x

ilustr: The Irish Times

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 24 Agustus 2020 06:27 WIB

MLM [16] Menemukan dan Menjaga Pelanggan dalam MLM

Tentang hubungan dengan pelanggan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Multi Level Marketing adalah konsep yang sangat menarik yang membuat penjualan menjadi sangat mudah. Fakta bahwa setiap orang dapat bergabung dengan bisnis pemasaran jaringan dan memperoleh penghasilan yang besar dengan menjual produk tanpa investasi atau risiko apa pun menjadikannya proposisi bisnis yang paling menarik bagi orang-orang.

Perusahaan MLM menghabiskan banyak uang dan tenaga untuk menyediakan literatur produk dan materi promosi kepada distributor untuk membantu mereka menjual produk. Selain itu, mereka juga berinvestasi untuk melatih distributor dan membekali mereka tidak hanya dengan pengetahuan produk tetapi juga dalam melatih mereka tentang proses penjualan.

Proses penjualan dalam bisnis MLM melibatkan perekrutan dan pembangunan jaringan distributor. Ketika setiap distributor bergabung dengan jaringan dan membeli produk untuk digunakan, Anda mulai mencatat penjualan secara otomatis. Namun penting juga bagi setiap distributor untuk fokus menjual produk secara langsung melalui penjualan eceran selain juga berfokus pada membangun jaringan distributor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meskipun Anda telah menjalani pelatihan ekstensif tentang seluruh proses penjualan yang melibatkan pencarian calon pelanggan, kualifikasi, pendekatan, presentasi, tindak lanjut, klarifikasi, dan penutupan penjualan, Anda akan menjadi ahli dalam penjualan dan komunikasi. Menjual tidak berakhir di sini.

Berbagi dan Menjual

Anda juga harus menjual produk secara langsung selain distributor Anda yang membeli produk melalui Anda. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk melihat setiap peluang yang Anda dapatkan setiap hari untuk dapat melakukan penjualan. Sepanjang hari Anda akan bertemu orang yang berbeda di tempat yang berbeda. Percakapan Anda dengan setiap individu memberi Anda kesempatan untuk membicarakan produk yang Anda jual dan menemukan peluang untuk menjual produk yang sama. Pada titik ini, penting bagi Anda untuk mengingat dan mempelajari cara berbicara tentang produk dan tidak perlu menelepon penjualan langsung.

Misalnya, jika Anda seorang distributor Amway, Anda dapat berbicara tentang kualitas pencucian dan penghematan deterjen yang dapat Anda capai dengan bantuan produk Amway. Ketika Anda berbicara tentang pengalaman dan tabungan Anda, pasti akan menarik perhatian kolega atau teman Anda yang ada di sekitar.

Jika Anda kebetulan mewakili Tupperware, membicarakan tentang dapur Anda atau menggunakan Tupperware sebagai ide hadiah bisa mendapatkan banyak perhatian. Dalam semua situasi ini, akan membantu untuk membagikan pengalaman dan informasi Anda sehingga orang lain menemukan nilai di dalamnya dan mereka dapat melihat bahwa itu berhasil.

Pengetahuan Produk

Sebelum Anda mulai berbagi informasi atau mulai membuat presentasi kepada orang-orang, penting untuk meluangkan waktu untuk melengkapi diri Anda dengan pengetahuan produk. Anda akan dapat berbicara dengan percaya diri dan meyakinkan ketika Anda dapat memberikan detail spesifik produk serta menjelaskan bagaimana kegunaannya. Semakin banyak Anda mengetahui tentang produk tersebut, semakin Anda cenderung percaya pada produk tersebut dan menjadi mudah untuk menjualnya ketika keyakinan Anda terhadap apa yang Anda jual sangat tinggi.

Layanan dan Perawatan Pelanggan

Faktor lain yang membantu Anda menjadi sukses dalam bisnis MLM Anda adalah sikap Anda terhadap layanan pelanggan. Kunci untuk membangun bisnis yang sukses adalah dengan percaya bahwa pelanggan adalah raja dan menjadikan pelanggan Anda, mitra terpenting Anda. Keyakinan ini berlaku untuk semua bisnis dan lebih lagi untuk bisnis pemasaran Jaringan.

Sebagian besar bisnis pemasaran jaringan yang terlibat menjual produk yang kemungkinan memiliki persyaratan berulang dari pelanggan yang sama. Oleh karena itu, sekali pelanggan, akan selalu menjadi pelanggan tetap. Apa yang membantu Anda mendapatkan bisnis yang berulang dari pelanggan yang sama bukan hanya kualitas produk dan kepuasan produk, tetapi layanan pelanggan Anda juga membantu membangun loyalitas pelanggan dan membawa bisnis yang berulang.

Anda dapat memberikan layanan pelanggan terbaik dengan berusaha lebih keras untuk pelanggan Anda dan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan positif. Meninggalkan nomor kontak dan detail Anda, menyediakan layanan pribadi, mengingat pelanggan dengan nama dan tetap berhubungan dengan pelanggan secara teratur dan memberi mereka layanan nilai tambah dll dapat sangat membantu dalam meraih penjualan berulang.

***
Solo, Minggu, 23 Agustus 2020. 1:12 pm
'salam sukses penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu