan dengan kehidupan. Buku ini  memingformasikan sejarah Pancasila pada massa kerajaan,pada masa penjajahan,masa kebangkitan nasional,masa pasca kemerdekaan.pengertian pancasila dan perkembangannya dimana pancasila adalah landasan dari segala keputusan bangsa dan menjadi ideologi tentang bangsa serta mercerminkan kepribadian bangsa indonesia. Istilah pancasila telah dikenal sejak zaman kerajaan sriwijayadan majapahit yang tertuang dalam kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular, dimana pancasila berarti” berbatu sendi yang lima”.Pada perkembangannya setelah disahkannya UUD  1945 oleh PPKI pada tanggal 18 agustus 1945.

     Pancasila berada dalam situasi kehidupan bangsa dan negara yang tidak setabil dimulai dari masa orde lama kemudian masa orde baru hingga masa orde reformasi yang pada dasarnya semua memiliki tantangan, tantangan itu adalah KKN dan globalisasi. Buku ini juga membahas apa pengertian pancasila dan juga pengembangan nya ,Pancasila sebagai ideologi negara,pancasila sebagai sistem filsafat Pancasila sebegai etika poltik, di buku ini kita di ajarkan berpolitik dengan  5 sila ,dan juga buku ini menjelaskan apa aja hubungan Agama dengan Pancasila kerukunan hidup antar umat yang beragama dijelaskan di buku ini.

    Buku ini pun menjelaskn nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara mulai dari pengertian nilai Pancasila, asal usul Pancasila,Pancasila sebagai seumber nilai,agama sebagai sumber nilai Pancasila,nilai Pancasila menjadi sumber nilai hukum.

    Buku ini Juga memberi informasi tenteng undang undang dasar negara republik Indonesia, menjelaskan tentang hukum dasar tertulis ( undang undang dasar ) dan Hukum dasar yang tidak tertulis (Konvensi), Sistem pemerintahan, Pancasila sebgai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi , dalam buku ini Pancasila sangat berperan dalam strategi pengembangan IPTEK,penembanan ilmu pegetahuan dan teknologi dewsa ini mencapai emajuan pesat sehingga peradaban manusia mengalami perubahan yang luar biasa pengembangan iptek dapat terlepeas dari siuasi yang melingkupinya ,artinya iptek selalu berkembang dalam suatu ruang di pancasila. Pegemngan iptek juga pun hatus bersentuhan dengan nilai nilai budaya dan agama sehingga di satu pihak dibutuhkan semngat objektivitas, dan juga iptek harus mempertimbangkan dan juga harus mengikuti nilai nilai Pancasila, budaya dan agama agar tidak dapat merugikan bangsa Indonesia dan masyarakat Indonesia. Pancasila sejatinya bersumber dari agama dan budaya yang berlangsung di indonesia, oleh sebab itu pengembangan ilmu pengatahuan dan teknologi yang sifatnya selalu bertambah atau mengalami kemajuan haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai dan terkandung dengan tujuan untuk  mengontrol dan mengendalikan kemajuan iptek yang berpengaruh pada caraberpikir dan bertindak masyarakat yang cenderung fragmatis


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.