x

Liburan Akhir Tahun (Foto: Travel Tempo)

Iklan

Jadi Tau

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Maret 2020

Rabu, 11 Maret 2020 08:44 WIB

Gimana Sih Cara Mengatur Diet Walau Sedang Liburan?

Apakah saat Anda sedang dalam menikmati waktu liburan, Anda masih memperhatikan diet Anda?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Banyak orang-orang yang sedang dalam menjalani diet menggunakan alasannya “karena” liburan untuk menutupi kesalahannya karena tidak memperhatikan dietnya dan makan-makanan restoran dengan jumlah porsi yang bisa melewati perkiraan batas diet sehingga membuat tubuh menjadi gemuk kembali.

Tapi kita bisa melewati waktu liburan kita yang nan indah dan menyenangkan tanpa harus mengkonsumsi jumlah kalori dan lema. Kita bisa melakukannya dengan cara memilih makanan dengan bijaksana dan tetapi aktif sebisa mungkin selama liburan.

Saat kamu sampai di tempat liburan atau tempat ngopi tujuan Anda, sebisa mungkin tanya tour guide atau orang lokal di sana untuk menanyakan di mana restoran yang enak dan makanan apa yang disajikan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Jadi Anda bisa memperkirakan restoran mana yang harus Anda datangi.

Lebih baik lagi jika Anda menginvestigasinya sendiri lebih detail dan mencari informasi sebanyak mungkin di internet tentang makanan yang disajikan di restoran yang Anda rencanakan untuk datangi.

Ada beberapa tips untuk melakukan diet saat liburan.

1. Makan Sehari Sekali.

Loh, kenapa tidak 3 hari sekali? Seperti yang dikatakan di atas, restoran-restoran tempat biasanya memberikan porsi yang melebihi pada umumnya dan sangat tinggi dalam kalori dan lemak sehingga (demi diet Anda) sebaiknya Anda cukup makan sehari sekali.

Akan tetapi sebaiknya kalo dimungkinkan Anda minta menu kepada restoran yang rendah kalori dan lemak serta tinggi dalam hal serat seperti makanan olahan gandum misalnya.

Anda juga bisa ke pasar lokal untuk membeli buah untuk mengawali hari liburan Anda.

2. Konsumsi Minuman Nol Kalori

Kamu tidak perlu untuk mengonsum beratus-ratus kalori dari minuman mengingat kamu sudah mengonsum jumlah kalori yang banyak dari makanan yang ada.

Berita baiknya adalah biasanya restoran-restoran di tempat liburan menyediakan minuman-minuman yang rendah kalori. Anda bisa memesan es limun, minuman tanpa gula seperti teh panas dan dingin tanpa gula dan kopi tanpa gula.

Pada berita buruknya adalah alkohol bisa menjadi suatu bencana dalam diet Anda. Sebenarnya minuman beralkohol malah bisa membantu diet Anda jika tidak diminum berlebihan (Akan saya jelaskan nanti).

Akan tetapi saat liburan di pantai, biasanya kita cenderung mengonsumsi minuman beralkohol seperti beer dan wine dalam jumlah porsi yang sangat banyak. Setiap kaleng minuman alkohol diperkirakan mempunyai kandungan sekitar 150-450 kalori.

3. Kurangi Porsi Makan Anda.

Sangatlah tidak masuk akan jika Anda tidak menikmati makanan lokal tempat dimana sedang Anda liburan saat ini. Nikmati saja makanan tersebut akan tetapi Anda perlu mengingat jumlah porsi yang dengan cara mengecilkan jumlah porsi tersebut.

Pesanlah menu restoran yang mempunyai ukuran anak kecil atau junior. Anda bisa juga membagi makanan Anda dengan teman liburan Anda atau pacar Anda.

4. Pesan Buah dan Sayuran Sebisa Mungkin

Carilah setiap kesempatan dalam setiap waktu liburan Anda untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Anda bisa memesan salad yang terbuat dari sayuran dan buah-buahan sehat seperti bayam, buah apel, melon dan sebagainya.

5. Nikmati Hidangan Penutup

Bagian penting dari setiap liburan adalah untuk menikmati setiap waktu yang menyenangkan dan di dalam waktu yang menyenangkan tersebut ada yang namanya makanan pencuci mulut.

Jika makanan utama Anda tidak bisa memuaskan Anda, Anda bisa memakan makanan pencuci mulut, akan tetapi jangan kebanyakan. Biasanya makanan pencuci mulut sangat nikmat untuk dinikmati saat beberapa kali gigitan pertama.

Jadi nikmatilah setiap gigitan makanan pencuci mulut Anda.

Ikuti tulisan menarik Jadi Tau lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler