x

sumber ilustrasi: Harvard Graduate School of Education - Harvard University

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 9 Mei 2021 15:52 WIB

Apakah Tamparan Memengaruhi Otak?

Sebuah studi baru namun terbatas mengaitkan hukuman fisik dan respons otak yang berubah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Poin Penting

  • Sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan menunjukkan bahwa pola aktivasi otak pada anak-anak yang dipukul mungkin serupa dengan mereka yang pernah mengalami pelecehan langsung.
  • Namun, keterbatasan penelitian — mirip dengan banyak studi hukuman fisik — mungkin memudahkan lawan untuk mengabaikan hasil ini.
  • Studi yang dirancang lebih baik diperlukan untuk lebih efektif membantah hukuman fisik.

Penggunaan pukulan dan hukuman fisik sebagai bentuk disiplin orang tua telah sedikit menurun selama bertahun-tahun, tetapi secara keseluruhan tetap sangat stabil, terutama mengingat semakin sedikit ahli pengasuhan dan kesehatan mental anak yang menganjurkan praktik tersebut.

Menipisnya dukungan untuk hukuman fisik berasal dari semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa itu tidak terlalu efektif dan mengarah pada lebih banyak daripada lebih sedikit masalah kesehatan mental dan perilaku di jalan. Namun, bukti ini tidak sempurna dan biasanya tidak melibatkan penelitian yang melihat langsung ke otak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebuah studi baru-baru ini, bagaimanapun, berusaha untuk membandingkan aktivitas otak di masa muda antara mereka yang memiliki riwayat hukuman fisik dan mereka yang tidak memiliki riwayat hukuman fisik. Sampel termasuk 147 remaja berusia sekitar 12 tahun, 40 di antaranya melaporkan riwayat dipukul tetapi tidak pernah mengalami pelecehan fisik atau seksual secara langsung sebagaimana yang dinilai melalui berbagai cara. Kelompok ini dibandingkan dengan 107 remaja yang tidak memiliki riwayat pemukulan atau pelecehan. Ada juga sekelompok 27 anak yang dipukul tetapi juga mengalami beberapa jenis pelecehan. (Catatan penulis: Sulit untuk membuat kata-kata dengan kalimat ini, karena saya tahu beberapa orang sudah menganggap penyalahgunaan hukuman fisik sementara yang lain tidak.)

Semua subjek menjalani pemindaian MRI fungsional yang memungkinkan para peneliti untuk melihat aktivitas otak di wilayah tertentu. Di pemindai, anak-anak diperlihatkan gambar wajah, beberapa di antaranya netral dan yang lainnya menunjukkan respons terhadap ancaman. Variabel utama yang menarik dalam penelitian ini adalah perbedaan tingkat aktivitas di berbagai wilayah otak saat melihat wajah netral versus wajah yang lebih menakutkan.

Seperti yang diharapkan, banyak bagian otak yang "menyala" saat melihat wajah yang lebih ekspresif secara emosional dibandingkan dengan yang netral. Yang menarik, besarnya perbedaan ini lebih besar pada kelompok yang pernah dibandingkan yang belum dipukul. Beberapa area otak di mana ini ditemukan adalah area yang sama yang menyala ketika mempelajari individu dengan riwayat penganiayaan dan pelecehan.

Ini termasuk area yang terdiri dari wilayah terhubung yang disebut salience dan default mode network, yang terlibat dalam peringatan dan orientasi pada potensi ancaman dan dalam pemrosesan informasi sosial. Para peneliti tidak menemukan perbedaan aktivitas otak antara kelompok yang pernah dipukul dan kelompok dengan riwayat pelecehan fisik dan seksual.

Namun, ada beberapa peringatan yang perlu disebutkan. Pertama, beberapa perbedaan aktivitas otak antara kelompok yang dipukul dan yang tidak pernah dipukul adalah karena kelompok yang dipukul lebih sedikit memiliki aktivitas pada wajah netral daripada lebih banyak aktivitas otak pada wajah yang ketakutan. Selain itu, penulis berharap melihat perbedaan antara kelompok yang dipukul dan tidak dipukul di amigdala, wilayah otak yang secara luas dikenal penting dalam mendeteksi dan memproses rasa takut, tetapi sebenarnya tidak ada.

Para peneliti menyimpulkan bahwa data mereka mendukung hipotesis bahwa hukuman fisik mengubah respons saraf menjadi ancaman. Namun, mereka harus mengakui bahwa "tidak mungkin menarik kesimpulan kausal" karena sifat datanya.

Banyak studi seperti ini memiliki kualifikasi cetak yang bagus tentang tidak menarik kesimpulan kausal, tetapi di sini sangat penting karena dua alasan. Pertama, media, tentu saja, melakukan apa pun, yang merupakan tipikal. Bahkan Harvard menerbitkan judul "Bagaimana Memukul Dapat Mempengaruhi Perkembangan Otak", sementara judul terkenal lainnya adalah "Pengaruh Memukul Otak Anak-Anak yang Mirip dengan Pelecehan."

Seringkali ini dapat diabaikan karena penulis studi biasanya meremehkan kemampuan mereka untuk membuat kesimpulan kausal. Namun, di sini, desain penelitian benar-benar membuat pengambilan kesimpulan menjadi sangat sulit.

Untuk lebih jelasnya, saya bukan penggemar hukuman fisik, dan buku terbaru yang mengulas sains tentang topik ini dan banyak lainnya menyimpulkan bahwa sebenarnya tidak ada data yang baik untuk mendukung penggunaannya. Masalahnya, bagaimanapun, adalah bahwa gunung data yang terus meningkat terhadapnya terus memiliki beberapa masalah metodologis yang sama dengan yang mereka miliki selama beberapa dekade, yang membuat terlalu mudah bagi para pendukung untuk hanya menyatakan keseluruhan banyak dari mereka " cacat ”dan langsung singkirkan mereka. Kritik ini biasanya mencakup yang berikut ini.

  • Tidak menguji kemungkinan bahwa itu adalah tingkat perilaku negatif yang mendorong temuan (perubahan otak, perbedaan fisiologis, dan lain-lain) Daripada hukuman fisik itu sendiri.
  • Tidak dapat memisahkan efek hukuman fisik dari perilaku orang tua yang kita tahu berbahaya dan sering (tetapi tentu tidak selalu) dikaitkan dengan hukuman fisik, seperti berteriak dan kritik keras.
  • Masalah ayam-dan-telur dalam menentukan apakah hukuman fisik adalah penyebab perilaku negatif atau konsekuensi dari itu (atau keduanya).

Peluru terakhir sulit diatasi dalam penelitian tanpa mampu melakukan sesuatu seperti pengacakan (yang untuk penelitian seperti ini hampir tidak mungkin). Dua yang pertama, bagaimanapun, lebih bisa dilakukan dan akan menjadi perbaikan besar untuk studi ini. Jika para peneliti, misalnya, membandingkan perubahan otak yang terjadi pada kelompok yang dipukul relatif dengan kelompok anak-anak dengan tingkat masalah perilaku yang sama yang tidak pernah dipukul (bukan hal yang sangat sulit untuk dilakukan), argumen mereka akan sangat banyak. lebih kuat dari saat ini.

Pada akhirnya, kami memiliki satu studi lagi untuk ditambahkan ke tumpukan literatur tentang hukuman badan yang besar, konsisten, dan cacat. Mudah-mudahan, kita akan melihat lebih banyak penelitian yang bekerja ekstra dan memberikan lebih sedikit alasan bagi kelompok pendukung hukuman fisik yang gigih untuk mengabaikannya.

***
Solo, Minggu, 9 Mei 2021. 7:20 am
'salam sehat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler