Membangun Optimisme Melalui Narasi Mensukseskan PON XX Di Papua Untuk Kebanggaan Bangsa - Analisa - www.indonesiana.id
x

Stadion

Alfin Riki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Selasa, 11 Februari 2020 06:49 WIB
  • Analisa
  • Berita Utama
  • Membangun Optimisme Melalui Narasi Mensukseskan PON XX Di Papua Untuk Kebanggaan Bangsa

    Dibaca : 179 kali

    Papua siap lesatkan citra Indonesia di mata dunia melalui kesuksesan penyelenggaraan PON XX 2020 Oktober mendatang.

    Tiada kebahagiaan yang terkira selain dapat menyajikan kebanggaan bagi bangsa Indonesia melalui mata dunia. Pun dengan yang dilakukan rakyat Papua. Wilayah paling timur yang populer dengan keberagaman suku serta sumber daya alam yang melimpah ini menyatakan siap mensukseskan pelaksanaan PON XX 2020 Oktober mendatang. Selain bertujuan menaikkan citra Nusantara, Papua juga ingin membuat bangga pemerintah Indonesia karena Papua adalah Indonesia.

    Kendati baru saja didera konflik yang seolah tak berkesudahan, nyatanya Papua mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Tak hanya di sektor pembangunan fisik, namun ditilik dari segi pariwisata, Papua sudah jauh lebih meningkat. Pembangunan sejumlah portal vacation kini juga dianggap mampu menaikkan pendapatan penduduknya. Jalur-jalur distribusi beserta jalan alternatif yang disebut-sebut lancar bakal memberikan dukungan yang mumpuni untuk penyelenggaran PON XX 2020 ini.

    Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainuddin Amali, mengaku optimistis terkait pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua. Hal tersebut diucapkan Amali setelah melakukan rapat gabungan bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, beberapa hari lalu.

    Dirinya menyatakan, secara keseluruhan ia optimistis pelaksanaan PON XX 2020 di Papua ini akan dapat dihelat dengan baik. Pemerintah Pusat, Kementerian dan Lembaga akan bersama-sama dengan Pemerintah Daerah guna melakukan percepatan terhadap hal-hal yang masih harus dibenahi.

    Ia menuturkan pihak TNI dan Polri jiga BIN menyampaikan dari sudut pengamanan telah siap dan terus ditingkatkan, kemudian Menteri Dalam Negeri dari sisi tentang kondisi daerah atau wilayah dan tentu soal penyelenggaraan oleh Menpora.

    Menurut laporan, nantinya dalam PON XX di Papua jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan ada 37 cabor. Namun, pemerintah tetap memunculkan wacana revisi Peraturan Pemerintah (PP) nomor 17 tahun 2007 berkenaan dengan pelaksanaan PON ke-XX, hal ini dilakukan demi makin memantapkan suksesnya penyelanggaran perhelatan akbar olah raga nasional.

    Keyakinan atas kesiapan Papua untuk mensukseskan pelaksanaan PON XX juga disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Dirinya berharap, mudah-mudahan stadion dan venue yang telah dirancang dengan standart internasional ini nanti tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk PON, namun juga bisa digunakan untuk event pasca PON agar tempat ini bisa menjadi pusat kegiatan cabang cabangnolah raga tertentu baik skala nasional maupun internasional.

    Muhadjir mengklaim bahwa progresnya semakin baik. Dia juga berharap, Pemprov Papua dapat memaksimalkan penggunaan wisma atlet untuk menampung para atlet handal agar nantinya mampu menorehkan prestasi Indonesia utamanya pada cabang cabang yang dipersiapkan.

    Semmtara stadion Papua Bangkit sudah beres 100 persen, bahkan lebih. Nantinya, stadion ini bakal digunakan untuk acara pembukaan dan penutupan PON yang digelar dari tanggal 20 Oktober hingga 2 November 2020. Dirinya menambahkan bahwa fasilitas pendukung ini sudah berstandar internasional layaknya lapangan di Amsterdam, Belanda. Rumputnya juga khusus didatangkan dari Italia. "Rencananya, ke depan akan diregister ke FIFA agar disahkan sebagai lapangan internasional," kata Muhadjir.

    Lebih lanjut dirinya juga berharap, kawasan paling timur Indonesia ini nantinya bisa menjadi sejajar dengan wilayah Indonesia Barat dan Tengah. Sehingga mindset Jawa-sentrisme pun akan hilang dari aspek sosial, politik dan juga ekonomi. Hal ini penting dilakukan guna mewujudkan pemerataan.

    Namun yang paling utama ialah multiplier effect tetap harus dirasakan masyarakat Papua dengan hadirnya PON dan pembangunan infrastruktur tersebut. Suksesnya PON tidak hanya.dilihat dari suksesnya penyelenggaraan namun juga suksea.prestasi serta sukses dimensi lainnya yang selanjutnya dapat menjadi sebuah kebamggaan bangsa.

    Berdasar hal tersebut diatas, kesiapan bumi Cendrawasih ini telah tercermin dalam derap langkah berbagai capaian. Tak hanya akan mengedepankan keprofesionalitasan, Papua siap menjadi garda paling depan untuk meningkatkan citra Nusantara di mata dunia Internasional. Selain itu, dengan mensuskeskan acara PON XX 2020 ini nantinya akan mampu memberikan kebanggaan tersendiri bagi Indonesia dan seluruh warganya.

    Untuk itu.mari kita dukung suksesnya PON XX Papua dengan membangun narasi di berbagai ruang media yang dapat menumbuhkan optimisme serta soliditas guna bersama-sama membangun kebanggaan bangsa melalui suksesnya penyelenggaraan PON XX di Papua. Maju terus Papua, ayo buat Indonesia bangga!


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.