Ilmu Ekonomi Mikro dan Ilmu Ekonomi Makro, Apa Sih Perbedaannya? - Analisis - www.indonesiana.id
x

Anas Muzaki

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Juli 2020

Sabtu, 26 Desember 2020 06:18 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Ilmu Ekonomi Mikro dan Ilmu Ekonomi Makro, Apa Sih Perbedaannya?

    Kita seringkali mendengar istilah ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro, tapi apa sih sebenarnya ilmu ekonomi mikro dan makro itu? lalu apa saja perbedaan diantara keduanya? Penasaran? Simak pembahasannya di artikel ini.

    Dibaca : 961 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Ilmu Ekonomi mikro dan ekonomi makro, keduanya merupakan istilah yang sepertinya sangat sering kita dengar dalam televisi, internet, dan media massa lainnya. Kita sering mendengar kedua istilah tersebut tetapi banyak diantara kita yang tidak tahu menahu mengenai kedua istilah tersebut, banyak yang masih bertanya-tanya apa itu ilmu ekonomi mikro dan ekonomi makro, apakah keduanya berbeda, dan apabila berbeda lalu apa saja perbedaannya.

     

    Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan hal yang wajar mengingat tidak semua orang mendapat pelajaran ekonomi disaat sekolah, jika mendapatkannya pun tidak semuanya masih ingat atau memahaminya ketika dahulu mendapatkan pelajaran tersebut.

     

    Oleh karena itu pada kali ini saya akan membahas mengenai ilmu ekonomi mikro dan ekonomi makro serta menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas yang seringkali terlontar ketika mendengar kedua istilah tersebut.

     

    Ilmu Ekonomi Mikro

    Dikutip dari Pendidikanpedia, singkatnya ilmu ekonomi mikro adalah ilmu yang mengkaji aktivitas perekonomian dalam ruang lingkup yang kecil seperti lingkup individu, rumah tangga, dan perusahaan.

     

    Ilmu ekonomi mikro menganalisis berbagai perilaku dan faktor-faktor yang bisa memengaruhi tingkat permintaan serta penawaran barang dan jasa, yang mana nantinya tingkat permintaan barang dan jasa di suatu pasar lah yang akan memutuskan harga di pasar tersebut.

     

    Membahas tentang perkara yang timbul di sebuah pasar, harga komoditas dan perusahaan adalah beberapa contoh kajian dalam ilmu ekonomi mikro.

     

    Ilmu Ekonomi Makro

    Secara singkat, ilmu ekonomi makro adalah ilmu yang mengkaji tentang seluruh aktivitas ekonomi dalam ruang lingkup luas yang bersifat menyeluruh dan tidak berfokus pada aktivitas ekonomi yang didalamnya terdapat banyak unit-unit kecil perekonomian. 

     

    Ilmu ekonomi makro mengkaji tentang perubahan-perubahan ekonomi yang dapat memberikan pengaruh pada kegiatan ekonomi perusahaan, rumah tangga dan pasar.

     

    Beberapa contoh perkara yang terjadi di dalam ekonomi makro dan dikaji di dalam ilmu ekonomi makro adalah inflasi, pngganguran, deflasi, perkembangan ekonomi, kemiskinan, dan hutang luar negeri.

     

    Apakah Keduanya Berbeda?

    Tentu saja berbeda bukan, setelah membaca penjelasan singkat mengenai ilmu ekonomi mikro dan ekonomi makro tentu Anda dapat mengetahui bahwa keduanya berbeda dan memiliki perbedaan yang membedakan antara keduanya.

     

    Lalu apa saja perbedaannya?

     

    Perbedaan Ilmu Ekonomi Mikro dan Ilmu Ekonomi Makro

    Sebenarnya ilmu ekonomi mikro dan makro sama-sama mengkaji mengenai ekonomi, namun keduanya mengkaji dari sudut pandang yang berbeda. Dimana ilmu ekonomi makro berfokus mengkaji ekonomi dalam perspektif umum di tingkat nasional dan global sementara ekonomi mikro berfokus pada perspektif individu, rumah tangga, dan produsen, di tingkat konsumen dan produsen.

     

    Meski penawaran dan permintaan berlaku untuk kedua skala ekonomi di atas, akan tetapi ekonomi mikro didasarkan pada tren produsen dan konsumen, sementara pada ekonomi makro didasarkan serta berfokus pada siklus-siklus ekonomi, seperti siklus bisnis dan siklus utang jangka pendek dan jangka panjang.

     

    Penutup

    Demikian penjelasan singkat mengenai ilmu ekonomi mikro dan makro serta pembahasan mengenai perbedaan yang ada di antara keduanya, semoga bisa bermanfaat dan sedikit menambah pengetahuan kita.

     

    Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam artikel ini baik kesalahan penulisan atau materi yang diberikan, sekian dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

    Ikuti tulisan menarik Anas Muzaki lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.