x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Minggu, 2 Februari 2020 19:41 WIB

Kiprah Pengabdian Sosial BEM Faperta IPB di Taman Bacaan Lentera Pustaka

Apa masih ada mahasiwa mau mengabdi sosial di zaman now? Mengajar anak-anak membaca sambil mengajar kaum buta aksara sekaligus mengabdikan ilmunya di kampus?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernahkah ada orang yang menanyaimu tentang pengabdian sosial yang dilakukan?

Tentu jarang sekali jawabnya. Karena bagi sebagian orang, aktivitas mengabdi secara sosial dianggap kegiatan yang tidak berguna. Bahkan tidak menarik karena tidak mendapat perhatian dari banyak orang. Apalagi mengabdi sosial dengan terjun langsung ke masyarakat. Seringkali orang merasa rugi. Karena harus berkorban begitu banyak hal, mulai dari uang, tenaga, pikiran, hingga waktu yang banyak tersita. Maka wajar, orang-orang yang mau mengabdi secara sosial tidak banyak.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tapi di tengah gempuran era digital dan gaya hidup modern, masiah saja ada orang-orang yang mau mengabdi secara sosial. Termasuk para mahasiswa dan generasi muda yang peduli sosial. Sebut saja diantaranya BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Faperta IPB yang hari ini berkekuatan 24 mahasiswa menyambangi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di Kampung Warung Loa Desa Sukaluyu Kec. Tamansari Bogor, di Kaki Gunung Salak Bogor.

 

BEM Faperta IPB yang dipimpin Tanu merealisasikan program pengabdian masyarakat dengan fasilitasi dari Syarifudin Yunus, Pendiri dan Kepala Program TBM Lentera Pustaka hari ini. Para mahasiswa yang mulai aktif membimbing aktivitas membaca 40 anak-anak Taman Bacaan Lentera Pustaka yang hadir di pagi hari, di samping membimbing 10 ibu-ibu warga belajar dalam GErakan BERantas BUta aksaRA (GEBERBURA) pada siang hari.

 

Ke depan, mahasiswa BEM Faperta IPB akan bekerjasama menjadi relawan TBM Lentera Pustaka untuk mengajar membaca anak-anak TBM Lentera Pustaka dan ibu-ibu buta aksara tiap 2 minggu sekali. Bergantian dengan Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka yang pada tahun 2020 ini akan fokus menuntaskan disertasi dalam menyelesaikan Program Doktor – S3 Manajemen Pendidikan di Pascasarjana Universitas Pakuan Bogor.

 

Sebagai wujud realisasi program pengabdian sosial dan pemberdayaan masyarakat, mahasiswa BEM Faperta IPB akan melakukan beberapa program kerja sebagai berikut:

  1. Mahasiswa Lansekap akan melakukan penataan lansekap kebun baca Lentera Pustaka dan kawasan Sungai Ciherang sebagai tempat yang nyaman untuk membaca. Termasuk kegiatan mural tembok di sepanjang jalan ke taman bacaan.
  2. Mahasiswa Agronomi akan membuat laboratoriun budi daya tanaman produktif di lahan-lahan dalam kelolaan TBM Lentera Pustaka untuk menanamkan rasa cinta lingkungan dana lam kepada anak-anak dan masyarakat.
  3. Mahasiswa Proteksi Tanaman akan mulai praktik cara bercocok tanam yang terhindar dari hama dan serangan penyakit tumbuhan bersama anak-anak dan ibu-ibu kampung.

 

Melalui kiprah mahasiswa BEM Faperta IPB diharapkan percepatan program pemberdayaan masyarakat prasejahtera ini bisa lebih cepat terwujudu. Inilah kolaborasi yang diperlukan dalam mengabdi pada masyarakat, seperti BEM Faperta IPB dan TBM Lentera Pustaka.

 

“Kolaborasi untuk mengabdi secara sosial inilah yang diperlukan. Agar budaya literasi anak-anak kampung yang terancam putus sekolah bisa ditasai dan gerakan pemberantasa buta aksara bisa tuntas. Saya salut dan bangga terhadap mahasiswa BEM Faperta IPB yang bersedia menjadi relawan di TBM Lentera Pustaka” ujar Syarifuidn Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka siang ini.

 

Sungguh, pengabdian sosial adalah sebuah sikap. Karena intinya, tidak ada orang-orang hebat kecuali mereka yang memiliki pengabdian besar pada kemanusiaan… #TBMLenteraPustaka #BEMFapertaIPB #BudayaLiterasi

 

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu