8 Keuntungan Memiliki Website Sekolah - Analisa - www.indonesiana.id
x

Ash Aura

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 April 2021

Rabu, 12 Mei 2021 07:35 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • 8 Keuntungan Memiliki Website Sekolah

    Dengan memiliki fungsi dan fitur yang berbeda, ada banyak hal yang dapat diperoleh dengan memiliki website sekolah Anda sendiri untuk sekolah. Dengan investasi yang lebih sedikit, situs website sekolah memberikan manfaat yang disebutkan di bawah ini kepada sekolah!

    Dibaca : 207 kali

    Di era sekarang, setiap orang menciptakan kehadiran online mereka dengan membuat situs web mereka sendiri. Hal yang sama harus terjadi pada sekolah karena mereka juga harus membangun desain website sekolah yang berkualitas tinggi, berguna dan dinamis untuk membantu para pendidik dan siswa.

    Memiliki situs web, baik untuk tujuan pemasaran atau pribadi, kini menjadi hal yang lumrah. Kebanyakan orang lebih suka membangun blog daripada situs statis karena yang pertama jauh lebih sederhana untuk diterapkan. Tapi apakah itu blog atau situs web, intinya selalu hadir secara online, dan sekolah harus hadir secara online melalui pembuatan website sekolah. 

    Dengan memiliki fungsi dan fitur yang berbeda, ada banyak hal yang dapat diperoleh dengan memiliki website sekolah Anda sendiri untuk sekolah. Dengan investasi yang lebih sedikit, situs website sekolah memberikan manfaat yang disebutkan di bawah ini kepada sekolah:

    1. Mempermudah Komunikasi Antar Anggota Sekolah

    Pendidik, staf, orang tua, dan peserta didik semuanya perlu berkomunikasi. Dan website sekolah yang lebih interaktif memungkinkan mereka melakukan ini dengan lebih mudah.

    Desain website sekolah adalah salah satu alat terpenting untuk mempromosikan komunikasi. Siswa, orang tua, dan orang-orang dari komunitas lokal Anda akan menggunakannya untuk mengetahui lebih banyak tentang institusi tersebut.

    Dengan memiliki situs web yang ramah pengguna, Anda akan mengaktifkan navigasi yang mudah bagi orang tua, siswa, serta staf. Orang tua dapat melihat kemajuan anak-anaknya dengan melihat informasi tentang tugas, nilai, kelas, kehadiran, dan kegiatan ekstrakurikuler apa pun. Orang tua dapat memeriksa informasi ini kapan saja mereka mau.

    Informasi antara orang tua dan guru juga dapat diberikan sehingga mereka dapat berkomunikasi tanpa pertemuan pribadi di sekolah.

    2. Tingkatkan Pengalaman Belajar

    Desain situs web sekolah yang interaktif juga dapat meningkatkan pengalaman belajar. Semua siswa dapat memperoleh akses mudah ke materi yang tidak tersedia di kelas, mereka dapat melihat catatan dan sumber daya dari mana saja.

    Ini dapat menjadi alat yang bermanfaat untuk bekerja dalam kelompok karena siswa dapat mengatur ruangan di VLE (Virtual Learning Environment) di mana mereka dapat berbagi pendapat dan catatan. Bagian sumber daya juga dapat ditambahkan ke situs web, seperti Gambar-gambar, Video, Dokumen, dan Presentasi. Ini dapat diakses oleh orang tua dan siswa sehingga mereka dapat memperoleh lebih banyak manfaat dari situs web ini.

    3. Cara Terbaik Untuk Menerima Umpan Balik

    Ingin meningkatkan kualitas layanan sekolah Anda? Maka cara ideal untuk melakukannya adalah mendengarkan umpan balik dari siswa dan orang tua. 

    Website sekolah adalah alat terbaik yang dapat digunakan oleh dua pihak untuk berkomunikasi satu sama lain. Berikan kesempatan kepada orang tua untuk menilai layanan Anda dan mengirimkan rekomendasi. 

    Jenis umpan balik pelanggan ini sangat membantu untuk setiap pendirian, termasuk sekolah. Beberapa umpan balik juga dapat digunakan untuk menguji keefektifan layanan atau kemungkinan baru. Responsnya akan hampir seketika, sehingga Anda dapat membuat penyesuaian saat dalam perjalanan.

    4. Tingkatkan Kesadaran Merek

    Semua orang ingin citra mereknya positif dan Anda bisa mendapatkannya dengan meluangkan waktu dan perhatian untuk memperbarui situs web dan memberikan informasi kepada komunitas. Anda juga mungkin memasarkan situs web Anda secara online, dan situs interaktif dapat memastikan bahwa ketika orang-orang mengunjungi situs web Anda, mereka melihat sekolah Anda dengan cara yang terbaik.

    5. Pengumuman Sekolah yang Diterima Tepat Waktu

    Terkadang sekolah harus tetap ditutup karena beberapa alasan. Bisa jadi karena situasi yang tidak terduga seperti kerusuhan atau cuaca buruk. Dalam beberapa kasus, situs web sangat membantu karena administrasi dapat memperbarui situs web sekolah untuk membuat semua orang menginformasikan tentang situasi dan memperbarui status gedung yang dibuka atau ditutup.

    Jika sekolah akan merayakan hari olahraga atau acara lainnya, akan mudah untuk meletakkannya di website sekolah agar dapat dilihat semua orang.

    6. Memberi Siswa Akses Ke Fungsi Berharga

    Manajemen sekolah mengharuskan kami untuk mengatasi perubahan ini dan menghasilkan solusi inovatif. 

    Membuat situs web sekolah yang dipersonalisasi akan membuat siswa tetap terlibat. Website sekolah semacam itu dapat memberi mereka akses ke bahan bacaan atau kesempatan belajar interaktif. Lebih lanjut, mungkin juga ada kemungkinan untuk melacak kesuksesan dan nilai.

    7. Hemat Uang, Waktu dan Upaya

    Jika sekolah Anda memiliki website sekolah sendiri, Anda akan mendapatkan brosur online instan. Pihak berwenang tidak perlu khawatir tentang iklan cetak atau TV untuk mempromosikan lembaga tersebut. Juga tidak perlu mencetak pemberitahuan, pengumuman, surat untuk orang tua dan anggota badan sekolah lainnya. Oleh karena itu, guru dapat menghemat waktu untuk tugas-tugas departemen yang tidak berguna.

    8. Membangun Situs Web Komunitas Pendidikan

    Situs web sekolah bisa menjadi jauh lebih banyak jika memiliki manfaat yang memungkinkan komunikasi yang mudah antar peserta didik. Hal ini dapat dicapai dengan membuat forum yang memungkinkan berbagi pengetahuan terkait dengan kursus dan topik lain yang berbeda. Ini bisa menjadi komunitas yang berkembang di mana semua orang mulai dari administrasi hingga pendidik dan orang tua dapat berkumpul dan berbagi pengalaman dan informasi mereka.

    Kesimpulan

    Jadi, sekarang Anda memiliki keuntungan membangun website sekolah yang terlalu bagus untuk diabaikan. Salah satu hal paling luar biasa adalah membangun situs web Anda yang ramah pengguna, sehingga semua orang mulai dari siswa hingga pendidik dan orang tua dapat dengan mudah menavigasi tanpa masalah.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.