x

ilustr: medium

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 17 Mei 2020 07:36 WIB

Kewirausahaan Sosial [1] Apa itu Kewirausahaan Sosial?

Tentang Kewirausahaan Sosial bagian pertama

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kewirausahaan sosial adalah tentang mengenali masalah sosial dan mencapai perubahan sosial dengan menggunakan prinsip, proses, dan operasi kewirausahaan. Ini semua tentang membuat penelitian untuk sepenuhnya mendefinisikan masalah sosial tertentu dan kemudian mengorganisir, menciptakan dan mengelola usaha sosial untuk mencapai perubahan yang diinginkan. Perubahan itu mungkin atau mungkin tidak termasuk penghapusan masalah sosial secara menyeluruh. Ini mungkin merupakan proses seumur hidup yang berfokus pada peningkatan keadaan yang ada.

Sementara kewirausahaan bisnis dan umum berarti memimpin untuk membuka bisnis baru atau mendiversifikasi bisnis yang ada, kewirausahaan sosial terutama berfokus pada penciptaan modal sosial tanpa mengukur kinerja dalam laba atau pengembalian dalam bentuk uang. Wirausahawan di bidang ini terkait dengan sektor dan organisasi nirlaba. Tetapi ini tidak menghilangkan kebutuhan menghasilkan laba. Bagaimanapun wirausahawan membutuhkan modal untuk melanjutkan proses dan membawa perubahan positif di masyarakat.

Seiring dengan masalah sosial, kewirausahaan sosial juga berfokus pada masalah lingkungan. Yayasan hak anak, pabrik untuk pengolahan produk limbah dan yayasan pemberdayaan perempuan adalah beberapa contoh usaha sosial. Wirausahawan sosial dapat menjadi individu yang terkait dengan organisasi nirlaba dan non-pemerintah yang mengumpulkan dana melalui acara dan kegiatan komunitas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di dunia modern, ada beberapa wirausahawan sosial terkenal yang telah berkontribusi banyak terhadap masyarakat. Pendiri dan manajer Grameen Bank, Muhammad Yunus adalah wirausahawan sosial kontemporer yang telah dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian untuk usahanya pada tahun 2006. Usaha ini terus berkembang dan memberi manfaat bagi sebagian besar masyarakat.

Rang De adalah contoh cemerlang dari perusahaan sosial nirlaba. Didirikan pada tahun 2008 oleh Ramakrishna dan Smita Ram, ini adalah platform online dari mana orang miskin pedesaan dan perkotaan di India dapat mengakses kredit mikro dengan tingkat bunga serendah 2 persen per tahun. Pemberi pinjaman dari seluruh negara dapat secara langsung meminjamkan uang kepada peminjam, melacak investasi, dan menerima pembayaran secara online.

The George Foundation adalah satu lagi perusahaan sosial yang diakui secara nasional. Program pemberdayaan perempuan menciptakan kesadaran di kalangan perempuan dengan memberikan mereka pendidikan, pelatihan kejuruan, pertanian koperasi, pengembangan bisnis dan perencanaan tabungan. Dengan menggunakan prinsip-prinsip kewirausahaan sosial, organisasi-organisasi ini mengatasi masalah sosial dan membawa perubahan positif di masyarakat.

Ada beberapa organisasi lain yang dianggap sebagai pembuat perubahan positif di masyarakat. Echoing Green, The Canadian Social Entrepreneurship Foundation, Schwab Foundation for Social Entrepreneurship, The Skoll Foundation, NIKA Water Company, Newman’s Own and Ashoka: Inovators for the Public adalah organisasi yang bertujuan membawa perubahan sosial dan terus meningkatkan kondisi yang ada di masyarakat. .

Bidang kewirausahaan sosial berkembang pesat dan menarik perhatian banyak sukarelawan. Sekarang sudah menjadi istilah umum di kampus universitas. Alasan di balik meningkatnya popularitas produk ini adalah bahwa individu dapat melakukan apa yang telah lama mereka pikirkan. Orang-orang luar biasa menempatkan ide-ide cemerlang mereka dan membawa perubahan dalam masyarakat melawan segala rintangan.

***
Solo, Sabtu, 16 Mei 2020. 9:28 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler