Manfaat Audit Manajemen untuk Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah - Analisa - www.indonesiana.id
x

Pelaksanaan remote audit ditengah pandemi Covid-19

Kiki Agilia Agustin 099

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Januari 2021

Minggu, 17 Januari 2021 07:05 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Manfaat Audit Manajemen untuk Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah

    Saya Kiki Agilia Agustin dari Universitas Muhammadiyah Malang. Bersama ini saya mengirimkan artikel yang berjudul "Manfaat Audit Manajemen untuk Meningkatkan Kinerja Usaha Kecil Mikro dan Menengah" untuk dimuat. Tulisan ini sebagai ungkapan akan pentingnya UMKM sebagai Pusat bisnis dan Perekonomian Negara kita. Mudah - mudahan Redaksi berkenan untuk memuat tulisan ini. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih

    Dibaca : 533 kali

    Usaha kecil dan menengah (UKM) mempunyai peran yang sangat signifikan dalam mendukung perkembangan perekonomian sebuah negara. Sebagai contoh, di negara-negara Uni Eropa, UKM berjumlah sekitar 23 juta unit dan berkontribusi dalam menyumbangkan 75 juta lapangan kerja. Ini mencerminkan 99% lapangan kerja dari sektor industri di negara-negara tersebut (European Commission, 2009).

    Begitu pula di Indonesia Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mencapai 64 juta. Angka tersebut mencapai 99,9 persen dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa UMKM adalah usaha yang paling besar dan sangat peting bagi perekonomian Indonesia sehingga kinerja UMKM harus ditingkatkan untuk keberlangsungan dan kesejahteraan usaha.

    Untuk mengingkatkan kinerja UMKM di Indonesia salah satu langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan audit manajemen pada UMKM agar pemilik usaha dapat lebih mengetahui kekurangan dan kelebihan kinerja Manajemen dari usaha yang sudah berjalan. Usaha kecil dan menengah (UKM) mempunyai peran yang sangat signifikan dalam mendukung perkembangan perekonomian sebuah negara.

    Sebagai contoh, di negara-negara Uni Eropa, UKM berjumlah sekitar 23 juta unit dan berkontribusi dalam menyumbangkan 75 juta lapangan kerja yang mencerminkan 99% lapangan kerja dari sektor industri di negara-negara tersebut (European Commission, 2009). Begitu pula di Indonesia Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mencapai 64 juta. Angka tersebut mencapai 99,9 persen dari keseluruhan usaha yang beroperasi di Indonesia.

    Ini menunjukkan bahwa UMKM adalah usaha yang paling besar dan sangat peting bagi perekonomian Indonesia sehingga kinerja UMKM harus ditingkatkan untuk keberlangsungan dan kesejahteraan usaha untuk mengingkatkan kinerja UMKM di Indonesia salah satu langkah yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan Audit Manajemen pada UMKM agar pemilik usaha dapat lebih mengetahui kekurangan dan kelebihan kinerja Manajemen dari usaha yang sudah berjalan. 

    Berikut adalah Tujuan dan Manfaat dilakukannya Audit Manajemen bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Menurut Ahli :Siagian (2001) mengatakan bahwa kalangan manajemen menunjukkan sambutan terhadap perkembangan audit manajemen karena jika digunakan dengan tepat maka audit manajemen bisa memberi manfaat yang besar yaitu :

    1. Memungkinkan manajemen mengidentifikasikan kegiatan operasional dalam usaha yang tidak memberikan kontribusi dalam perolehan keuntungan.

    2. Membantu manajemen dalam peningkatan produktifitas kerja dari berbagai komponen organisasi.

    3. Memungkinkan manajemen mengidentifikasi hambatan dan kendala yang dihadapi dalam mengkoordinasikan berbagai kegiatan dan mengambil langkah strategis untuk mengatasi dan menghilangkannya.

    4. Memantapkan penerapan pendekatan kesisteman dalam menjalankan roda organisasi.

    5. Memungkinkan manajemen pada berbagai tingkat menentukan strategi yang tepat.

    6. Membantu manajemen merumuskan pedoman teknis operasional bagi para pelaksana berbagai kegiatan dalam perusahaan yang akan membantu para tenaga kerja operasional melakukan kegiatan masing-masing dengan tingkat efisiensi dan efektifitas yang lebih tinggi.

    7. Mengidentifikasikan dengan tepat berbagai masalah dan tantangan yang dihadapi dalam manajemen sumber daya manusia.

    8. Membantu manajemen menilai perilaku bawahan dalam menyediakan informasi bagi pimpinan sesuai dengan kebutuhan pimpinan pada berbagai hierarki perusahaan.Apabila audit manajemen dilakukan secara berkala maka audit manajemen bisa menunjukkan masalah ketika masalah tersebut masih berskala kecil. Dengan demikian audit manajemen merupakan alat manajemen yang membantu manajemen dalam mencapai tujuan karena tindakan korektif dapat dilakukan untuk pemecahan masalah apabila ditemukan inefisiensi dan inefektifitas.

    Manfaat dari Audit Manajemen ialah:

    • Mengevaluasi tujuan, kebijakan, sasaran, peraturan, prosedur dari struktur organisasi yang belum ditentukan sebelumnya.

    • Mengevaluasi kriteria pengukuran pencapaian tujuan organisasi dan penilaian prestasi manajemen.

    • Secara independen dan objektif menilai prestasi individual dan kegiatan unit organisasi tertentu.

    • Menilai efisiensi, efektivitas dan kehematan sistem perencanaan dan pengendalian manajemen.

    • Menemukan/mengidentifikasi masalah organisasi yang timbul dan jika mungkin menentukan penyebabnya.

    • Menilai/menyakini reliabilitas dan manfaat berbagai laporan pengendalian manajemen.Demikianlah pembahasan mengenai Manfaat Audit Manajemen untuk Meningkatkan Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua, terima kasih banyak.

    Penulis : Kiki Agilia Agustin



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.