Kapasitas Guru Tentukan Masa Depan Indonesia - Analisis - www.indonesiana.id
x

Budi Susanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Januari 2020

Rabu, 11 Maret 2020 14:06 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Kapasitas Guru Tentukan Masa Depan Indonesia


    Dibaca : 2.355 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Guru itu salah satu unsur utama pembentuk kapasitas diri sumber daya manusia (SDM) Indonesia untuk masa depannya.

    Guru berkualitas maka bakal lahirkan murid-murid Indonesia yang hebat.

    Hebat karakternya.

    Hebat moralnya.

    Hebat intelektualitasnya.

    Hebat kreativitas dan inovasinya.

    Hebat pada waktu mendatang. Kelak.

    Maka kapasitas guru dalam mengajar dan mendidik murid sangat menentukan. Jadi orang tua di sekolah yang mengarahkan; membimbing; anaknya --murid--  jadi sosok manusia unggul. Yang berkualitas. Sama seperti orang tuanya di sekolah, guru, bahkan mungkin lebih berkualitas.

    Itu jadi seperti hukum alam lingkungan pendidikan.

    Dan soal guru berkualitas, supaya cetak orang-orang Indonesia yang hebat, bukan hanya mimpi bagi Mendikbud Nadiem Makarim.

    Menteri Nadiem kiranya tidak ingin hadirnya banyak guru berkualitas 'menguap' begitu saja. Harus nyata terwujud. Meskipun tidak dalam waktu dekat. Waktu yang sangat cepat.

    Namun tampaknya Menteri Nadiem telah menunjukkan sikap yang jelas berupaya menciptakan Guru berkualitas. Merancang strategi menghadirkan banyak guru berkualitas di Tanah Air.

    Lagi-lagi supaya juga banyak bermunculan manusia-manusia Indonesia berkualitas di masa depan.

    Dan mencetak banyak guru berkualtas tidak mudah. Perlu rumusan. Perlu pola. Perlu metodologi yang tepat tentang mendidik serta mengajar. Sehingga pengajaran, cara mendidik, mengarahkan, membimbing, menuntun, para murid tidak salah sasaran.

    Dan Menteri Nadiem sepertinya memahami itu. Bukan perkara gampang menciptakan banyak guru berkualitas. Metodenya harus ada. Maka, perlu membekali para guru supaya jadi lebih hebat. Membekali para guru dengan konsep dan metodologi. Supaya jadi guru berkualitas.

    Dan lagi juga, perlu menggaet banyak pihak, kolaborasi dengan para praktisi pelatihan bagaimana mencetak guru berkualitas. Ya jelas, supaya metode melatihnya tidak salah. Tentu yang memahami konsep dan merumuskan untuk membekali para guru supaya berkualitas dalam mendidik dan mengajar.

    Itulah yang kini dilakukan Menteri Nadiem. Membekali para guru agar mereka berkualitas. Ini adalah keberpihakan. Keberpihakan Menteri Nadiem kepada guru. Bahwa profesi mereka menentukan nasib Indonesia di masa depan. Kualitas Indonesia juga ada pada gurunya. Gurunya berkualitas atau tidak.

    Menteri Nadiem juga tidak beretorika soal guru berkualitas. Yang kerap disuarakan berbagai kalangan. Kini Menteri Nadiem mengimplementasikannya. Untuk masa depan Indonesia cemerlang. Berkualitas.*

    Ikuti tulisan menarik Budi Susanto lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.