Event Wonderful Sail To Indonesia 2019 Sebagai Pengembangan Nautical Tourism di Indonesia

Sabtu, 11 April 2020 06:26 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Nautical tourism merupakan bagian dari marine tourism, jenis pariwisata ini menggabungkan kegiatan sailing (berlayar) dan boating (berperahu) di lautan dengan aktivitas berlibur. Akomodasi yang bisa digunakan dalam nautical tourism adalah yacht,cruise ship, boat, kayak boat, dan jet ski. Contoh nautical tourism yang paling sering dinikmati wisatawan adalah berlayar menggunakan kapal pesiar, baik dalam waktu singkat seperti makan malam di kapal pesiar atau melakukan pelayaran dengan rute panjang yang bisa memakan waktu berhari-hari sampai berbulan-bulan. Jenis pariwisata nautical masih tergolong asing dan kurang populer di Indonesia. Padahal Indonesia adalah sebuah negara maritim yang memiliki potensi wisata bahari. Salah satu upaya yang dilakukan oleh  Kementrian Pariwisata Indonesia untuk meningkatkan nautical tourism di Indonesia adalah dengan mengadakan event Internasional, yaitu Wonderful Sail to Indonesia yang diadakan sejak tahun 2009. Kementria Pariwisata bekerja sama dengan Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman untuk melaksanakan kegiatan ini.

Wonderful Sail to Indonesia adalah event yang meyatukan kegiatan yachting dengan aktivitas wisata di destinasi-destinasi wisata yang menjadi jalur lintas pelayaran. Pada tahun 2019, event ini diselenggarakan pada tanggal 22—17 Juli, pelayaran pertama dimulai dari Pulau Kei di Provinsi Maluku Tenggara. Event ini menggunakan sebanyak 5 buah kapal dan diikuti oleh 135 yachter dunia yang berasal dari 12 negara yang berbeda yaitu, Indonesia, Jerman, Belanda, Britania Raya, Kanada, Prancis, Inggris, Amerika Serikat, Swedia, Norwegia, Spanyol, dan Selandia Baru. Acara dibuka oleh Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun di Pelabuhan Ohoi Debut. Di sana para yachter disambut dengan Acara Rinin dan Toar Taroman kemudian dilanjutkan dengan penampilan berbagai tarian khas Maluku Tenggara yang dibawakan oleh masyarakat lokal, seperti Tari Kipas, Tari Burung Talang, Tari Panah, dll. Selain acara penyambutan terdapat juga penyampaian materi berupa informasi mengenai pelayanan kebijakan yang berkaitan dengan pelayaran yacht di Indonesia, seperti regulasi AIS (Automatic Identification System), izin tinggal, dan batasan waktu tinggal kapal wisata (yacht).

Event Wonderful Sail To Indonesia memiliki segmentasi pasar yang sangat jelas, yaitu para yachter internasional. Sangat terlihat bahwa acara ini menargetkan wisatawan mancanegara. Kelebihan dari segmentasi pasar ini adalah telah terdapat komunitas yang terbentuk dan tertarik mengikuti event ini. Para yachter internasional sudah memiliki keahlian dan ketertarikan pada kegiatan yachting, tentu mereka akan mencari lokasi yang menarik untuk berlayar. Walaupun telah memiliki segmentasi pasar yang jelas, promosi harus tetap dilakukan. Berbagai cara dilakukan Kementrian Pariwisata untuk memperkenalkan event ini, seperti membuat e-poster, membuat video, dan jingle Wonderful Sail To Indonesia in Debut Maluku.

Dampak dari Wonderful Sail To Indonesia dapat dibagi menjadi dua, yaitu dampak langsung dan dampak jangka panjang. Event ini dapat dikategorikan ke dalam MICE karena terdapat acara convention yang mempertemukan para yachter.  Kemudian seluruh kegiatan dan kebutuhan peserta selama mengikuti event ini telah diatur dan disediakan oleh panitia acara, seperti akomodasi, konsumsi, transportasi, dan atraksi wisata. Event tersebut membawa multiplier effect terhadap komponen-komponen yang mendukung berlangsungnya acara, seperti meningkatkan okupansi hotel/homestay tempat peserta menginap,  perusahaan rental kendaraan, perusahaan catering, dan meningkatkan pendapatan masyarakat lokal yang bekerja di sektor pariwisata. Hal-hal tersebut merupakan dampak langsung yang dapat dirasakan dari kegiatan Wonderful Sail To Indonesia. Kemudian dampak jangka panjangnya adalah para peserta yang merasa puas dengan event akan memberikan citra yang baik terhadap destinasi. Citra yang baik tersebut dapat mereka sebarkan kepada orang-orang di negara asal mereka sehingga menjadi media promosi yang menguntungkan bagi destinasi wisata. Promosi yang dilakukan peserta Wonderful Sail To Indonesia dapat menjadi testimoni yang menarik wisatawan mancanegara dan meningkatkan kunjungan wisman ke destinasi.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Nanda Farah

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua