Dukung Latisha untuk Bernafas - Analisa - www.indonesiana.id
x

Deni Kurniawan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Februari 2020

5 hari lalu
  • Analisa
  • Berita Utama
  • Dukung Latisha untuk Bernafas

    Dibaca : 469 kali

    Latisha Azkadina Gumilar, seorang gadis kecil berusia 8 tahun menderita penyakit gangguan pernapasan yang serius. Ia menderita penyakit Hyper IGM Syndrome & Chronic Lung Disae. Sehingga sehari-harinya ia harus memakai oksigen agar tidak terjadi gagal nafas.

    Kasus penyakit yang diderita oleh Latisha ini sejak tahun 2013. Awalnya Latisha Azkadina Gumilar mengalami infeksi paru yang berulang selama kurang lebih 6 tahun terakhir ini. Karena tidak kunjung membaik, akhirnya dokter di RSUD merujuk Latisha Azkadina Gumilar untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

    Setelah di RSCM barulah di ketahui ternyata ada kelainan imun yang langka yaitu Hyper IGM Syndrome yang pengobatannya tidak bisa di cover oleh BPJS. Kelainan inilah yang membuat daya tahan tubuh Latisha rendah dan infeksi parunya tak kunjung sembuh hingga menjadi kronik sekarang.

    Karena parunya sudah kronik, kerja jantungpun menjadi lebih berat, sehingga Latisha juga harus rutin minum obat untuk jantung yang juga tidak di-cover oleh BPJS.

    Selain itu, karena sakit dalam jangka waktu yang panjang, berat badan Latisha pun tidak kunjung baik, sehingga saat ini menderita gizi buruk, berat badan 13,8kg di usia 8th 2 bulan. Sehari-harinya harus minum susu untuk menambah berat badan (melalui selang makan/NGT), tidak boleh makan minum lewat mulut karena bisa menyebabkan cairan atau makanan masuk ke paru.

    Saat ini keluhan terberat yang Latisha Azkadina Gumilar rasakan adalah sesak yang berkepanjangan sehingga sehari-harinya harus memakai oksigen agar tidak terjadi gagal nafas. Dan untuk perbaikan imunnya, tiap 21 hari harus masuk immunoglobulin ( obatnya per botol @50ml kurang lebih seharga Rp. 4.000.000,- dan per 21 hari harus masuk 2 botol )

    Persiapan untuk di rumah setelah rawat inap, Latisha tidak bisa lepas dari oksigen karena parunya sudah kronik dan harus mendapatkan obat imun, juga obat jantung rutin yang tidak di cover BPJS

    Saat ini total biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 100.000.000, untuk rinciannya:

    Beli alat bantu nafas BPAP seharga Rp. 75.000.000,-

    Beli 2 tabung oksigen besar Rp. 5.000.000,-

    Isi ulang oksigen per bulan @ Rp. 3.000.000,-

    Obat untuk imun 2 botol @ Rp. 4.000.000,- per bulan = Rp. 8.000.000,-

    Obat jantung Rp. 900.000,- per bulan

    Susu pediasure 4 kaleng per bulan @275.000,- = 1.100.000,-

    Untuk berobat Latisha Azkadina Gumilar mengandalkan biaya dari ayahnya yang pekerja honorer di lembaga pemerintah.

    Untuk itu, mari kita doakan dan bantu agar Latisha Azkadina Gumilar bisa melanjutkan pengobatan hingga selesai dengan klik tautan di bawah ini,

    https://kitabisa.com/campaign/supportlatisha?utm_source=whatsapp&utm_medium=socialsharing&utm_campaign=campaignsticky

    Jangan lupa juga untuk membagikan kisah Latisha, agar semakin banyak yang mendoakan dan membantu Latisha.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.