Cara Mengatasi Kekecewaan Agar Tidak Membuat Anda 'Down' - Analisa - www.indonesiana.id
x

ilustr: ACR

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 2 Januari 2021 15:09 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Cara Mengatasi Kekecewaan Agar Tidak Membuat Anda 'Down'

    Kita semua pernah menghadapi kekecewaan dalam hidup. Mungkin saat mengatasi akhir suatu hubungan, proyek kerja yang tak sesuai rencana, atau penyesalan dalam kehidupan pribadi kita. Mempelajari cara menangani kekecewaan dan mengatasi perasaan yang muncul penting dalam membantu kita menjalani kehidupan yang positif dan memuaskan.

    Dibaca : 1.010 kali

    Kita semua menghadapi kekecewaan dalam hidup kita dalam beberapa cara atau lainnya, apakah itu mengatasi akhir suatu hubungan, proyek kerja yang tidak sesuai rencana, atau perasaan penyesalan dalam kehidupan pribadi kita.

    Mempelajari cara menangani kekecewaan dan mengatasi perasaan yang diakibatkannya sangat penting dalam membantu kita menjalani kehidupan yang positif dan memuaskan.

    Kami akan membahas kiat-kiat terbaik kami dalam hal mengatasi kekecewaan dan melanjutkan hidup.

    Beberapa cara berikut sangat penting untuk menghadapi kekecewaan besar, sementara yang lain ideal untuk mengatasi sedikit kekecewaan, dan beberapa efektif dalam kedua situasi.

    Meratapi

    Meskipun kita mungkin menyukai gagasan untuk terjun ke gaya hidup baru langsung setelah sesuatu mengecewakan kita, penting untuk diingat bahwa berduka adalah bagian penting dalam memproses peristiwa.

    Tidak perlu ada kematian bagi kita untuk berduka, itu bisa berarti kehilangan sesuatu.

    Kehilangan pekerjaan, putus cinta, atau berselisih dengan teman bisa sangat menyakitkan.

    Anda masih mengalami semacam kehilangan, serta perubahan besar dalam hidup Anda, dan Anda perlu waktu untuk mengatasinya sebelum Anda dapat memulai dengan move on.

    Daripada terburu-buru untuk merasa lebih baik begitu sesuatu yang negatif terjadi, luangkan waktu untuk memprosesnya dan komunikasikan sepenuhnya kepada diri Anda sendiri.

    Kekecewaan bisa timbul, seperti putusnya hubungan selama beberapa minggu, atau bisa tiba-tiba dan mengejutkan.

    Apa pun itu, Anda perlu memberi diri Anda waktu untuk memahami apa yang sedang atau telah terjadi.

    Biarkan diri Anda merasakan sesuatu yang negatif dan temukan cara untuk melabelinya - “Hari ini saya merasa kesal karena…,” “Sekarang saya merasa marah tentang…,” “Saya merasa cemburu pada…”

    Ini benar-benar alami, perilaku yang sehat.

    Dengan melabeli perasaan kita, kita bisa perlahan mulai memprosesnya dan menjauhkan diri dari perasaan itu. Ini membantu kita melangkah ke tahap berikutnya dalam mengatasi kekecewaan.

    Karena itu, tidak ada gunanya berkubang terlalu lama dan terus memikirkan perasaan dan pikiran buruk.

    Beri diri Anda waktu untuk mengatasi gelombang awal perasaan (kemarahan, frustrasi, kesedihan, dan lain-lain) sebelum Anda melanjutkan.

    Ini akan menempatkan Anda pada ruang kepala yang jauh lebih baik untuk menerapkan mekanisme penanggulangan jangka panjang tersebut.

    Merasionalisasikan

    Pikirkan tentang apa yang sebenarnya terjadi. Saat Anda berada di saat ini, hal-hal kecil bisa terasa seperti masalah besar.

    Cobalah untuk mundur selangkah dan bersikap realistis dengan diri sendiri. Inilah sebabnya mengapa merangkul perasaan intens itu pada awalnya adalah ide yang bagus.

    Pada saat Anda sudah selesai menangis dan meluapkan amarah, Anda dapat mulai melihat berbagai hal dengan lebih rasional.

    Catat apa yang sebenarnya terjadi - fakta, kutipan, apa pun itu yang akan membantu Anda mengingat peristiwa sebenarnya.

    Lihat kembali ini dengan kepala yang lebih jernih dan mulailah memprosesnya lagi.

    Tanpa perasaan yang melekat, apakah yang terjadi begitu buruk?

    Mungkin Anda masih kesal, dan kita punya banyak cara untuk mengatasi perasaan ini.

    Mungkin Anda menyadari bahwa Anda tidak perlu terus bereaksi dengan emosi yang begitu kuat lagi.

    Ingatkan diri Anda bahwa meskipun perilaku Anda mungkin wajar, namun tidak terlalu sehat untuk memanjakan diri Anda terlalu lama.

    Bicaralah

    Berbicara tentang apa yang Anda rasakan adalah salah satu cara terbaik untuk menghadapi banyak hal dalam hidup, dan mengatasi kekecewaan juga demikian.

    Pastikan Anda memercayai siapa pun yang Anda ajak bicara - kami sarankan untuk tidak memercayai rekan kerja tentang perasaan Anda yang lebih dalam kecuali Anda sangat mengenal mereka, terutama jika itu menyangkut aspek pekerjaan apa pun.

    Jika Anda berjuang untuk melupakan kekecewaan karena sesuatu yang telah Anda kerjakan dengan keras, sangat mudah untuk menyerang dan menyalahkan orang lain.

    Daripada melakukan ini, bicarakan dengan orang lain tentang perasaan Anda karena ini akan sangat membantu Anda memprosesnya.

    Kehilangan atau mengalami penurunan persahabatan bisa sangat menjengkelkan. Kekecewaan yang muncul darinya bisa sangat mentah, itulah mengapa membicarakannya dapat membantu Anda melanjutkan hidup.

    Praktikkan Syukur dan Perhatian

    Lakukan meditasi - ini dapat membantu menenangkan pikiran Anda saat Anda merasa stres.

    Kekecewaan dapat memicu banyak emosi yang berbeda, termasuk stres, jadi penting untuk mengatasi perasaan sekunder ini juga.

    Luangkan waktu untuk melatih kesadaran. Cara Anda memproses situasi dapat membuat perbedaan besar yang membuat Anda merasa kecewa atau kecewa.

    Kali ini membantu Anda membumi dan hadir, berhenti sejenak untuk merenungkan apa yang masih Anda miliki dalam hidup, bahkan jika Anda merasa kesal karena ketiadaan sesuatu atau orang lain.

    Bersyukur adalah sesuatu yang banyak dari kita cepat abaikan - kita tahu bahwa kita beruntung memiliki atap di atas kepala dan makanan untuk dimakan.

    Tapi bagaimana dengan yang lainnya?

    Latih pikiran Anda untuk masuk lebih dalam dan menjelajahi hal-hal hebat lainnya dalam hidup Anda, seperti orang yang Anda cintai dan bakat apa pun yang Anda miliki, serta hal-hal seperti kesehatan, kecerdasan, dan kasih sayang Anda.

    Dengan mempersiapkan diri untuk bersyukur dan sadar diri, Anda akan merasa lebih nyaman, stabil, dan percaya diri dalam hidup dan pilihan Anda.

    Artinya, jika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana lagi di masa depan, Anda sudah tahu bahwa Anda berada dalam situasi yang fantastis dan tidak akan merasa begitu putus asa.

    Hanya karena satu aspek kehidupan Anda tidak seperti yang Anda inginkan, bukan berarti Anda tidak bisa tetap fokus pada betapa baiknya segala hal lainnya.

    Dengan menempatkan diri Anda dengan cara ini, kemungkinan besar Anda akan menghadapi kekecewaan di masa depan dengan cepat dan sehat, membantu Anda melanjutkan hidup dengan cara yang positif.

    Jadilah Aktif

    Beberapa aspek dari daftar ini benar-benar difokuskan pada kesehatan mental dan perhatian penuh. Kami menyarankan mekanisme penanganan ini untuk semua orang, tentu saja, tetapi kami tahu bahwa orang bereaksi terhadap sesuatu secara berbeda.

    Jika Anda belum menemukan apa pun dari daftar ini yang benar-benar sesuai dengan Anda, mungkin pikiran Anda bekerja dengan cara yang sedikit berbeda.

    Menjadi aktif adalah bentuk perhatian yang luar biasa, terutama bagi mereka yang cenderung menyimpang dari apa yang mereka anggap sebagai pengobatan 'hippie' dan membenci pemikiran bermeditasi di ruang yang diterangi cahaya lilin.

    Menjaga tubuh Anda dalam kondisi yang baik adalah kunci untuk semua jenis kesehatan, tetapi bergerak dan terlibat dengan tubuh Anda begitu, sangat hebat dalam menghadapi trauma emosional.

    Kesehatan mental Anda akan meningkat pesat saat Anda mulai memasukkan olahraga ke dalam kehidupan sehari-hari.

    Menambahkan olahraga ke gaya hidup Anda sangat bermanfaat dalam menghadapi kekecewaan. Anda menemukan kembali kekuatan Anda sendiri, yang dapat dengan mudah dilupakan saat Anda kehilangan pekerjaan atau mengakhiri hubungan.

    Kita kehilangan banyak diri selama hidup kita - pekerjaan, hubungan, persahabatan - banyak di antaranya bisa sangat beracun.

    Dengan berolahraga, kita berhubungan kembali dengan tubuh kita dan ingat bahwa kita mampu.

    Kita mungkin belum menjadi pengangkat kekuatan (belum), tetapi kita bisa melakukan banyak hal.

    Kita mungkin bukan pelari cepat, tetapi tubuh kita bisa bergerak dan membawa kita.

    Kita mungkin bukan pesenam, tetapi kita bisa melatih tubuh kita melalui yoga dan pilates.

    Semakin banyak kita menemukan potensi fisik kita, semakin baik kesehatan mental kita, dan itu termasuk mampu mengatasi kekecewaan, kesedihan, dan kesedihan dengan lebih baik.

    Terlebih lagi, olahraga memberi kita dorongan hormon perasaan-senang alami dopamin dan serotonin. Pukulan ini membantu meringankan depresi emosional langsung dari kekecewaan.

    Lakukan Perubahan Fisik

    Sekali lagi, kita dapat membicarakan semua yang kita suka tentang perhatian dalam arti 'spiritual', tetapi beberapa orang membutuhkan sesuatu yang lebih fisik untuk merasa bahwa segala sesuatunya benar-benar berubah.

    Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih solid, lakukan perubahan fisik. Dengan melakukan sesuatu yang Anda lihat terjadi, Anda akan mulai merasa memegang kendali lagi.

    Jika meditasi tidak berhasil untuk Anda, ubah sesuatu yang dapat Anda saksikan; sesuatu yang menyentuh.

    Tata ulang tempat tinggal Anda, potong rambut, dapatkan tindikan baru, atau beli sepatu baru.

    Ini mungkin tidak tampak seperti mekanisme penanggulangan yang bagus pada awalnya, tetapi ada beberapa ilmu di balik itu semua.

    Dengan mengubah sesuatu yang dapat Anda sentuh dan lihat secara fisik, Anda diingatkan bahwa Anda memiliki kendali atas beberapa hal.

    Dengan mengingat kembali kekuatan yang Anda miliki ini, Anda akan mulai mengubah pola pikir Anda.

    Mengendalikan

    Ingatlah bahwa, terlepas dari apa yang mungkin terasa, Anda mengendalikan bagaimana Anda bereaksi. Mungkin perlu beberapa saat untuk mencapainya, tetapi Anda dapat memilih cara Anda menghadapi setiap hari.

    Kami tahu bahwa tidak realistis bagi kami untuk menyarankan agar Anda memulai setiap hari dengan perasaan sangat positif dan siap untuk melanjutkan hidup, jadi jujurlah pada diri sendiri dan hargai apa pun yang Anda rasakan saat ini.

    'Momen' adalah kata kuncinya - tidak apa-apa untuk merasa sedih ketika Anda diingatkan akan sesuatu yang membuat Anda kesal, tetapi jangan mengubah lima menit kesedihan menjadi satu hari penuh kehancuran.

    Ingatkan diri Anda bahwa Anda memiliki kekuatan untuk mengubah pola pikir Anda. Semakin sedikit waktu yang Anda berikan untuk diri Anda sendiri setiap hari, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan secara keseluruhan.

    Temukan cara untuk mengalihkan perhatian Anda, apakah itu menghabiskan waktu bersama teman, menonton film lama, atau pergi ke gym.

    Cobalah berbagai cara untuk memberdayakan diri Anda dan Anda akan segera mulai mengatasi kesulitan yang Anda hadapi.

    Praktikkan Perawatan Diri

    Bersikaplah tangguh tetapi lembut. Seperti yang kami katakan, ingatlah bahwa Anda memiliki kendali atas emosi Anda, tetapi baiklah kepada diri sendiri juga.

    Membuat pikiran dan tubuh Anda bekerja dengan menghidupkan kembali apa pun yang terjadi yang membuat Anda merasa sangat buruk hanya akan memperburuk keadaan.

    Semakin stres Anda, semakin buruk situasi ini, dan semakin lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengatasinya.

    Cobalah untuk menjaga tingkat stres Anda serendah mungkin. Meskipun baik untuk mengalihkan perhatian dan tetap sibuk, jangan berlebihan.

    Di antara berlatih yoga dan mengikuti kelas komunitas baru, luangkan waktu untuk bersantai.

    Mandi lebih banyak, baca sebelum tidur, manjakan diri Anda dengan teh herbal dan kue pagi.

    Anda berhak merasa nyaman dengan diri sendiri, dan seluruh proses ini akan sangat merugikan harga diri Anda.

    Dengan memberi hadiah kepada diri sendiri dengan cara-cara kecil setiap hari, baik itu menonton film atau membeli bunga untuk diri sendiri, Anda akan benar-benar mulai kembali menjaga diri dan menunjukkan cinta pada diri sendiri.

    Hal ini tidak hanya akan membuat Anda merasa lebih baik saat ini, tetapi juga akan membantu Anda menghadapi apa pun di masa mendatang karena Anda akan meningkatkan kepercayaan diri dan belajar cara mencintai diri sendiri lagi.

    Cari Bantuan Profesional

    Tentu saja, pada titik tertentu, mencari bantuan profesional adalah ide yang bagus.

    Kami dapat menawarkan banyak nasihat, tetapi bagi sebagian orang, diperlukan dukungan lebih lanjut.

    Jika keadaan terasa berat atau Anda kesulitan untuk melanjutkan hidup lama setelah sesuatu terjadi, ada baiknya mengunjungi dokter Anda.

    Mereka akan dapat memberi tahu Anda tentang cara terbaik untuk mengatasi dan mengatasi apa pun yang terjadi dalam hidup Anda.

    Mungkin Anda memerlukan bantuan untuk menyesuaikan kembali kadar hormon Anda, misalnya, karena ketidakseimbangan benar-benar dapat merusak emosi Anda.

    Mereka mungkin merujuk Anda ke konseling atau menyarankan cara untuk membantu Anda bersantai dan rileks, termasuk cara untuk meningkatkan tingkat tidur Anda, yang seharusnya benar-benar memberi Anda dorongan untuk melanjutkan hidup.

    Menemukan strategi yang cocok untuk Anda adalah kunci dari keseluruhan proses ini, secara alami.

    Mungkin perlu beberapa saat untuk menemukan mekanisme penanggulangan yang sesuai untuk Anda, tetapi Anda hanya akan sampai ke sana melalui uji coba dan kesalahan.

    Cobalah melakukan berbagai hal dan pantau terus apa yang membuat Anda merasa lebih baik dan apa yang tampaknya tidak banyak mengubah suasana hati Anda. Kemudian lanjutkan dengan yang berhasil dan singkirkan yang tidak berhasil.

    ***
    Solo, Jumat, 1 Januari 2021. 2:47 pm
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.