Tetap Sehat, Tetap Aman, Tetap Tenang Dengan Klaim Kolektif - Analisis - www.indonesiana.id
x

Ferguso Kubangun

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 8 Juni 2020 13:48 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Tetap Sehat, Tetap Aman, Tetap Tenang Dengan Klaim Kolektif

    Inovasi pelayanan BPJAMSOSTEK yang menarik. Membuka pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) secara kolektif.

    Dibaca : 918 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Inovasi pelayanan BPJAMSOSTEK yang menarik. Membuka pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) secara kolektif.

     

    Bagi perusahaan yang terpaksa harus melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal ke pegawainya.

     

    Dampak krisis ekonomi sebab kasus pandemi wabah virus Covid-19. Yang juga dirasakan di Indonesia.

     

    Pekerja tak lagi harus datang perorangan ke kantor BPJAMSOSTEK. Tak perlu lelah mengantri. Tak perlu repot sendirian ke sana-sini mengurus persyaratannya.

     

    Perusahaan bakal memfasilitasi pengurusannya. Seluruh pegawai yang di-PHK tinggal didata perusahaan. Sederhananya: perusahaan jadi perwakilan seluruh pegawai untuk pengurusan klaim JHT.

     

    Asal semua sesuai syarat ditentukan dan kelengkapan berkas dokumen.

     

    Apalagi sih menariknya?

     

    Ini dia; meminimalisir, memperkecil, terjadinya penularan virus Covid-19. Pelayanan kolektif yang dibuka BPJAMSOSTEK kiranya sesuai protokol kesehatan: mencegah kerumunan.

     

    Tidak bakal banyak orang berkumpul di kantor BPJAMSOSTEK. Bila terjadi lonjakan massal dari pegawai di-PHK yang ingin mengajukan proses klaim JHT.

     

    Kan cukup perwakilan perusahaan saja yang mengurusnya. Tentu dapat dibayangkan jumlahnya tidak sebanyak kalau setiap pegawai datang masing-masing mengurus sendiri klaim JHT.

     

    Jadi, pelayanan kolektif klaim JHT bukan sekadar cara efektif, mudah dan cepat. Tapi ada juga upaya menjaga kesehatan dan keselamatan diri pekerja dari tertular virus Covid-19.

     

    Itu yang patut dicermati juga.

     

    Anjuran kesehatan mencegah terinfeksi virus Covid-19 terbukti patuh diterapkan BPJAMSOSTEK. Tanpa mengurangi pelayanan terbaik hak jamnan sosial pekerja.*

    Ikuti tulisan menarik Ferguso Kubangun lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.








    Oleh: Hadirat Syukurman Gea

    3 hari lalu

    Analisis Sistem Jual-Beli Ijon pada Komoditas Mangga Berdasar Ekonomo Makro

    Dibaca : 203 kali

    Mangga merupakan salah satu komoditas buah yang digemari hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Mangga turut menyumbang perekonomian Indonesia karena menjadi komoditas yang di ekspor. Pada tahun 2015, ekspor mangga sebesar 1.515 jutatonyangsebagianbesarmerupakanjenis Mangga Gedong Gincu dan Mangga Arumanis. Kabupaten Kediri merupakan salahsatudaerahyang menjadikan mangga khususnya Mangga Podang sebagai oleh - oleh khas daerah dikarenakan banyaknya pohon mangga yang tumbuh di sekitar lereng GunungWilis.ManggaPodangkhasKediri banyak ditemukan di daerah sekitar lereng Gunung Wilis yaitu Kecamatan Banyakan, Tarokan, Grogol, Mojo, dan Semen. Semakin berkembang perekonomian suatudaerahmakasemakinberagam pula cara produsen dan konsumen melakukan jual beli.Salah satu sistem jual beli yang dilarang dalam Islam adalah jual beli yang mengandung unsur gharar. Sistem jual beli ijon adalah salah satu sistem jual beli yang mengandung unsur gharar sehingga dilarang oleh Allah SWT. Ijon berkaitan dengan perilaku produsen dan konsumen. Hal ini dapat dikaitkan dengan ekonomi mikro berupa keputusan pengusaha dan konsumen, terbentuknya harga barang atau jasa dan faktor produksi tertentu di pasar, dan alokasi sumber daya ekonomi.Penelitian ini menggunaka nmetode penelitian studi literatur. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder dengan metode pengumpulan data berupa pengumpulan sejumlah studi pustaka. Berdasarkan studi literatur terkait sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro, diperoleh hasil analisis bahwa sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro saling berhubungan. Hal ini dikarenakan ijon berkaitan langsung dengan perilaku produsen dan konsumen dan ekonomi mikro turut mengatur perilaku produsen dan konsumen. Keywords: Ijon, Komoditas Mangga,Ekonomi Mikro