x

Bagian dalam makam

Iklan

KHOIRUNNISA RIZKI S S

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Mei 2020

Jumat, 22 Mei 2020 12:29 WIB

Keberhasilan Pengelolaan Wisata Pada Makam Aulia Gunungpring

Keberhasilan suatu pengelolaan wisata menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang hendak berkunjung

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saat ini ziarah kubur telah berkembang menjadi suatu kegiatan pariwisata yang disebut dengan wisata ziarah. Objek wisata yang dikunjungi biasanya makam para tokoh yang berjasa atau terkenal semasa hidupnya. Makam Aulia Gunungpring salah satunya. Adalah salah satu objek wisata ziarah yang menyuguhkan nuansa religi yang kaya akan sejarah. Tepatnya terletak pada Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang

Makam Aulia Gunungpring adalah sebuah destinasi wisata religi yang sudah cukup tersohor namanya. Sebuah destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu wisatawan dalam atau luar daerah. Sistem pengelolaannya terbilang cukup maksimal dibandingkan dengan objek wisata religi di Kabupaten Magelang lainnya.

Hal tersebut menjadikan daya tarik tersendiri kepada masyarakat untuk mengunjungi situs tersebut. Terutama di Negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim ini jelas suatu situs wisata yang akan sangat menguntungkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Makam Aulia Gunungpring ini memiliki fasilitas dan pelayanan yang lengkap serta bisa memberikan kenyamanan kepada pengunjungnya. Keberhasilan suatu pengelolaan tersebut adalah peran serta dari kerjasama yang baik antar pihak.

Beberapa faktor yang menjadi keberhasilan pengelolaan pada Makam Aulia Gunungpring ini ialah dipengaruhi oleh aspek alam yaitu keberadaan makam serta kondisi lokasi dan situs tanah yang baik. Kualitas sumber daya manusia dan kepemimpinan yang memadai serta aspek sosial budaya dari riwayat tokoh yang dimakamkan.

Keberhasilan pengelolaan pada Makam Aulia Gunungpring ini dilihat dari terawatnya tempat tersebut serta kebersihan tempat. Kelayakan bangunan yang masih berdiri kokoh dan megah. Terdapat pula pusat perbelanjaan di sepanjang anak tangga menuju makam tersebut. Hal itulah yang menjadi daya tarik bagi peziarah untuk mengunjunginya. Tempat tersebut akan bertambah ramai pada bulan-bulan besar Islam, salah satunya yaitu pada bulan Muharam.

Pada kesimpulannya, sebuah objek wisata tak akan maju tanpa sistem pengelolaan yang baik. Keberhasilan suatu pengelolaan pada sebuah destinasi wisata akan membawa dampak positif bagi destinasi wisata tersebut. Terutama untuk menarik wisatawan yang hendak mellakukan kunjungan. Keberhasilan dari pengelolaan itu juga akan memberi kenyamanan terhadap pengunjungnya dan berpotensi melakukan kunjungan berulang dan menjadikannya rekomendasi kunjungan wisata religi.

Ikuti tulisan menarik KHOIRUNNISA RIZKI S S lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler