x

ilustr: Equitable Growth

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 17 Juni 2020 12:01 WIB

KKM [11] Meningkatkan Akses ke Keuangan untuk Wirausahawan Muda

Tentang Akses Keuangan bagi Wirausahawan Muda

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pengembangan Kewirausahaan Kaum Muda membutuhkan dukungan dari berbagai kalangan. Terutama kebutuhan ada untuk memulai budaya Kewirausahaan Kaum Muda dan mendorong di antara kaum muda di masyarakat. Para kaum muda perlu berpikir dan bercita-cita untuk menjadi wirausahawan dan menggali potensi mereka secara maksimal. Pada tahap kedua, Kewirausahaan Kaum Muda memelihara panggilan untuk mempromosikan kesadaran dan memberikan pelatihan melalui pendidikan. Para kaum muda yang ingin mengejar bisnis mereka sendiri perlu mengasah keterampilan mereka dan meningkatkan pengetahuan mereka tentang cara memulai dan menumbuhkan perusahaan bisnis.

Memupuk Kewirausahaan Kaum Muda tidak berakhir dengan memberikan pelatihan kepada kaum muda. Perlu ada upaya berkelanjutan melalui penyediaan kerangka kerja peraturan dan sistem pendukung serta alat khusus untuk membantu membiayai usaha awal dengan menyediakan modal awal dengan biaya ekonomis. Banyak negara telah membentuk agen pendanaan khusus yang fokus pada penyediaan bantuan keuangan dalam bentuk pinjaman, subsidi, opsi pembiayaan kembali utang, dan lain-lain untuk kaum muda memulai kewirausahaannya. Di masa sekarang kita melihat pemodal ventura mencari wirausahawan muda dan cerdas dengan ide bisnis yang fantastis untuk dibiayai dan membantu mereka memulai. Pendanaan usaha bisnis baru seperti itu menjadi umum di sektor teknologi tinggi, TI, dan Layanan.

Hibah dan Subsidi

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Biasanya di berbagai negara, pendanaan Kewirausahaan Kaum Muda terjadi melalui tiga jenis mekanisme bantuan keuangan. Pilihan normal yang tersedia adalah Free Grants, Fee Money dan Debt Financing; pembiayaan ekuitas. Di negara-negara maju terdapat berbagai sistem pemberian hibah kepada wirausahawan baru untuk membantu mereka mengatasi mata pencaharian dan biaya awal untuk memulai usaha bisnis. Banyak akademisi berpendapat bahwa memberikan uang gratis atau hibah tidak membantu usaha bisnis dan mungkin menghabiskan biaya yang tidak terkait langsung dengan usaha bisnis yang ada.

The Princes Trust, Sistea de Apojo aos Jovens Empraserios [SAJE] di Italia, UK dan Portugal dan The Imprenditorialita Giovanile [IG] di Italia adalah beberapa perusahaan dan lembaga yang memberikan hibah untuk mendorong Kewirausahaan Kaum Muda. IG-Italia, memberikan hibah dan subsidi keuangan gratis kepada wirausahawan muda dalam kelompok usia 18 hingga 35 tahun untuk memulai usaha mereka sendiri. Mereka memberikan subsidi untuk menutupi hingga enam puluh persen dari kebutuhan modal awal proposal bisnis. Prince’s Trust Business Program di Inggris mendukung wirausahawan muda dengan hibah pemasaran uji coba hingga £ 1500,00. SAJE di Portugal memberikan hibah untuk menutupi lima puluh persen modal dan tambahan sepuluh persen subsidi tergantung pada wilayah spesifik tempat bisnis akan ditempatkan. Subsidi dapat berjumlah hingga € 50.000 tergantung pada setiap kasus bisnis.

Dalam semua kasus di mana hibah diberikan kepada wirausahawan muda, kondisi dan kriteria serta norma dan dokumentasi cenderung sangat tinggi dan proses seleksi sama ketat dan panjangnya. Memperoleh hibah dan subsidi gratis tidak mudah dan sangat memakan waktu. Secara umum mungkin lebih mudah bagi pengusaha untuk mencari pinjaman komersial dan opsi pendanaan lain daripada hanya bergantung pada hibah gratis.

Konseling dan Bantuan Keuangan

Ada beberapa lembaga dan organisasi nirlaba yang membantu wirausahawan muda dengan menyediakan, membimbing dan membantu mereka dengan menyiapkan proposal bisnis mereka, meneliti opsi keuangan yang tersedia dan membantu menyiapkan laporan proyek dan rekomendasi untuk membantu dengan sumber dana.

Pinjaman Lunak dan Keuangan Mikro

Di sebagian besar negara maju dan berkembang, bank dan lembaga keuangan menawarkan pinjaman lunak kepada wirausahawan muda dalam upaya untuk mengembangkan sektor baru. Pinjaman lunak untuk wirausahawan muda diberikan dengan tingkat bunga yang lebih rendah atau struktur hutang dengan cara menunda pembayaran bunga. Bank-bank juga menyetujui persyaratan agunan dan dokumentasi lainnya dalam upaya untuk menjadi lebih ramah terhadap pelanggan.

Pembiayaan Mikro telah meningkat pesat di sebagian besar negara. Organisasi pembiayaan mikro biasanya adalah perusahaan sosial seperti LSM atau Serikat Kredit dan Perwalian dengan paparan yang luas dan jaringan di daerah pedesaan yang mencakup sektor terorganisir dan informal. Wirausahawan muda merasa jauh lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman kecil tanpa banyak jaminan dan dokumentasi. Jika modal yang dibutuhkan relatif kecil, maka opsi pembiayaan mikro cocok dengan sangat baik.

Modal Ventura dan Angel Investors

Manajer Dana Swasta dan Angel Investors yang mencari peluang untuk berinvestasi telah terbangun dengan kemungkinan yang tidak terbatas untuk mendanai beberapa ide bisnis paling cemerlang dan terbaik di sektor teknologi tinggi yang akan datang seperti IT, ilmu kedokteran, bio-teknologi serta sektor lain seperti sektor jasa, R&D komersial, dan lain-lain. Perusahaan-perusahaan yang mendukung wirausahawan dan usaha bisnis pertama kali seperti Hotmail, Google, Face book dan banyak lagi perusahaan teknologi telah menuai hasil yang kaya. Setelah mencium sukses, mereka memfokuskan pada mengambil wirausahawan yang cerdas dan inovatif dan membantu mereka menginkubasi usaha bisnis mereka. Setiap wirausahawan muda dengan pengetahuan teknis yang diperlukan, ide bisnis yang cerdas dan inovatif tidak perlu mencari bank untuk keuangan, tetapi ia akan menemukan modal ventura mengetuk pintu untuk bermitra dengannya.

***
Solo, Selasa, 16 Juni 2020. 9:09 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
antologi puisi suko

 

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler