Tips Memilih Hotel di Jogja Saat Liburan - Analisa - www.indonesiana.id
x

Candra Bi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 November 2019

Kamis, 21 November 2019 18:29 WIB
  • Analisa
  • Berita Utama
  • Tips Memilih Hotel di Jogja Saat Liburan

    Dibaca : 346 kali

    Yogyakarta sering jadi tujuan berlibur pelancong nusantara. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan tingginya tingkat tempat tinggal hotel di Yogyakarta.

    Public Relations Hotel Santika Premiere Jogja Satri N menjelaskan tingkat tempat tinggal di hotelnya sering penuh pada musim berlibur. Tingkat tempat tinggal hotel di Yogyakarta menurut Satri sampai 80 % pada musim berlibur sekolah atau akhir minggu panjang.

    Nah, lantas bagaimana supaya masih dapat liburan serta bermalam di hotel seputar Yogyakarta waktu musim berlibur? Director of Sales Hotel Santika Premiere Jogja, Dono Prasetyo serta Ketua Perhimpunan Hotel serta Restoran Indonesia Daerah Wilayah Spesial Yogyakarta, Istidjab M Danunagoro share panduan pilih hotel murah di Yogyakarta pada musim berlibur.

    Cek Online Travel Agent (OTA)

    Musim berlibur menurut Istidjab ialah saat-saat peak season yang kelihatan dengan tingginya tingkat tempat tinggal hotel. Dia merekomendasikan pelancong untuk pesan melalui OTA.

    Pelancong dapat memeriksa harga, kelas hotel, sarana hotel yang dipunyai, serta pesan kamar. Menurut Istidjab, dengan pertolongan OTA, pelancong tidak butuh berkeliling-keliling hotel untuk cari kamar.

    Mencari hotel di luar tempat Ring 1 Yogyakarta

    Di Yogyakarta diketahui mempunyai zonasi hotel yang dipastikan dari jauh dekatnya Keraton Yogyakarta. Dono menjelaskan bila hotel-hotel di sekitar Jalan Malioboro yang terhitung Ring 1 penuh, pelancong dapat cari di zone Ring 2 serta 3.

    Dono mengatakan, zone Ring 2 terdapat setelah Monumen Tugu Yogyakarta seputar 2-3 km. ke bagian luar. Sementera zone Ring 3 terdapat di wilayah Kaliurang sampai Bantul.

    Istidjab menerangkan, ada beberapa hotel-hotel non bintang yang tidak tersambung dengan OTA di ruang luar Kota Yogyakarta. Dia mengatakan ada 1.100 hotel non bintang yang sejumlah keseluruhan 13.500 kamar yang menyebar di Kaliurang atau yang paling dekat dari Keraton Yogyakarta seperti di Prawirotaman 3.

    Pesan minimum seminggu

    Sebaiknya pesan hotel satu minggu sebelum pergi ke Yogyakarta. Dono menyebutkan, waktu 1 minggu itu ialah waktu paling baik untuk pesan kamar hotel buat pelancong yang memakai mobil pribadi waktu berekreasi di Yogyakarta.

    Dono memberikan tambahan, untuk pelancong yang memakai kendaraan umum untuk ke arah serta berkeliling-keliling Yogyakarta sebaiknya pesan kamar hotel lebih dari satu minggu sebelum keberangkatan. Hal tersebut menghadapi pelancong tidak bisa kamar hotel serta harus berkeliling-keliling dari hotel ke hotel.

    Jauhi last minute booking

    Hotel-hotel di Kota Yogyakarta sering penuh mendekati berlibur. Dono merekomendasikan untuk menghindarkan pesan hotel last minute bila ingin berekreasi ke Yogyakarta.

    Tidak hanya, beresiko tidak bisa kamar hotel, pelancong akan memperoleh harga kamar yang paling tinggi. Harga yang tinggi itu sebab hotel-hotel dengan kelas anggaran atau kelas paling rendah sudah habis terjual.

    Yakinkan info hotel tempat bermalam

    Dono menjelaskan, lebih baik untuk pastikan info mengenai hotel-hotel yang akan dihuni. Yakinkan info mengenai jumlahnya kamar, sarana yang dipunyai, jarak dengan obyek wisata, harga, serta info yang lain.

    Yakinkan fasilitas hotel yang akan diinapi sesuai gagasan. Umumnya mendekati berlibur di Yogyakarta, keinginan kamar hotel akan bertambah serta mengakibatkan harga kamar beragam dari beberapa type.

    Pilih hotel non budget

    Umumnya, hotel-hotel anggaran atau berbintang tiga akan jadi target pelancong saat berekreasi ke Yogyakarta. Dono menjelaskan, pelancong dapat pilih hotel-hotel berbintang empat atau lima di Yogyakarta.

    Hotel-hotel bintang empat atau lima umumnya mempunyai sisa-sisa kamar yang dapat pelancong inapi. Namun banyak juga kok hotel murah di Jogja yang fasilitasnya juga lumayan bagus. Jadi dont worry ya Guys!


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.