x

Iklan

Riki Sualah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Juli 2020

Senin, 19 April 2021 13:40 WIB

Kawasan Industri Dapat Menjadi Solusi Bagi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

Kawasan Industri (KI) dinilai dapat berperan sebagai 'sobat' terbaik bagi ekonomi pasca pandemi. Salah satunya adalah melalui investasi di sektor manufaktur tetap mengalir sehingga mampu menggerakkan aktivitas industri di dalam kawasan industri dan menumbuhkan perekonomian.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Colliers International Indonesia (Colliers) memperkirakan bahwa kawasan industri (KI) adalah salah satu bisnis yang akan bangkit (rebound) pada tahun 2021, terutama pasca pandemi. Hal ini disampaikan oleh Senior Associate Director Colliers International Indonesia (Colliers), Ferry Salanto.

Menurutnya, potensi rebound kawasan industri (KI) relatif lebih cepat dibandingkan sektor lainnya. Hal ini dikarenakan saat ini, demand yang belum terealisasi jumlahnya cukup lumayan. Dirinya menambahkan bahwa pelaku bisnis KI akan melakukan ekspansi sehingga membutuhkan lahan sebagai pengembangan yang berpotensi. 

Tak hanya itu, KI juga dinilai dapat berperan sebagai sobat terbaik bagi ekonomi pasca pandemi yang disebabkan beberapa hal. Salah satunya adalah investasi di sektor manufaktur tetap mengalir sehingga mampu menggerakkan aktivitas industri di dalam kawasan industri dan menumbuhkan perekonomian.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Diharapkan, aktivitas sektor manufaktur yang berada di kawasan industri mampu mendorong pemulihan ekonomi yang ada di Indonesia kedepannya terutama setelah pandemi COVID-19,” ujar Setyono Djuandi Darmono, pengamat kawasan industri.

Dapat dikatakan, KI dinilai penting di Indonesia karena sebenarnya menurut Peraturan Pemerintah (Permen) Republik Indonesia Nomor 142 Tahun 2015 Tentang Kawasan Industri terutama pada Pasal 2 disebutkan bahwa pembangunan kawasan industri bertujuan untuk 

  1. mempercepat penyebaran dan pemerataan pembangunan Industri
  2. meningkatkan upaya pembangunan Industri yang berwawasan lingkungan
  3. meningkatkan daya saing investasi dan daya saing Industri
  4. memberikan kepastian lokasi sesuai tata ruang

Sedangkan menurut Tim Koordinasi Kawasan Industri Departemen Perindustrian RI, tujuan utama pembangunan dan pengusahaan KI adalah untuk memberikan kemudahan bagi investor untuk memperoleh lahan industri dalam melakukan pembangunan industri. 

Pembangunan KI dimaksudkan sebagai sarana upaya pemerintah untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik melalui penyediaan lokasi industri yang siap pakai sekaligus didukung fasilitas dan prasarana yang lengkap serta berorientasi pada kemudahan untuk mengatasi masalah pengelolaan dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh limbah industri. 

Jika ahli telah mengucapkan bahwa KI adalah mitra terbaik bagi pemulihan ekonomi pasca pandemi, maka bolehkah kita mengamini usaha pemerintah, segenap jajarannya, bahkan hingga pengusaha atas ikhtiar mereka memaksimalkan KI di Indonesia untuk mengerek roda ekonomi Sang Garuda?

Ikuti tulisan menarik Riki Sualah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler