Perkembangan Teknologi bagi Kehidupan Manusia (Bunga Rampai Esai) - Analisa - www.indonesiana.id
x

Agatha Marcella

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 Februari 2021

Kamis, 18 Februari 2021 06:03 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Perkembangan Teknologi bagi Kehidupan Manusia (Bunga Rampai Esai)


    Dibaca : 816 kali

     

    KATA PENGANTAR

     

    Puji dan Syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME atas Rahmat dan Karunia-Nya sehingga kami dapat menyusun dan menyelesaikan makalah dengan judul “Perkembangan Teknologi Bagi Kehidupan Manusia” dengan tepat waktu. Makalah ini berisikan kumpulan esai yang dibuat secara individu oleh mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan sebagai bentuk pemenuhan tugas akhir Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia.

    Kami juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pengajar Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia, Topik Mulyana, S.S., M. Hum. yang telah memberikan tugas ini sehingga para penulis dapat menambah wawasan dan pengetahuan seputar teknologi serta mengasah kemampuan menulis para penulis. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan selama pembuatan makalah ini.

    Penulis menyadari bahwa bunga rampai esai ini masih sangat jauh dari kata sempurna dikarenakan terbatasnya pengetahuan dan pengalaman penulis. Maka dari itu, segala bentuk kritik dan saran dari para pembaca akan diterima dengan senang hati oleh para penulis demi kesempurnaan bunga rampai esai ini. Akhir kata, penulis berharap agar bunga rampai esai ini dapat memberikan manfaat bagi perkembangan di dunia pendidikan. 



    Bandung, 28 Januari 2021



    Kelompok 2



    DAFTAR ISI

    Matematika: Fondasi Dasar Perkembangan Teknologi
    Agatha Marcella - Matematika 
    Internet of Things: Perkembangan Teknologi yang Tidak Bisa Dipisahkan dari Kehidupan Manusia
    Elaine Andriana Hosni - Teknik Informatika 
    Teknologi Informasi sebagai Jembatan Diplomasi Indonesia dengan Negara Lain
    Gabriela - Hubungan Internasional 
    Peran Financial Technology Bagi Perekonomian
    Fatih Fadillah - Administrasi Bisnis 
    Kontribusi Matematika dalam Perkembangan Teknologi
    Leonardo Alindra Mauliate – Matematika 
    Perkembangan Teknologi Sangat Membantu Pebisnis
    Zilham Ilman Fahman – Manajemen 




    Matematika: Fondasi Dasar Perkembangan Teknologi

    Agatha Marcella - Matematika

     

    Teknologi diciptakan untuk kemudahan hidup manusia. Teknologi tidak terbatas pada benda-benda berwujud seperti mesin atau alat, namun juga meliputi benda tak berwujud seperti teknologi virtual dan perangkat lunak. Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Perkembangan teknologi semakin pesat sejak era revolusi industri, ditandai dengan penemuan mesin uap untuk proses produksi barang dan mulai tergantikannya tenaga manusia dan hewan dalam melakukan pekerjaan. Pada abad ke-20, penemuan tenaga listrik menggantikan tenaga uap dan produksi massal barang seperti mobil dapat terwujudkan, disertai dengan kemajuan teknologi di bidang militer dan penemuan DNA menjadi dasar teknologi vaksin. Arus informasi berkembang cepat sejak internet diperkenalkan, dan muncul inovasi lain dalam kehidupan sehari-hari, seperti kulkas dan microwave.

    Teknologi terus berkembang seiring perkembangan zaman untuk membantu problematika hidup manusia yang juga semakin kompleks dan beragam. Kini, manusia memasuki era dimana ada kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang hampir dapat menggantikan manusia sepenuhnya. Kedokteran bergantung pada teknologi, dan internet diandalkan untuk perekonomian dan banyak hal lainnya. Terobosan teknologi dalam berbagai bidang seperti mikro-elektronika, bioteknologi, telekomunikasi, komputer, internet, dan robotik telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif dapat digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, yang mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. 

    Dalam pesatnya perkembangan teknologi, dibutuhkan ilmu dasar yaitu matematika, yang merupakan salah satu cabang ilmu tertua. Matematika adalah ilmu tentang deskripsi, demonstrasi, dan penghitungan. Matematika mencakup berbagai disiplin seperti geometri, yang menjelaskan panjang, bidang, dan sudut; aritmetika, atau teori bilangan; mekanika, yang menjelaskan gerak suatu benda di bawah pengaruh sistem gaya tertentu; dan stokastisitas, yang menjelaskan fenomena acak. Matematika tidak hanya berhubungan dengan angka, namun juga mengajarkan cara berpikir secara konseptual dan sejalan dengan logika.

    Matematika muncul sejak awal peradaban manusia. Seiring perkembangan zaman, matematika mengalami perkembangan dan muncul penerapan-penerapan yang baru pada berbagai bidang ilmu lain. Matematika memberikan ketrampilan yang tinggi dalam hal daya abstraksi, analisis permasalahan, dan penalaran logika, sehingga menjadi ilmu dasar yang sangat diperlukan untuk landasan bagi perkembangan teknologi modern.

    Kemajuan teknologi berjalan seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan, salah satunya matematika yang menjadi fondasi dasar perkembangan teknologi. Perkembangan pesat dalam bidang teknologi didasari oleh ilmu matematika yang juga berkembang pesat. Salah satu disiplin ilmu yaitu logika matematika digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman, struktur data, kecerdasan buatan, sistem digital, basis data, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, dan jaringan saraf tiruan. Secara spesifik dalam teknologi komputer, matematika menjadi dasar pengembangan dan penentuan bit dalam komputer, serta dasar penerapan dan pengembangan pemrograman jaringan. Penggunaan matematika lainnya sebagai dasar teknologi komputer yaitu algoritma yang merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah, seperti untuk menghemat ukuran data dalam pemrograman komputer. Bahasa pemrograman menggunakan bilangan biner yaitu 1 dan 0, dan menggunakan sistemnya menggunakan operasi aljabar matematika. Berbagai aplikasi dan program di komputer juga tidak lepas dari penerapan aplikasi matematika, diantaranya adalah operasi aljabar boolean, teori graf, matematika diskrit, logika simbolik, peluang dan statistika. 

    Cabang matematika lainnya yang dibutuhkan dalam teknologi yaitu teori informasi yang merupakan bagian dari matematika terapan berkaitan dengan kuantitasi data sehingga data atau informasi dapat disimpan dan dikirimkan tanpa kesalahan melalui suatu kanal komunikasi. Ada pula statistika yang diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan, dan gerbang logika yang merupakan dasar pembentukan sistem digital. Pada teknologi mesin, dibutuhkan aplikasi induksi matematika seperti dalam mesin ATM, penjumlahan seri, teori himpunan, permutasi dan kombinasi, batasan dan kontinuitas, persamaan diferensial, aljabar linier, regresi linier, deret waktu, nomor indeks dan teori keputusan, teori komputasi dan automata, dan kalkulus integral hingga. Pada bidang kedokteran, berbagai teknologi seperti teknologi pendeteksi, vaksin hingga obat-obatan juga membutuhkan matematika. Begitu pula dengan inovasi-inovasi baru seperti teknologi nano dan 3D printing untuk medis.

    Matematika berkontribusi besar dalam membangun dan mengembangkan teknologi. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, banyak terjadi perubahan positif dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, matematika sebagai fondasi dasar perkembangan teknologi juga harus terus berkembang agar tercipta dunia teknologi dan kemajuan-kemajuan di dalamnya. 

    DAFTAR PUSTAKA

     

    Ahmad, A. (2012). Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi: akar revolusi dan berbagai standarnya. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 137 – 149. https://media.neliti.com/media/publications/77415-ID-perkembangan-teknologi-komunikasi-dan-in.pdf

    Danur, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal AMIK JTC, 15(2), 116-123. http://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/178/155

    Sudradjat. (2010). Peranan matematika dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. diambil dari http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2010/08/ peranan_ matematika_dlm_perkembangan_iptek.pdf

    Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2014). Teknologi dan kehidupan masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi, 3, https://doi.org/10.20961/jas.v3i1.17444




    Internet of Things: Perkembangan Teknologi yang Tidak Bisa Dipisahkan dari Kehidupan Manusia

    Elaine Andriana Hosni - Teknik Informatika

     

    Banyak orang mengira bahwa teknologi adalah hal-hal yang berbau komputer atau handphone saja. Hanya saja, pemikiran seperti ini kurang tepat. Teknologi sebenarnya telah berkembang sejak zaman batu. Pada zaman pra-sejarah ini, teknologi hanyalah berupa peralatan-peralatan sederhana yang terbuat dari batu dan digunakan untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari. Teknologi terus dikembangkan oleh manusia dari masa ke masa guna mempermudah dan juga menunjang kehidupan manusia (Kompas, 2020). Pada Abad ke-20, hampir setiap negara berusaha memajukan teknologi militernya untuk kepentingan sipil dan juga terdapat inovasi-inovasi peralatan rumah tangga, seperti kulkas dan microwave. Di akhir abad ke-20, internet mulai diperkenalkan untuk kepentingan sipil dan komersial, serta arus informasi pun menjadi sangat cepat terutama setelah dikembangkannya telepon genggam. Abad ke-21 sering disebut juga sebagai abad digital karena masifnya digitalisasi dalam segala aspek kehidupan manusia. Contohnya, pada bidang bisnis, teknologi dimanfaatkan untuk membuat aplikasi online business yang memberikan kemudahan bagi para pembisnis untuk menjangkau konsumen secara luas. 

    Teknologi terus dikembangkan dari tahun ke tahun, era ke era dengan tujuan untuk memudahkan kehidupan manusia, tetapi juga untuk membuat manusia nyaman menggunakan teknologi. Saat pertama kali handphone dibuat pada tahun 1973, ukurannya sangatlah besar dan berat (Putri, 2020). Tentunya, orang-orang merasa tidak nyaman karena handphone tersebut tidak mudah untuk dibawa. Serta, handphone zaman dulu hanya bisa digunakan untuk menelpon saja. Tidak seperti sekarang, dimana handphone sangatlah tipis dan ringan sehingga mudah untuk dibawa-bawa. Selain tipis dan ringan, handphone zaman sekarang dapat digunakan tidak hanya untuk menelpon saja, tetapi juga untuk chatting, video calling, menonton, bermain game, dan mendengarkan lagu. Zaman sekarang, sering kali orang menggunakan aplikasi pada handphone untuk mendengarkan lagu. Akan tetapi, pada zaman dahulu, untuk mendengarkan lagu diperlukan sebuah alat yang disebut Walkman dan rekaman lagu yang akan didengarkan disimpan dalam bentuk kaset. Oleh karena itu, handphone pada masa kini dapat disebut juga sebagai smartphone atau telepon genggam pintar. Komputer dulunya sebesar ruangan dan hanya dapat melakukan beberapa tugas yang ringan saja seperti mengetik dokumen. Tentunya komputer tidak dapat dibawa bepergian. Seiring perkembangan zaman, para ilmuwan mengembangkan komputer sehingga ukurannya tidak terlalu besar dan memiliki kemampuan yang lebih canggih dan hebat. Dibuat juga sebuah komputer yang dapat dibawa kemana-mana yang disebut sebagai laptop. 

    Seiring dengan berkembangnya teknologi, internet pun ikut berkembang (Asri, 2017). Sebab, internet menjadi kebutuhan primer bagi seluruh manusia. Dahulu, pada tahun 90-an ketika internet pertama kali dikembangkan, kecepatan internet hanya sebesar 57 Kbps saja. Sementara sekarang, kecepatan internet bisa mencapai 300 Mbps. Walau internet sudah bisa digunakan pada zaman dahulu, tetapi hanya bisa diakses dengan menggunakan komputer saja. Berbeda dengan sekarang, dengan adanya Wifi atau paket internet handphone, internet dapat diakses di mana pun. Sebelumnya, konten internet penyedianya juga terbatas. Sangat berbeda dengan masa kini, dimana konten bisa ditemukan dengan mudah di internet. Mulai dari website, youtube, blog, dll.

    Saat ini, teknologi terus berkembang secara pesat dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Setiap manusia harus mengikuti perkembangan teknologi tersebut agar tidak tertinggal. Akan tetapi, Indonesia sendiri belum dapat dikatakan sebagai negara maju karena masyarakat yang masih kurang mampu untuk menginovasi juga menggunakan teknologi. Dalam aspek transportasi, Indonesia sebagai negara berkembang, membuat kereta api cepat yang sebenarnya telah dikembangkan oleh Jepang pada tahun 1956. Hal ini mengindikasikan Indonesia masih tertinggal dalam pengembangan teknologi. Menurut Menteri Riset dan Teknologi/Badan riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro (Nasional Kontan, 2020), Indonesia belum dapat dikatakan sebagai negara maju karena daya riset terhadap teknologi yang masih kurang. Hal ini disebabkan oleh kapasitas inovasi Indonesia masih rendah dikarenakan sumber daya manusia (SDM) yang masih kurang dalam bidang teknologi (Senin, 24/2/2020).  

    Teknologi sangatlah bermanfaat dalam kehidupan manusia terutama dengan adanya pandemi seperti saat ini. Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini menyebabkan pergerakan manusia terbatas akibat social distancing (Sekretariat Daerah Kabupaten Pringsewu, 2020). Hal ini menjadikan teknologi informasi memiliki peranan penting, sekaligus menjadi solusi dalam pembatasan ini, diantaranya dalam bidang pemerintahan, pendidikan, bisnis, ekonomi, kesehatan, dll. Contohnya, aplikasi seperti gojek atau grab, membantu masyarakat untuk membeli makanan atau mengantarkan barang dan lain-lain. Aplikasi seperti itu juga menciptakan lapangan pekerjaan yang lebih luas. Sehingga, masyarakat dapat memperoleh uang tambahan dan pengangguran dalam negeri pun berkurang. Ditambah lagi, kini para siswa dan mahasiswa harus belajar dari rumah dan masyarakat lainnya pun harus bekerja dari rumah. Dengan bantuan teknologi, siswa dapat belajar dari rumah dengan menggunakan laptop. Dikembangkannya aplikasi zoom dan google meet pun membantu guru untuk menyampaikan materi kepada murid. Serta, aplikasi tersebut juga membantu pada pebisnis untuk mengkoordinasikan rapat dengan rekan kerja. 

    Dapat dilihat, teknologi memang sudah sangatlah melekat dengan manusia sejak dahulu kala. Manusia pun selalu berusaha untuk mengembangkannya demi kenyamanan pengguna juga untuk memudahkan kehidupan manusia. Serta, menjadikan hasil pengembangannya pun selalu bermanfaat dalam menunjang kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, Indonesia harus lebih mendukung serta mendorong perkembangan teknologi informasi guna memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara. 

    DAFTAR PUSTAKA

     

    Asri, R. (2017, Februari 16). Perbedaan Internet Zaman Dulu Dengan Sekarang. Diakses pada Januari 23, 2021, dari http://tipskiatberbagi.com/perbedaan-internet-zaman-dulu-dengan-sekarang

    Kompas. (2020, November 26). Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Diakses pada Januari 30, 2021, dari https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/26/152337669/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi 

    Nasional Kontan. (2020, Januari 23). Penyebab Pengembangan Riset di Indonesia Tertinggal Jauh Dari Negara Lain. Diakses pada Januari 23, 2021, dari https://nasional.kontan.co.id/news/penyebab-pengembangan-riset-di-indonesia-tertinggal-jauh-dari-negara-lain 

    Putri, D. (2020, February 6). Sekarang sih Enggak Laku, Tapi Dulu Teknologi Ini Sudah Canggih Banget. Diakses pada Januari 23, 2021, dari https://kids.grid.id/read/472014760/sekarang-sih-enggak-laku-tapi-dulu-teknologi-ini-sudah-canggih-banget-pernah-punya-yang-mana 

    Sekretariat Daerah Kabupaten Pringsewu. (2020, April 30). Teknologi Informasi Sebagai Solusi di Masa Pandemi Covid-19. Diakses pada Januari 23, 2021, dari https://setda.pringsewukab.go.id/detailpost/teknologi-informasi-sebagai-solusi-di-masa-pandemi-covid-19 

     

    Teknologi Informasi sebagai Jembatan Diplomasi Indonesia dengan Negara Lain

    Gabriela - Hubungan Internasional

     

    Diplomasi pastilah hal yang pertama kali tersirat saat mendengar kata hubungan internasional. Di Indonesia, diplomasi pertama kali terjadi pada tahun 1946 saat Sutan Sjahrir dikirim sebagai wakil indonesia pada sebuah perundingan yang juga dihadiri oleh wakil dari negara-negara lain. Diplomasi biasa dilakukan oleh negara untuk mencapai keputusan, menjalin kerja sama, atau pun menyelesaikan sebuah konflik dengan cara bernegosiasi. Diplomasi sendiri ditujukan untuk menciptakan kedamaian dunia dan memberi rasa aman serta kehidupan yang sejahtera bagi rakyatnya. Seiring perkembangan teknologi, diplomasi juga muncul dalam berbagai bentuk, salah satunya yaitu diplomasi teknologi yang menggunakan basis jaringan internet dan media digital. 

    Diplomasi teknologi biasa disebut juga dengan isilah diplomasi digital yang merupakan elemen dari diplomasi publik. Beberapa ahli mendefinisikan diplomasi digital sebagai upaya diplomasi dengan basis jaringan digital yang menggunakan instrumen digital seperti jaringan internet, perkembangan teknologi dan media sosial dalam mencapai kepentingan nasional maupun luar negeri. Walaupun terdengar asing, diplomasi digital menjalankan peran penting dan memberikan dampak yang efektif bagi sebuah negara. Banyak faktor yang mendukung penggunaan teknologi dalam penyelenggaraan praktik diplomasi, salah satunya adalah fenomena CNN effect yang menjadikan tayangan televisi sebagai wadah yang menampung rasa ingin tahu masyarakat terhadap dunia luar. Melalui media, teknologi juga dapat dimanfaatkan dalam menghadapi isu penting seperti isu pertahanan nasional, konflik militer, dan intervensi kemanusiaan. Pertukaran teknologi melalui mesin-mesin, alat pembangunan dan infrastruktur antara dua negara atau lebih juga dapat mengeratkan hubungan yang sudah dijalin oleh kedua negara.

     Penggunaan teknologi dalam politik internasional memang memberikan kesan yang lebih modern dan maju, juga mempermudah beberapa aspek yang berkaitan dengan media digital. Meskipun begitu pemanfaatan teknologi pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Diplomasi digital dapat menjaga reputasi antara dua negara karena memberikan komukasi dua arah yang efektif. Selain itu, media digital seperti internet, twitter, facebook, whatsapp, instagram, telegram, dan platform lainnya dapat dijadikan sebagai tempat penyebaran informasi resmi atau promosi antar negara, hal seperti ini biasa disebut dengan istilah e-diplomacy atau cyber diplomacy. Teknologi digital juga memungkinkan pertemuan yang biasa dilakukan langsung secara tatap muka dilangsungkan secara virtual, biasanya disebut dengan virtual embassy. Meskipun begitu, pelaksanaan virtual embassy atau e-diplomacy mengurangi peran dan fungsi para Duta Besar dan para diplomat sebagai wakil negara dan mengacu pada penghapusan Kedutaan Besar di masa depan. Majunya teknologi digital juga memungkinkan terjadinya perang dingin, memunculkan gerakan yang berbau radikal dan memunculkan isu SARA (Rasisme) akibat pengaruh media. 

    Menilai dari perkembangan teknologi digital di Indonesia, negara kita ini mungkin belum terlalu siap untuk terlibat lebih dalam terkait pelaksanaan diplomasi digital, namun Indonesia sangat mendukung kemajuan dan perkembangan diplomasi digital ke depannya. Hal ini dibuktikan saat Indonesia menjadi tuan rumah bagi konferensi Regional Conference on Digital Diplomacy (RCDD) pada tahun 2019 yang dihadiri 10 negara ASEAN dan 6 negara wilayah Asia Pasifik. Konferensi ini melahirkan kesepakatan The Jakarta Message yang mengakui pentingnya Diplomasi digital dan komitmen negara-negara Asia untuk membangun kerja sama dalam diplomasi digital. Selain itu, Diplomasi digital juga dapat dijadikan sebagai cara untuk melindungi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di luar negeri. Diplomasi digital tidak hanya memberikan dampak di bidang politik melainkan juga di bidang ekonomi, sosial-budaya, pertahanan nasional, dan bidang lainnya.

    Diplomasi digital sendiri memberikan Indonesia banyak manfaat. Menurut Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, diplomasi digital memberikan kurang lebih empat manfaat bagi Indonesia. Pertama, diplomasi digital dapat dijadika wadah untuk menyebar pesan-pesan perdamaian. Kedua, melalui diplomasi digital, sektor ekonomi di suatu negara juga dapat mengalami kemajuan. Negara dapat menjadikan diplomasi digital sebagai alat untuk menguatkan kerja sama bilateral maupun multilateral. Selain itu, diplomasi digital juga memberikan manfaat bagi warga negara, berupa perlindungan Hak Asasi Manusia. Terakhir, Retno menyebutkan bahwa diplomasi digital dapat mengembangkan pembangunan di negara kita ini.

    Memajukan sebuah negara memang banyak sekali tantangannya, apalagi yang berhubungan langsung dengan politik negara.  Perkembangan teknologi digital dapat membawa kita ke arah perubahan yang lebih baik, namun perkembangan ini juga perlu diseimbangkan terutama perihal peran manusia dan teknologi. Ada kalanya peran manusia dapat digantikan dengan teknologi, tetapi ada juga kegiatan yang masih memerlukan kehadiran langsung seperti negosiasi dan lobi-melobi. Globalisasi juga harus terus disaring agar kita dapat menjadi pengguna media digital yang aktif dan tidak mudah termakan informasi palsu. Terakhir, diperlukan penataan pola pikir negara maupun masyarakat agar perkembangan teknologi dapat lebih dirasakan lagi dampaknya. 

     

    DAFTAR PUSTAKA

     

    Dea Widiarini, A. (2019). Menlu Retno: Ini Manfaat Diplomasi Digital bagi Indonesia. KOMPAS.com. https://internasional.kompas.com/read/2019/09/11/17591231/ menlu-retno-ini-manfaat-diplomasi-digital-bagi-indonesia.

    Developer, T. (2020). Diplomasi Digital. Deuscode Studio. https://deuscode.co.id/blog/view/diplomasi-digital.

    Dwikardana, S., Peneliti, K., Djelantik, S., Triwibowo, A., Ip, S., Valerisha, A., Si, M., Martha, J., & Pol, M. (2017). Transformasi Strategi Diplomasi di Era Digital: Identifikasi Postur Diplomasi Digital di Indonesia. http://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/4719/lpdsc189_Sapta%20Dwikardana_Transformasi%20strategi%20diplomasi-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y.

    KEMLU RI. (2018). Rcdd Forum Pertama Diplomasi Digital Di Kawasan Yang Digagas Indonesia. Kemlu.go.id. https://kemlu.go.id/portal/id/read/575/berita/rcdd-forum-pertama-diplomasi-digital-di-kawasan-yang-digagas-indonesia.

    Mufida, H. (2020). Perjuangan Diplomasi Indonesia pada Tahun 1946. www.viva.co.id.

    Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. (2019). Tujuan Diplomasi Adalah Untuk Ciptakan Perdamaian Dunia. Umy.ac.id. https://www.umy.ac.id/tujuan-diplomasi-adalah-untuk-ciptakan-perdamaian-dunia.html.

    UNPAR. (2018). Teknologi Informasi dan Diplomasi “Zaman Now.” Universitas Katolik Parahyangan. http://unpar.ac.id/diplomasi-zaman-now/.

    Peran Financial Technology Bagi Perekonomian

    Fatih Fadillah - Administrasi Bisnis

     

    Teknologi merupakan alat yang digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari untuk mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan sumber daya yang diperlukan. Dengan adanya teknologi tentunya kebutuhan manusia dapat terselesaikan dengan efektif dan efisien. Seiring berkembangnya zaman, teknologi mengalami perkembangan yang lebih maju. Hal ini dikarenakan teknologi dapat membantu manusia dalam mempermudah segala kegiatan. Begitu pula dalam bidang keuangan atau finansial yang mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Financial technology merupakan suatu bentuk perubahan atau inovasi yang mengarah pada teknologi modern (Chrismastianto, 2017). 

    Perkembangan ilmu pengetahuan yang menghasilkan teknologi sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Hadirnya teknologi didukung oleh ide atau gagasan yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah. Masalah-masalah yang muncul dalam kehidupan manusia dapat mendorong tantangan baru untuk menciptakan perubahan. Hal ini tentunya dapat memicu problem positif maupun negatif (Rogers, 1995). Atau dengan kata lain munculnya teknologi dalam kehidupan manusia dibarengi dengan dampak-dampak yang ditimbulkan dari inovasi tersebut. (Suryono, 2019). 

    Financial technology dapat didefinisikan sebagai penerapan TI, baik itu di bidang keuangan, pembaruan keuangan serta digital, maupun startup. Menurut (Lee & Shin, 2018), terdapat enam bisnis model financial technologi yang diterapkan oleh perkembangan startup yaitu pembayaran, wealth management, crowdfunding, lending, capital market, dan layanan asuransi. Semakin besar perkembangan suatu teknologi keuangan, maka semakin besar pula tantangan yang akan dihadapi dalam menjalankan bisnisnya.

    Financial technology merupakan bentuk inovasi teknologi dalam layanan transaksi keuangan. Financial technology juga dapat diartikan sebagai penerapan teknologi dalam sistem keuangan sehingga dapat menghasilkan layanan serta model bisnis yang canggih, selain itu financial technology juga memberikan kelancaran, keamanan, serta efisiensi dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Carney (2016), awal dari teknologi keuangan ini adalah sektor keuangan dalam perekonomian yang menjadi kunci perkembangan masyarakat. Financial technology ini sudah banyak digunakan oleh banyak negara dan tidak hanya dimiliki oleh negara maju saja, melainkan oleh negara berkembang juga seperti Indonesia. Financial technology juga memberikan banyak kemudahan dalam proses transaksi.

    Kehidupan manusia dan teknologi merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan, terutama saat ini banyak sekali kegiatan-kegiatan yang menggunakan teknologi canggih guna memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Dengan adanya financial technology, siapapun dapat menggunakannya, baik itu masyarakat yang tinggal di kota maupun masyarakat terpencil. Bank Indonesia (2016), mendefinisikan financial technology sebagai “fenomena perpaduan antara teknologi dengan fitur keuangan yang mengubah model bisnis dan melemahnya barreir to entry.” Terdapat dua implikasi utama yaitu:

    1. Perubahan pada model bisnis serta layanan keuangan menggunakan konsep yang berbeda dari sebelumnya.
    2. Menurunnya Batasan untuk masuk ke dalam bisnis yang unregulated sehingga dapat menyediakan layanan keuangan yang regulated. 

    Munculnya financial technologi tentunya menjadi terobosan baru bagi masyarakat Indonesia dalam bertransaksi. Berbagai layanan financial technology memberikan banyak dampak positif, salah satunya yaitu membantu keperluan dalam berbinis, baik itu bisnis mikro, makro, maupun UMKM atau menengah. Dengan adanya financial technology, kebutuhan pelaku bisnis terutama UMKM dapat dengan mudah terlaksana serta terjangkau, terlebih dengan adanya platform digital. 

    Dampak Positif Adanya Perkembangan Financial Technology:

    1. Financial technology dapat meningkatkan perkembangan perusaan baru (startup).
    2. Financial technology dapat memudahkan layanan finansial.
    3. Financial technology dapat membantu UKM dalam mendapatkan modal usaha berbunga rendah.
    4. Financial technology dapat mendukung keuangan nasional secara global.

    Tantangan Financial Technology:

    1. Peraturan dalam mendukung kemajuan serta perkembangan financial technology. Hal ini meliputi bagaimana mengangkat aturan-aturan terkait digital signature serta pemakaian dokumen secara digital sehingga dapat mencapai titik maksimum yang dimiliki oleh industri financial technology.
    2. Sinkronisasi antara Lembaga dan Kementrian yang terkait untuk mencapai titik maksimum potensi financial technology dengan kelompok bisnis (business environment) yang bersifat manjemuk. Maka dari itu diperlukan sokongan atau bantuan dari berbagai Lembaga dan Kementrian.

    Financial technology memiliki tingkat efektivitas yang baik dalam meningkatkan kualitas layanan keuangan di bidang bisnis. Dalam perkembangannya, financial technology ini tentunya merupakan hal yang harus dipahami oleh para pelaku bisnis, baik itu bisnis kecil ataupun menengah (UMKM). Dengan adanya financial technology, sistem transaksi yang mulanya dilakukan dengan cara tradisional, sekarang berubah menjadi cara yang lebih maju dan modern. Di zaman yang semakin maju ini, kegiatan transaksi tidak lagi menggunakan uang tunai melainkan dengan kartu debit dan semacamnya.  Hal-hal biasa yang sebelumnya dilakukan secara manual, saat ini sudah mulai diotomasi dengan teknologi. Sudah banyak pelaku bisnis yang menggunakan financial technology dalam kegiatan ekonomi. Selain itu financial technology juga memiliki peluang dan tantangan tersendiri seperti perluasan pasar terhadap masyarakat yang unbankable.












    DAFTAR PUSTAKA

     

    Abdul Hadi Ilman, Muhammad Nurjihadi, Gita Noviskandariani. (2019). Peran Teknologi Finansial Bagi Perekonomian Negara Berkembang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 4 No.1, 29. 

    Ansori, M. (2019, April). Perkembangan Dan Dampak Finansial Technologi Terhadap Industri Keuangan Syariah Di Jawa Tengah. 5 No. 1, 32

    Budi Raharjo, Khairul Ikhwan, Alkadri Kusalendra Siharis. (2019). Pengaruh Financial Technology Terhadap Perkembangan UMKM Di Kota Magelang. Jurnal Universitas Tidar, 355.

    Suryono, R. R. (2019). Financial Technology Dalam Perspektif Aksiologi. Jurnal Universitas Teknokrat Indonesia, 52.

    Maulidah Narastri, Abdullah Kafabih. (2020, Januari). Financial Technologi Di Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Islam. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics, 2 No. 2, 155-170.

     

    Kontribusi Matematika dalam Perkembangan Teknologi

    Leonardo Alindra Mauliate – Matematika

     

    Matematika merupakan ilmu dasar yang sangat diperlukan dalam berbagai bidang, terutama bidang teknologi. Matematika membantu kita dalam mengkaji alam sekitar untuk mengembangkan teknologi demi meningkatkan kesejahteraan umat manusia. Tidak dapat dimungkiri bahwa di era globalisasi ini, teknologi berkembang dengan sangat pesat. Namun berdasarkan IMD World Competitiveness Yearbook (WCY), daya saing digital Indonesia pada tahun 2020 menduduki peringkat ke-56 dari 63 negara di dunia. Oleh karena itu, sumber daya manusia Indonesia harus menguasai ilmu dasar matematika dengan baik agar dapat memajukan bangsa Indonesia sehingga Indonesia dapat bersaing dalam bidang teknologi di kancah dunia.

    Dunia pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam mengajarkan ilmu matematika kepada para peserta didik. Pendidikan matematika dapat melatih dan mengembangkan salah satu soft skill kita yaitu cara berpikir kritis, kreatif, sistematis, dan logis. Keterampilan ini sangat dibutuhkan dalam pengembangan teknologi sebagai sarana berpikir ilmiah untuk dapat menghadapi perkembangan di era globalisasi ini. Untuk mengembangkan sebuah teknologi baru, kita harus bisa menciptakan dan membangun sebuah ide atau gagasan yang unik dan tidak biasa tetapi tetap dapat diwujudkan. Proses pemikiran ide ini akan menjadi tahap awal dalam mengembangkan sebuah teknologi baru yang dapat memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan manusia.

    Salah satu cabang ilmu matematika yang sangat sering digunakan dalam perkembangan teknologi adalah matematika diskrit. Matematika diskrit adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang objek-objek yang bersifat diskrit atau berhingga. Matematika diskrit merupakan salah satu ilmu dasar dalam teknologi karena komputer digital beroperasi secara diskrit dengan unit terkecil yang disebut bit. Bit merupakan satuan ukuran untuk memori dalam komputer. Memori digunakan untuk menyimpan informasi-informasi dalam bentuk angka biner. Awalnya informasi-informasi tersebut belum berbentuk angka biner. Untuk mengubahnya, kita perlu memakai ilmu matematika diskrit. Dalam ilmu matematika diskrit, kita dapat mempelajari banyak ilmu yang berguna untuk menciptakan sebuah teknologi, seperti teori komputabilitas yang digunakan untuk memeriksa batasan-batasan berbagai model komputer teoritis, aljabar Boolean, teori graf, algoritma, dan lain-lain. 

    Aljabar Boolean merupakan cabang ilmu matematika yang berhubungan dengan variabel-variabel biner dan operasi logik. Aljabar Boolean pertama kali dikemukakan pada tahun 1854 oleh seorang matematikawan dari Inggris yang bernama George Boole. Ajlabar Boolean menjadi salah satu dasar teknologi digital karena rangkaian elektronik di dalam komputer juga bekerja dengan metode operasi bilangan biner. Dalam cabang ilmu ini, kita akan mempelajari gerbang logika yang memiliki fungsi untuk mengubah satu maupun beberapa input atau masukan menjadi sebuah sinyal output atau keluaran logis. Dengan menggunakan aljabar Boolean, kita dapat melakukan analisis pada jenis rangkaian elektronik dengan sangat cepat, sehingga kita dapat mengeliminasi gerbang logika yang tidak diperlukan untuk mengurangi jumlah gerbang, biaya, dan konsumsi daya yang diperlukan.

    Teori graf digunakan untuk mereperesentasikan objek-objek diskrit dan hubungan antara objek diskrit tersebut. Representasi visual dari teori graf adalah dengan menyatakan objek sebagai noktah, bulatan, ataupun titik, sedangkan hubungan antara objek diskrit dinyatakan dengan garis. Representasi visual dari teori graf biasa kita kenal dengan jaringan. Dengan teori graf kita dapat mempelajari dan menganalisa berbagai macam jaringan digital, seperti jaringan internet dan jaringan pertemanan yang ada di sosial media. Jaringan-jaringan tersebut perlu dihubungan agar data digital dapat dikirim dari jaringan yang satu ke jaringan yang lain. Untuk melakukan hal ini, diperlukan sebuah perangkat yang disebut router. Router akan menerima data dari jaringan yang satu dan meneruskannya ke jaringan yang lain. Teori graf berfungsi untuk mencari rute tercepat dan terbaik yang dapat digunakan untuk meneruskan data tersebut.

    Hal paling dasar dalam menciptakan sebuah teknologi adalah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah instruksi standar untuk memerintahkan komputer agar menjalankan tugas-tugas tertentu. Contoh bahasa pemrograman yang sering dipakai, yaitu JavaScript, Python, dan PHP. Aplikasi dan perangkat lunak yang ada di ponsel, laptop, maupun komputer dapat kita gunakan karena adanya bahasa pemrograman yang telah dipasasang dan dijalankan. Dalam sebuah bahasa pemrograman, terdapat beberapa operasi penjumlahan, perkalian, bahkan pertidaksamaan. Namun, teori kalkulus yang digunakan pada bahasa pemrograman bukan hanya operasi perhitungan sederhana, melainkan aljabar, logika matematika, himpunan, barisan-deret, dan lain-lain. Untuk membuat suatu bahasa pemrograman diperlukan ilmu tentang algoritma yang dipelajari dalam matematika diskrit.

    Matematika memiliki peran yang sangat penting dalam dunia teknologi baik dalam pembuatan rangkaian elektronik di dalam komputer maupun dalam pembuatan perangkat lunak. Dari semua teknologi yang kita gunakan saat ini, tidak ada satupun yang tidak menggunakan ilmu matematika sebagai dasar pengembangan teknologi tersebut. Kontribusi ilmu matematika terhadap bidang teknologi sungguh sangat besar dan teknologi itu sendiri dapat memudahkan pengerjaan dan pemahaman ilmu matematika. Oleh karena itu, ilmu matematika dan bidang teknologi sangat berhubungan erat dan kedua bidang tersebut saling memajukan satu sama lain.




    DAFTAR PUSTAKA

    Citradi, Tirta. Walau Naik, Tapi Daya Saing Digital RI Terbuncit di ASEAN!. CNBC Indonesia. 27 September 2019. https://www.cnbcindonesia.com/news/20190927144410-4-102714/walau-naik-tapi-daya-saing-digital-ri-terbuncit-di-asean

    Hidayat, Taufik. Matematika dalam Perkembangan Teknologi. Kompas. 1Juli 2019. https://www.kompasiana.com/taufikhidayat0039/5d1961d7097f36351a3a1b09/matematika-dalam-perkembangan-teknologi

    Rahayu, Linda D. Peran Pendidikan Matematika di Era Globalisasi. Prosiding Sendika. 5.2019. 21 Januari 2021. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/sendika/article/view/801

    Mahardika, Fajar. Penerapan Teori Graf Pada Jaringan Komputer Dengan Algoritma. Kruskal. Politeknik Tegal. 4. 2019. 23 Januari 2021. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/1032/pdf_28






    Perkembangan Teknologi Sangat Membantu Pebisnis

    Zilham Ilman Fahman – Manajemen

     

    Di era sekarang teknologi tidak hanya berkembang dengan pesat, tetapi juga sering terjadi mengalami perubahan yang sangat cepat. Banyak sekali perkembangan yang bertujuan untuk memperaiki atau menyempurnakan hasil sebelumnya. Kali ini manfaat dari perkembangan teknologi hampir dapat dirasakan oleh banyak orang.

    Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Bisa dikatakan teknologi dibutuhkan disegala bidang. Salah satunya dibidang bisnis. Jika para pebisnis tidak bisa mengikuti trend atau tidak menggunakan teknologi bisnis mereka akan tertinggal. Karena banyak dari pebisnis yang memanfaatkan teknologi untuk membuat bisnis mereka berkembang dan unggul disbanding para pesaingnya.

    Jika para pebisnis bisa memanfaatkan teknologi dengan cara yang baik dan benar mereka pasti akan mendapatkan banyak manfaat. Seperti mengurangi biaya produksi dan operasional, dapat mempermudah komunikasi antara penjua dan pembeli/bos dan karyawan, dll. Maka dari itu perkemabangan teknologi sangat dibutuhkan oleh pebisnis karena sangat membantu pebisnis.

    Teknologi bukan lagi sebuah keinginan bagi para pebisnis tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan. Mengikuti trend dan meningkatkan kualitas bisnis merupakan prioritas bagi para pebisnis. Di era sekarang banyak sekali para UMKM/pebisnis start-up yang bisa memanfaatkan teknologi untuk memulai bisnisnya dengan modal yang sangat kecil atau hanya bermodal kemauan dan teknologi.

    Maka dari itu di era sekarang kita semua yang ingin membuka bisinis sudah mendapatkan kemudahan. Asal kita semua memiliki keinginan untuk belajar, berusaha, dan berdoa pasti apa yang kita inginkan akan tercapai. Jangan takut untuk memulai karena semua itu berawal dari sebuah proses hal kecil.

    DAFTAR PUSTAKA

     

    https://www.kompasiana.com/emijulaikah/57492108337b61ad0f7fa86a/manfaat-teknologi-informasi-di-bidang-bisnis












    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.