x

program dan camilan untuk diet

Iklan

Jadi Tau

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Maret 2020

Selasa, 10 Maret 2020 17:37 WIB

9 Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Melakukan Diet

Tapi apakah panduan-panduan diet tersebut sudah terbukti benar atau malah bisa menjadi sebuah “Bumerang” yang bisa membahayakan hidup Anda?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

image source : Jadi Tau

Badan yang bagus nan indah dan langsing adalah semua dambaan wanita dan bahkan pria yang mengingini tubuh yang sixpack. Bagaimana cara mendapatkan semua hal yang indah itu? Yang pasti dengan kerja keras yaitu melakukan diet.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sangat banyak sekali cara-cara dalam melakukan diet yang bisa kita temukan di berbagai buku di perpustakaan atau di internet. Tapi apakah panduan-panduan tersebut sudah terbukti benar atau malah bisa menjadi sebuah “bumerang” yang bisa membahayakan hidup Anda?

1. Bergantung pada diet yang mengerikan

Istilah no pain no gain saya pikir sudah sangat tertanam di dalam otak Anda yang sudah dewasa saat ini. Memang dalam upaya untuk mendapatkan sesuatu kita perlu mengorbankan sesuatu entah itu uang, waktu atau bahkan orang lain (maksud saya adalah meninggalkan orang lain demi hal lain).

Akan tetapi jangan sampai mengorbankan sesuatu yang sangat berharga hanya demi tubuh yang indah seperti nyawa contohnya. Hal itu sangatlah tidak fair mengingat tubuh yang indah hanyalah sementara dan hanya menampilkan kecantikan luar bukan dalam.

Orang yang melakukan diet gila semacam ini biasanya orang yang bisa “nyaris” tidak makan setiap harinya atau hanya bisa dibilang hanya mengkonsumsi kurang dari 1000 kalori perharinya. Hal ini sangatlah berbahaya karena bisa memperlambat metabolisme tubuh Anda dan bukan malah memperkecil tubuh Anda malah sebaliknya, Anda bisa menjadi Gendut kembali.

2. Sarapan Pagi? Gak usah

Hal ini sama seperti yang nomor 1 di atas. Hanya demi tubuh yang indah, Anda berani-beraninya melewatkan sarapan pagi Anda. Sarapan pagi adalah senjata awal kita selain doa dan mandi dalam mengawali hari kita. Menurut penelitian, siswa yang mengonsumsi sarapan pagi bisa mendapatkan nilai yang lebih besar daripada yang tidak.

Lalu apakah dengan melewatkan sarapan pagi bisa membuat tubuh Anda menjadi langsing? Yang terjadi malah sebaliknya. Saat Anda melewatkan sarapan pagi, otomatis membuat tubuh Anda menjadi lapar akan makanan pada siang harinya yang bisa berpotensi membuat Anda makan-makanan yang tidak terduga dalam jumlah yang tidak terduga juga.

Hal ini adalah pemicu balik, yang dimana Anda menginginkan tubuh yang langsing, akan tetapi Anda menjadi gemuk kembali.

3. Kehilangan Arah diet Anda karena snack.

Anda mungkin menghitung setiap kalori atau jumlah makanan yang masuk pada jadwal makan keseharian Anda. Akan tetapi bagaimana jika ada sepotong pizza hasil pemberian teman karena ulang tahun, kue dari tetangga atau bahkan es krim buatan anak Anda sendiri? Apakah Anda sudah menghitungnya.

Jika Anda ingin menghitung semua jadwal diet Anda, Anda bisa menggunakan aplikasi yang terdapat di smartphone untuk memantau diet anda.

4. Tidak snackking Sama Sekali

Loh kok berlawanan dengan yang nomor 3? Apakah cemilan bisa membuat Anda gemuk? Sangat jelas bahwa jawabannya adalah iya, jika BERLEBIHAN.

Cemilan bukanlah makanan terlarang dalam melakukan diet, malah sebaliknya. Cemilan bisa membantu Anda merasa lebih kenyang dan membuat Anda mencegah makan-makanan yang berlebihan yang bisa membuat tubuh Anda menjadi gendut.

5. Mengisi Perut Anda Dengan Produk Low Fat

Produk rendah lemak memang wajib kita perhitungkan dalam melakukan diet, karena produk rendah lemak bisa memainkan peran yang besar dalam diet Anda. Anda harus mengingat bahwa produk rendah lemak TIDAKLAH SAMA DENGAN produk rendah kalori.

Jika Anda sering mengkonsumsi kue-kue yang rendah lemak akan tetapi mempunyai kandungan kalori yang tinggi bagaimana? Yaa… sama saja boong. Sebelum Anda membeli produk-produk rendah lemak, sebaiknya perhatikan dulu tabel nutrisi yang berada di belakang bungkus produk tersebut.

6. Hanya Meminum Sedikit Air

Ini adalah masalah yang sangat simpel yang harus dibasmi dalam melakukan diet. Bisa dibilang air adalah kehidupan yang di mana air bisa membakar cukup banyak kalori yang terdapat dalam tubuh Anda.

Lihatlah Vina Panduwinata yang menjalankan diet minum air, yang dimana memiliki wajah yang halus dan tubuh yang proporsional untuk seumurannya.

7. Move On Dari Produk Susu

Susu, keju dan es krim adalah berbagai macam hal yang “tabu” bagi sebagian orang yang melakukan diet atau disebut dieters.

Apakah produk susu sekejam itu? Menurut penelitian, tubuh lebih banyak membakar lemak saat menerima kalsium dan malah sebaliknya memproduksi banyak lemak saat kalsium kita dirampas atau tidak dikonsumsi sama sekali.

Carilah produk-produk susu yang rendah lemak, Anda bisa menemukannya diberbagai supermarket di sekitar rumah Anda.

8. Sering melakukan ”Drive Thru”

Di dunia yang serba instant dan cepat ini membuat kita memaksakan diri untuk beradaptasi. Hal ini juga dilakukan oleh berbagai banyak restoran cepat saji di dunia yang membuat pelayanan Drive Thru yang dimana Anda bisa memesan makanan tanpa perlu keluar dari mobil.

Apakah ini membantu? Sudah sangat jelas iya, bagi orang yang tidak ingin menjaga kesehatannya. Cepat tinggalkan drive thru dan makan-makanan yang di rumah saja.

9. Unrealistic Goal

Mungkin saat ini Anda sudah berikrar pada diri Anda untuk menurunkan berat badan Anda 20 kg dalam waktu 5 hari.

Percayalah, hal itu adalah omong kosong. Goal yang tidak realistis malah bisa membuat kita tidak melakukan sesuatu untuk goal tersebut karena Anda tahu Anda tidak bisa melakukannya dan membuat otak Anda melawan diri Anda sendiri untuk melakukan goal tersebut. Goal atau tujuan yang masuk akan adalah sesuatu kunci kesuksesan dalam melakukan diet.

Ikuti tulisan menarik Jadi Tau lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler