x

sumber gambar: seriouseats

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 16 November 2019 07:22 WIB

Cara Memilih dan Merawat Pisau Dapur

Tentang cara memilih dan merawat pisau dapur.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pisau dapur adalah alat penting yang bisa dipastikan selalu ada di dapur atau sarana memasak kita. Agar alat potong ini bisa digunakan secara optimal ada baiknya anda pahami beberapa cara memilih dan merawat pisau dapur berikut ini.

  1. Pilih pisau dapur yang terbuat dari bahan stainless steel. Pisau dengan bahan seperti ini akan tahan lama dan anti karat. Pisau yang berkarat akan membuat makanan tidak steril.
  2. Pilih gagang pisau yang terbuat dari kayu karena tidak akan licin ketika tangan anda sedang basah. Selain kayu, bahan ebonite (plastik keras) untuk gagang pisau juga baik digunakan.
  3. Asah pisau secara teratur. Pisau untuk memotong daging harus diasah setiap dua sampai tiga hari sekali, sedangkan pisau untuk memotong sayuran dan buah-buahan, cukup dua minggu sekali.
  4. Jika anda tidak akan memakai pisau dalam jangka waktu yang cukup lama, misalnya saat mudik atau bepergian, cucilah pisau hingga bersih, lalu lap sampai kering. Kemudian oleskan minyak goreng tipis-tipis saja. Bila minyak terlalu banyak, lap dengan tisu kering. Setelah itu bungkus pisau dengan kain bersih dan simpan di tempat yang aman.
  5. Agar selalu tajam, jangan gunakan pisau untuk memotong bahan yang keras. Hindari juga penggunaan pisau untuk membuka botol atau mengencangkan sekrup.
  6. Segera cuci pisau setelah digunakan, terutama sehabis memotong bahan yang mengandung asam. Dengan begitu warna mata pisau tidak cepat berubah.
  7. Jangan membersihkan pisau dengan cara merendam dalam air, terlebih air yang dicampur detergen.

Semoga sedikit sharing pengetahuan ini bermanfaat bagi anda. Pisau bisa anda gunakan dengan baik dan makanan tetap sehat serta terjaga kualitasnya. Selamat menerapkannya.

***
Solo, Sabtu, 16 November 2019. 7:20 am
'salam kreatif penuh cinta'
Suko Waspodo

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler