x

Ketika Era Video Internet Tiba

Iklan

dono ajie

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Benarkah Bisnis Anda butuh Internet Marketing?

Strategi Internet marketing tidak bisa tidak harus dilakukan oleh bisnis online maupun offline, bisnis baru maupun bisnis lama, bisnis kecil maupun besar. Internet marketing seperti apa yang tepat untuk bisnis anda?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Internet marketing atau pemasaran online (internet) saat ini sepertinya sedang menjadi kata yang hangat di kalangan pebisnis, apalagi sejak adanya trend pebisnis sukses tanpa toko offline. Semua ini tidak bisa dilepaskan dari Mesin pencari yang sangat membantu konsumen untuk mencari dengan 'tepat' apa yang mereka butuhkan. Enterpreneur online ini hidup berkecukupan dengan sistem penjualan online yang sepenuhnya mengandalkan strategi internet marketing, tidak salah lagi mereka adalah yang para pebisnis yang sudah (secara tidak sadar) berhasil mengukur kekuatan internet sebagai sistem pemasaran online yang sangat dahsyat efeknya. Anda pasti bertanya tanya, sedahsyat apa sih? Baca kisah berikut, ini adalah penggalan nyata kisah seorang klien kami yang berhasil (dengan cerdasnya) memanfaatkan strategi internet marketing untuk kepentingan mengeruk laba sebesar-besarnya. Yuk kita simak bersama.

Sebut saja Andi, awalnya adalah seorang lulusan perguruan tinggi negeri ternama di kota Yogyakarta, ketertarikannya pada dunia bisnis sebenarnya bermula dari melihat lingkungan sekitarnya yang mulai bermunculan 'enterpreneur celana pendek dan sandal jepit' artinya pebisnis yang menjalankan bisnisnya dengan gaya santai, menjawab telpon, mempacking barang dan mengirim produk via jasa pengiriman hanya dengan celana pendek dan sandal jepit, menarik ya? Andi terusik, bagaimana caranya? tidak mendapat jawaban yang memuaskan dari lingkungannya, Andi kemudian bertemu kami, dan mulai bertanya dari A sampai Z tentang 'bisnis online', dari apa yang harus dijual sampai bagaimana cara melayani konsumen online. Melihat semangat yang luar biasa dari Andi, kami dengan senang hati menjelaskan, dan petualangan bisnis pun dimulai. Kami mulai dari advice riset tentang produk yang dijual, Andi akhirnya berhasil memutuskan produk apa yang dijual, persis seperti saran kami, Andi memutuskan untuk menjual barang/produk dari apa yang ia bisa dapat dengan mudah dan berpotensi tinggi karena sudah di test sebelumnya oleh pelaku bisnis lainnya. Ya, ia memutuskan untuk menjual batik dengan spesifik kain batik, seragam dan merchandise untuk event dan perusahaan. Setelah inventori dan pemetaan potensi dilakukan, kita mulai dengan langkah berikutnya.

Kami mulai dengan langkah kedua, membangun sebuah media penyampai pesan (display produk) yaitu website, dengan semangat Andi melakukannya sendiri, dan harus kami akui Andi adalah pembelajar hebat. Kami berikan saran terbaik tentang website yang benar-benar dapat mengkonversi pengunjung menjadi konsumen/pembeli bukan hanya display produk yang sekedar ada dan tak efektif. Setelah hampir 30 hari bekerja keras untuk merampungkan website barunya, Andi akhirnya berhasil menyelesaikannya dan siap ke langkah berikutnya, dengan semangat yang luar biasa dari Andi, kami tahu ia mempunyai semua potensi seorang enterpreneur sukses. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Langkah ketiga, adalah bagian tersulit, memasarkan. Website sudah jadi, produk display sudah siap, sekarang saatnya kami bekerja untuk Andi, melakukan internet marketing yang efektif dan tepat sasaran, bagaimana caranya? kita mulai pemahaman kita tentang pasar yang memang ada, artinya jika anda sudah memutuskan untuk menjual batik, artinya riset dari awal tentang apa yang mereka mau dan mengukur seberapa besar potensi konsumen yang ada terhadap produk tersebut, kami sarankan anda menggunakan www.google.com/trends. Tools yang disediakan oleh Google ini 100% gratis, dan tentunya sangat efektif untuk melakukan riset yang akurat per 30, 90 hari sampai 1 tahun terakhir. Oh ya mungkin anda bertanya, kenapa harus google? anda tentunya akan lebih terang jika sudah melihat indeks berikut dari Alexa (media survey online) dari link berikut www.alexa.com/topsites/countries/ID. Link tersebut akan menjadi pencerahan tentang potensi pasar yang ada dan tentunya alasan kenapa kita (mau tidak mau) menjatuhkan pilihan search engie kepada Google ya kan?

Mau tahu kelanjutan dari tulisan ini, nantikan tulisan kami berikutnya,

Salam hangat.

Ikuti tulisan menarik dono ajie lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB