x

Iklan

Axel Leonardo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 April 2020

Jumat, 15 Mei 2020 07:27 WIB

Tamat SMA, Pilih Kuliah atau Kerja?


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Masa-masa selama menjalani Sekolah Menengah Atas (SMA) merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan bagi hampir setiap orang. Nongkrong, hangout, dan bermain seolah-olah menjadi kegiatan wajib yang dilakukan bersama teman-teman. Ditambah lagi cerita romantis yang ikut mewarnai membuat masa SMA menjadi salah satu kenangan terindah. Namun, segala sesuatu yang dimulai pasti akan berakhir, begitu juga dengan masa SMA.

Berakhirnya masa SMA menimbulkan dilema bagi para siswa untuk memilih antara kuliah atau kerja. Pilihan yang tidak mudah membuat siswa yang lulus terkadang merasa takut dan cemas dalam memilih langkah yang tepat ke depannya. Satu hal yang perlu diingat adalah keduanya merupakan pilihan yang sama baiknya, tidak ada pilihan yang benar atau salah. Mari kita bahas satu per satu.

Kuliah

Secara umum, kuliah merupakan sarana untuk mendalami bidang yang siswa minati melalui jurusan yang dipilih. Beberapa bidang yang cukup populer antara lain adalah teknik, akuntansi, matematika, bisnis, manajemen, dan masih banyak lainnya. Bidang-bidang ini tidak hanya menarik untuk didalami, tetapi juga memiliki prospek yang cerah untuk masa depan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

woman wearing blue denim jacket holding book

Manfaat Kuliah

Selain yang disebutkan di atas, tentunya masih banyak manfaat yang didapatkan jika Anda memilih untuk berkuliah, antara lain:

  • Mengembangkan soft skill

    Kuliah dapat menjadi sarana untuk mengembangkan keterampilan lunak (soft skill). Dengan banyaknya tugas dan kegiatan yang dilakukan selama kuliah, tentunya kemampuan untuk dapat membagi waktu (time management) akan sangat diperlukan. Selain itu, kemampuan berkomunikasi dan berbicara depan umum (public speaking) juga akan ikut terasah mengingat banyaknya interaksi dengan orang lain serta tugas kuliah yang mengharuskan kita untuk melakukan presentasi.

  • Memperluas koneksi

    Selain belajar, kuliah dapat menjadi tempat untuk Anda berkenalan dengan banyak orang. Mulai dari teman satu kelas, teman satu jurusan, adik tingkat, kakak tingkat, teman organisasi, hingga dosen sekali pun dapat memperluas koneksi Anda. Koneksi dengan orang-orang yang ditemui di perkuliahan tidak hanya membantu kehidupan perkuliahan Anda, tetapi juga akan membantu kehidupan Anda ke depannya. Semakin banyak koneksi, semakin baik, bukan?

  • Jenjang karir yang lebih tinggi

    Melanjutkan SMA menuju jenjang kuliah tentunya menawarkan jenjang karir yang lebih tinggi. Anda akan dipandang sebagai seseorang yang memiliki kemampuan yang lebih spesifik dibandingkan orang lain di mata calon perusahaan Anda nanti. Semakin ahli Anda dalam suatu bidang, pastinya karir yang Anda memiliki akan semakin tinggi. Semakin tinggi karir Anda, tentunya penghasilan Anda akan semakin besar sehingga Anda dapat menjalani kehidupan yang Anda inginkan.

Menentukan Bidang/Jurusan dan Tempat yang Tepat

Setelah mengetahui manfaat-manfaat dari kuliah, hal yang perlu dipertimbangkan adalah bidang/jurusan serta universitas yang akan Anda pilih. Bidang yang Anda pilih sangat disarankan adalah bidang yang benar-benar Anda sukai. Mempelajari sesuatu yang disukai tentunya akan jauh lebih mudah untuk diserap ilmunya. Namun, jangan khawatir apabila Anda belum mengetahui bidang yang Anda suka karena sebagian besar mahasiswa yang sudah lulus saja masih belum mengetahui bidang yang disukainya. Apabila Anda sama sekali tidak ada bayangan tentang bidang yang akan diambil, paling tidak ambil bidang yang memiliki prospek kerja yang baik ke depannya.

Untuk pilihan tempat, terdapat berbagai macam pilihan, perguruan tinggi umum, perguruan tinggi kedinasan, sekolah tinggi, dan masih banyak lainnya. Penentuan tempat dapat disesuaikan dengan tujuan Anda ke depannya. Misalkan jika Anda ingin lebih mudah untuk mendapat pekerjaan setelah lulus dengan biaya pendidikan yang murah, Anda dapat memilih perguruan tinggi kedinasan.

Dalam memilih perguruan tinggi kedinasan, terdapat beberapa macam pilihan favorit, misalnya seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN), atau pun Insititut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Proses seleksi terdiri dari beberapa tahap, mulai dari administrasi, seleksi kompetensi, hingga seleksi lanjutan.

Untuk mempersiapkan tahap seleksi kompetensi, Anda dapat mempersiapkan secara mandiri atau menggunakan jasa bimbingan belajar (bimbel) khusus untuk perguruan tinggi kedinasan. Seiring berkembangnya teknologi, sekarang sudah ada bimbingan belajar secara daring. Terdapat banyak fitur untuk melatih kompetensi Anda, seperti modul, try out, e-book, video, dan masih banyak lainnya. Untuk berita selengkapnya mengenai perguruan tinggi kedinasan, Anda dapat lihat di sini.

Kerja

Memilih langsung bekerja setelah tamat SMA merupakan suatu opsi yang menarik. Langsung terjun ke dunia nyata di usia yang muda akan membuat Anda memiliki pengalaman yang lebih berharga dibanding teman-teman seusia Anda.

person walking holding brown leather bag

Manfaat Kerja

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai manfaat dari langsung bekerja setelah lulus SMA, mari simak pembahasan berikut.

  • Memiliki penghasilan sendiri

    Meskipun mencari penghasilan belum tentu menjadi motivasi utama dibalik alasan orang bekerja, namun setiap orang yang bekerja pasti membutuhkan uang. Dengan bekerja, pastinya Anda akan memiliki penghasilan Anda sendiri yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari, membeli barang yang Anda inginkan, atau bisa ditabung untuk simpanan masa depan. Teman-teman Anda yang melanjutkan kuliah mungkin masih belum dapat memiliki penghasilannya sendiri.

  • Tidak lagi membebani orang tua

    Berkaitan dengan poin sebelumnya, dengan memiliki penghasilan sendiri tentunya Anda akan mandiri secara finansial, yang berarti Anda tidak lagi menjadi beban tanggungan orang tua Anda. Hal tersebut akan memberikan suatu kebanggaan tersendiri pada diri Anda, bahwa akhirnya Anda mampu hidup dengan kerja keras Anda sendiri.

Memilih Posisi di Perusahaan yang Tepat

Setelah mengetahui manfaat-manfaat yang didapat dengan langsung bekerja, hal yang perlu dipertimbangkan adalah posisi pekerjaan serta perusahaan yang akan Anda lamar. Dalam memilih posisi, pada kenyataannya pilihan yang tersedia tidaklah banyak karena tingkat pendidikan Anda yang masih terbatas. Jadi, selama posisi tersebut Anda rasa cukup sesuai dengan Anda, tidak ada salahnya untuk mengambil posisi tersebut.

Untuk pilihan perusahaan, di sini Anda masih dapat memiliki pilihan yang cukup bervariasi. Sebagai saran, pilihlah perusahaan yang memiliki nilai-nilai yang Anda hargai atau kagumi, karena dengan begitu Anda akan lebih bersemangat untuk bekerja. Pilih juga perusahaan yang bergerak di industri yang sedang berkembang, karena dengan begitu Anda akan berkembang dengan lebih cepat.

Saran berdasarkan Pengalaman Penulis

Berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, jika tidak terkendala finansial, maka sangat disarankan bagi Anda untuk berkuliah terlebih dahulu. Namun jika posisi Anda adalah seseorang yang memerlukan uang untuk membantu kehidupan keluarga, maka sebaiknya Anda langsung bekerja.

Kuliah memberikan pengalaman tidak ternilai yang Anda tidak akan didapatkan di tempat kerja. Mulai dari ilmu yang didapat di kelas, berbagai macam kegiatan yang dapat diikuti hingga mengenal berbagai macam jenis orang. Kuliah juga membantu saya untuk melatih dan membentuk pola pikir (mindset) yang matang.

Namun, sekali lagi diingatkan bahwa tidak ada pilihan yang benar atau salah antara keduanya. Apa pun langkah yang Anda ambil, yakinlah bahwa langkah tersebut adalah langkah terbaik yang diberikan oleh Sang Pencipta, dan berikanlah yang terbaik yang Anda bisa dalam segala hal yang Anda lakukan. 

Ikuti tulisan menarik Axel Leonardo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB