15 Fakta Menarik Mengenai Dunia Kopi, Pecinta Kopi Wajib Tahu - Analisa - www.indonesiana.id
x

Dian Pratiwi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juli 2020

Senin, 20 Juli 2020 12:32 WIB
  • Analisa
  • Berita Utama
  • 15 Fakta Menarik Mengenai Dunia Kopi, Pecinta Kopi Wajib Tahu

    Dibaca : 546 kali

    Apa yang sebenarnya diketahui orang tentang kopi? Kami ingin berbagi dengan Anda pengetahuan kami tentang fakta kopi paling menarik di dunia.

    Ada orang yang tidak dapat memulai hari tanpa secangkir kopi yang baru diseduh. Mereka sangat menyukai kopi sehingga terkadang mereka menyebut diri mereka pecandu kopi.

    Nah, minum secangkir kopi setiap hari belum tentu merupakan kebiasaan buruk. Sebaliknya, terbukti sehat, kata para ilmuwan. Kopi pagi harian Anda memberi Anda lebih banyak hal daripada sekadar pendorong energi. Ini juga terbukti melindungi kita dari diabetes tipe 2, penyakit hati dan menurunkan risiko gagal jantung. Tapi, selain kesehatan, ada fakta lebih menarik tentang kopi.

    Kopi adalah budaya

    Kembali ke masa lalu, kita telah melihat bahwa kopi bukan hanya minuman. Ini sebenarnya jauh lebih banyak. Di masa lalu, orang berkumpul di rumah-rumah untuk berbagi secangkir kopi dan bertukar informasi.

    Di Amerika Utara dan banyak negara Eropa Barat, Starbucks dan rantai kopi lainnya telah mendominasi pasar karena mereka memberikan kepada pelanggan pengalaman lengkap seputar kopi dengan menggunakan mesin kopi teknologi tinggi, dan biji kopi pilihan Starbucks berhasil menciptakan gelombang kopi ketiga.

    Kopi dan teman-teman, kopi dan pekerjaan, kopi dan makanan ringan dan kopi untuk pergi! Kopi campuran Irlandia dengan wiski dan mereka menyebutnya "kopi Irlandia". Di Italia, mesin espresso dan espresso lahir dan menjadikannya minuman favorit Italia sepanjang hari. Di Yunani, ada "kafenio", sebuah kedai kopi kuno untuk tuan-tuan tua, di mana mereka minum kopi Yunani dan bertukar ide politik atau mereka bermain kartu dan permainan papan yang disebut "tavli". Kemudian juga, di beberapa negara, seperti Kolombia atau Brasil, seluruh perekonomian berbasis kopi.

    Jadi ini membuat kami sangat penasaran untuk mengetahui fakta menarik tentang kopi sebagai komoditas itu sendiri, tetapi juga sebagai minuman.

    15 fakta menarik tentang kopi
    1. Keeempat di Dunia
    Indonesia adalah penghasil komoditas perdagangan terbesar kopi di di dunia. Mineral mentah adalah yang pertama. Ya, ini bukan kesalahan ketik. Kopi dikonsumsi dalam jumlah banyak, menjadikannya minuman yang paling dicintai ditanah air.

    2. Hawaii adalah satu-satunya negara bagian Amerika yang menanam kopi
    Kondisi penanaman kopi yang baik membutuhkan ketinggian tinggi, iklim tropis, dan tanah yang subur. Hanya ada satu negara bagian, Hawaii, yang mampu menanam kopi. Sudah menghasilkan kopi bahkan sebelum negara. (Namun, baru-baru ini, pertanian di California mulai menanam semak kopi!)

    3. Kopi ditemukan oleh penggembala kambing
    Dikatakan bahwa kopi ditemukan oleh penggembala kambing di Ethiopia pada tahun 1500-an. Dia melihat kambingnya memakan ceri kopi. Setelah itu, ia mengamati perubahan perilaku mereka. Mereka memperoleh jumlah energi yang tinggi dan mereka tidak tidur di malam hari. Sang penggembala membagikan temuannya kepada para bhikkhu setempat dan kemudian setelah mereka minum dengan biji kopi, mereka menyadari bahwa mereka bisa terjaga sepanjang malam dan berdoa. Kemudian, mereka menyebarkan berita itu kepada bhikkhu-bhikkhu Ethiopia lainnya dan menjangkau seluruh dunia yang beradab.

    4. Kopi membantu atlet Olimpiade
    Brasil tidak mampu mengirim atletnya ke Los Angeles untuk Olimpiade 1932, sehingga pemerintah memasukkan mereka ke dalam kapal yang penuh dengan kopi yang dijual dalam perjalanan untuk membiayai perjalanan mereka.

    5. Mekah melarang kopi
    Kopi dilarang di Mekah pada tahun 1511. Kopi dipercaya merangsang pemikiran radikal dan kemalasan.

    6. Tambahkan krim, hangatkan kopi Anda
    Kopi tetap hangat 20% lebih lama saat Anda menambahkan krim.

    7. Perceraian karena kopi yang mengerikan
    Dalam budaya Arab kuno, seorang wanita hanya bisa menceraikan suaminya jika dia tidak suka kopinya.

    8. "expresso" Italia
    Kata espresso berasal dari bahasa Italia dan berarti "diekspresikan" atau "dipaksa keluar". Espresso dibuat dengan memaksa air sangat panas di bawah tekanan tinggi melalui kopi yang digiling halus.

    9. Kopi adalah buah
    Biji kopi tumbuh di semak-semak. Mereka sebenarnya adalah lubang buah beri, yang membuatnya menjadi buah. Ada dua varietas utama kacang, hijau dan merah. Kopi adalah buah, fakta paling menarik tentang kopi.

    Kacang merah memiliki bau yang lebih enak dan kurang asam. Kacang merah digunakan untuk menghasilkan kopi yang lebih ringan. Semakin lama biji kopi dipanggang - semakin sehat rasanya. Kopi tanpa kafein berasal dari proses kimia di mana kafein dikeluarkan dari kacang. Kafein ini kemudian sering dijual ke Coca-Cola.

    10. Beethoven menyukai kopi
    Beethoven adalah pencinta kopi yang rajin sehingga dia menghitung 60 biji per cangkir sebelum membuatnya.

    11. Kopi paling mahal dibuat oleh kotoran kucing
    "Kopi Luwak" adalah kopi termahal di dunia. Itu berasal dari Indonesia dan terbuat dari kacang dicerna dari Asian Palm Civet. Dengan kata lain, itu berasal dari kotoran luwak. Itu dijual seharga USD350 dan lebih tinggi per kilo!

    12. Setahun minum kopi atau iPhone X?
    Seorang Amerika menghabiskan rata-rata $ 1.092 per tahun untuk kopi. Itu sekitar $ 20 seminggu. Itu juga dekat dengan harga iPhone terbaru. Orang muda umumnya menghabiskan lebih banyak untuk kopi daripada orang tua.

    13. Kopi Fairtrade meningkatkan kualitas
    Kopi Fairtrade harganya lebih mahal, tetapi petani kopi menghabiskan setidaknya 25% dari Premium Fairtrade ini untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas. Selama tiga tahun terakhir, produk kopi bersertifikasi Fairtrade telah memenangkan 28 Great Taste Awards.

    14. Ada 2 jenis kopi
    Kopi Arabika awalnya dibudidayakan di Semenanjung Arab, karena itu namanya. Kopi robusta adalah tanaman yang lebih keras tetapi mengandung kafein dua kali lipat.

    15. Eropa suka kopi
    Menurut Asosiasi Kopi Internasional, Eropa mengimpor lebih banyak kopi daripada Indonesia. Juga, Brasil adalah negara pengekspor utama kopi.


    Fakta lama, fakta baru
    Begitu banyak fakta menarik tentang kopi, tetapi fakta apa yang menjadi perhatian saat ini?

    Kecintaan terhadap semua hal yang terkait dengan kopi telah membawa perusahaan besar dan kecil ke dunia produksi dan perdagangan kopi.

    Teknologi dan peningkatan dalam industri perdagangan kopi adalah dua faktor utama yang membantu banyak perusahaan untuk bersaing dalam lingkungan perdagangan kopi yang fluktuatif.

    Budaya kopi terus berubah ketika peminum kopi mencari cara baru untuk menikmati minuman favorit mereka. Metode produksi, perdagangan, dan distribusi telah berevolusi untuk memenuhi kebutuhan baru ini, tetapi masih banyak perbaikan yang harus dilakukan. Jadi penelitian dan pengembangan kopi lebih lanjut perlu menjadi kegiatan yang sedang berlangsung ..

    Sebagai seorang pedagang kopi, Anda perlu membuat pilihan yang tepat dalam menyiapkan bisnis Anda untuk pertumbuhan dan laba yang berkelanjutan. Mengatur semua prosedur Anda dari awal pasti akan membantu Anda di masa depan. Bahkan jika Anda tidak memiliki anggaran yang cukup ketika Anda mulai dan sekarang ingin mengadopsi bisnis Anda yang ada untuk menggunakan perangkat lunak tertentu untuk menangani semua kegiatan perdagangan kopi Anda, Anda masih bisa. Tidak pernah terlambat.

    Agiblocks adalah perangkat lunak Perdagangan Komoditas dan Manajemen Risiko, yang dirancang khusus untuk mengelola transaksi perdagangan komoditas kopi. Ini dirancang untuk menjadi teman Anda untuk bisnis Anda dan membantu Anda membuat tanda dengan menambahkan "fakta menarik" Anda sendiri di industri kopi! 

    sumber: serviamo.id


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.