x

Iklan

Ahmad Ansori

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 November 2020

Jumat, 22 Januari 2021 18:28 WIB

Pengertian Cryptocurrency yang Perlu Anda Tahu

Jka dilihat dari sisi bahasa maka Cryptocurrency berarti mata uang rahasia. Sebab crypto maknanya rahasia dan currency ialah mata uang. Cryptocurrency ialah mata uang yang berupa digital dan memiliki sifat rahasia. Lalu bagaimanakah Cryptocurrency dapat dipeorleh dan digunakan? Yuk cari tahu diartikel ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kemungkinan antara anda ada yang pernah mendengar atau melakukan transaksi dengan memakai Bitcoin.

Bitcoin tersebut adalah jenis cryptocurrency. Lalu apa sebetulnya yang dimaksud dengan cryptocurrency ?

Cryptocurrency terbagi dalam kata crypto dan currency, jadi jika dilihat dari sisi bahasa maka ini berarti mata uang rahasia. Sebab crypto maknanya rahasia dan currency ialah mata uang. Makna ini sedikit serupa dengan pemahaman dari sisi istilahnya, yakni: mata uang yang memiliki sifat digital dan rahasia. Jadi cryptocurrency ialah mata uang yang berupa digital (digital/virtual currency) dan memiliki sifat rahasia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sudah pasti karena berupa digital jadi tidak ada wujud fisiknya, terkecuali anda buat sendiri dari emas atau logam lain dengan nilai sama. Tapi meskipun tidak berupa fisik, mata uang ini masih memiliki nilai, sebab bisa dipakai selaku alat pembayaran, contoh dipakai untuk beli netbook atau handphone dari Apple memakai bitcoin.

Cryptocurrency pertama yang dibikin ialah Bitcoin, karena itu Bitcoin yang terpopuler dimana saja. Bitcoin dibikin seorang "Anonymous" namanya Satoshi Nakamoto. Sesudah Bitcoin tampil, pada akhirnya tampil coin-coin yang lain disebutkan Altcoin (Alternatife Coin), Seperti Litecoin dan Dogecoin.

Karakter yang membandingkan Cryptocurrency dengan uang biasa ialah karakternya terdesentralisasi dan rahasia. Terdesentralisasi maknanya mata uang ini tidak ditata oleh orang/organisasi tertentu, terhitung pembikinnya sendiri. Jadi harga dapat turun naik, menjadi sangat mahal dan dapat kebalikannya turun mencolok jadi benar-benar murah.

Cryptocurrency memiliki sifat rahasia, sebab namanya Crypto. Cryptocurrency memakai sistem kriptografi untuk mengamankan dan merahasiakan transaksi bisnis. Harus dipahami jika banyak penjahat di Deepweb yang berbisnis memakai Cryptocurrency karena FBI juga tidak tahu seorang lakukan transaksi bisnis dengan pihak mana saja untuk bayar suatu hal, bila memakai Cryptocurrency.

Langkah alami memperoleh Cryptocurrency yakni menambang dengan komputer, tetapi arti menambangnya bukan bermakna mengeruk sesuatu. Langkah komputer menambang yakni dengan menyelesaikan transaksi bisnis dari pemakai lain. Jadi seperti anda mengurusi transaksi bisnis seseorang, selanjutnya dibayar. Tapi langkah ini sangatlah boros duit, boros ongkos listrik dan harus memakai komputer bagus supaya tidak cepat hancur digunakan menambang

Selain menambang, ada puluhan langkah lain memperoleh Crypto media. 

Demikian informasi tentang Pengertian Cryptocurrency yang Perlu Anda Tahu, semoga bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Ahmad Ansori lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler