Misteri Potensi Aspal Buton Yang Sesungguhnya - Analisis - www.indonesiana.id
x

Kindahan pantai Buton saat senja diabadikan fotografer.\xd Foto Arif Nanen Noan

Indŕato Sumantoro

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Juli 2020

Jumat, 23 Juli 2021 21:11 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Misteri Potensi Aspal Buton Yang Sesungguhnya

    Selama ini kita memandang potensi aspal Buton dari jumlah deposit bitumennya yang sangat besar. Dengan mengubah persepsi kita bahwa potensi aspal Buton yang sesungguhnya adalah sebuah misteri mengapa aspal Buton diciptakan oleh Allah SWT di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Maka objektif dari Industri Aspal Buton akan ikut berubah dari semula aspal Buton untuk menggantikan aspal minyak Impor, sekarang menjadi aspal Buton untuk menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Aspal Buton untuk menggantikan aspal minyak impor itu hanya merupakan salah satu bagian saja dari tujuan-tujuan untuk menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Tetapi tujuan akhir, pastinya adalah aspal Buton harus mampu menjadi Tuan Rumah di Negeri sendiri.

    Dibaca : 384 kali

    Aspal Buton adalah harta karun yang sudah hampir 1 abad lamanya terpendam. Kalau harta karun pada umumnya ditemukan di dasar laut, atau disembunyikan di dalam tanah. Tetapi harta karun aspal Buton berada tepat di depan pelupuk mata kita. Sayangnya tidak semua orang mampu melihatnya. Termasuk pemerintah sendiri. Untuk bisa melihat potensi harta karun aspal Buton yang sesungguhnya, kita harus melihatnya dengan menggunakan mata hati dan mata akal pikiran.

    Ada kata-kata bijak yang mengatakan bahwa apabila kita sudah berdaya upaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan suatu masalah, tetapi masih belum juga berhasil. Maka rubahlah cara kita memandang masalah tersebut. Alih-alih selama ini kita memandang potensi aspal Buton karena jumlah deposit bitumennya yang sangat besar. Mulai dari sekarang mari kita rubah persepsi tersebut dengan memandang potensi aspal Buton yang sesungguhnya sebagai sebuah misteri. Sebuah misteri? Benar. Sebuah misteri mengapa Allah SWT menciptakan aspal Buton di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Sumber daya aspal alam yang terdapat hanya satu-satunya di bumi Indonesia.

    Jawaban-jawaban dari misteri potensi aspal Buton yang sesungguhnya nanti akan terkuak. Ini adalah potensi aspal Buton yang sesungguhnya. Dengan mengubah persepsi kita terhadap masalah yang sedang kita hadapi. Maka kita tidak akan mengulangi kembali kesalahan-kesalahan yang sama, yang telah terjadi di masa lalu. Melainkan kita akan melakukan upaya inisiatif-initiatif baru yang lebih kreatif dan cerdas. Kita akan melakukan terobosan inovatif yang lebih bijak dan berwawasan luas. Dan semua itu akan dilaksanakan dengan rasa penuh semangat juang yang tidak pernah mengenal menyerah.

    Satu-satunya cara untuk menguak misteri potensi aspal Buton yang sesungguhnya adalah dengan cara memproduksinya. Tidak ada cara lain. Dengan demikian niat tulus dan ikhlas untuk mengolah aspal Buton bukan karena untuk kepentingan individu. Tetapi hanya untuk kepentingan seluruh rakyat Indonesia. Mungkin ini adalah jawaban pertama yang akan terkuak dari misteri potensi aspal Buton yang sesungguhnya. Karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi orang lain.

    Adapun faktor-faktor yang mendukung berkembangnya industri aspal Buton adalah sebagai berikut:

    1. Sumber Daya Manusia
    2. Teknologi
    3. Modal Usaha
    4. Akses Pasar

    Sumber Daya Manusia yang dimaksud di sini adalah manusia Indonesia yang memiliki akhlak mulia. Berintegritas, jujur, dan patriot cinta tanah air. Insan sejati yang memiliki cita-cita luhur untuk memakmurkan bangsa dan negaranya sendiri. Bukan sekelompok orang-orang yang egois. Mereka hanya mencari keuntungan yang sebesar-besarnya untuk kepentingan kelompok mereka. Peranan sumber daya manusia pemerintah dalam hal ini adalah sangat vital. Karena pemerintah yang memegang kekuasaan, dan memiliki kebijakan-kebijakan dalam membuat peraturan-peraturan dan Undang-undang. Apabila semua sumber daya manusianya sudah memahami dengan baik bahwa aspal Buton sebenarnya bukanlah harta karun hadiah untuk dimiliki sendiri. Tetapi merupakan harta karun titipan dari Allah SWT untuk seluruh rakyat Indonesia. Maka kita harus mengolah aspal Buton dengan rasa penuh tanggung jawab kepada Sang Pencipta, Allah SWT. Kita harus selalu bersyukur, ikhlas, serta hanya mengharapkan ridhoNya semata. Mungkin ini adalah jawaban kedua yang akan terkuak dari misteri potensi aspal Buton yang sesungguhnya. Jawaban ini akan menjadi fondasi kokoh keberhasilan industri aspal Buton.   

    Teknologi yang dimaksud di sini adalah teknologi ekstraksi aspal Buton untuk memisahkan bitumen dari batu-batuan pengikatnya. Teknologi ini adalah kunci utama keberhasilan dalam mengembangkan industri aspal Buton. Agar teknologi ini berkah dan bermanfaat, maka teknologi ini selain harus handal dan ekonomis, teknologi ini juga wajib ramah lingkungan. Mungkin ini merupakan jawaban ketiga yang akan terkuak dari misteri potensi aspal Buton yang sesungguhnya. Karena apabila industri aspal Buton ini dikelola sebagai industri yang berwawasan lingkungan, maka akan terjadi sinergi diantara pemerintah, pengusaha, investor, masyarakat, dan alam lingkungannya. Dengan demikian akan tercipta harmoni kehidupan dari alam semesta untuk mewujudkan cita-cita aspal Buton dapat menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia.

    Modal Usaha yang dimaksud di sini adalah dana dari pihak Investor. Baik itu Investor dalam negeri, maupun Investor asing. Mengingat industri aspal Buton ini merupakan industri strategis dan prioritas utama pemerintah. Maka diharapkan para pengusaha dan investor indonesia mau bersatu padu dan bersinergi untuk mengembangkan industri aspal Buton. Kalau pada saat ini semua bidang usaha pertambangan strategis di Indonesia hampir semuanya sudah dikuasai oleh para investor asing. Maka jangan sampai industri aspal Buton ini akan jatuh juga ke tangan pihak investor asing. Sangat diharapkan sekali kepada para pengusaha dan investor lokal agar mulai sadar bahwa nasib bangsa Indonesia terletak di tangan bangsanya sendiri. Bukan di tangan bangsa lain. Mungkin ini adalah jawaban keempat yang akan terkuak dari misteri potensi aspal Buton yang sesungguhnya. Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) sudah berkomitmen untuk membangun Indonesia dengan aspal Buton. Sekarang ini seluruh rakyat indonesia sedang menantikan bukti nyatanya.

    Akses Pasar yang dimaksud di sini adalah aspal Buton ekstraksi harus mampu bersaing dengan aspal minyak impor. Dengan tersedianya Infrastruktur - infrastruktur pendukung industri aspal Buton, dan jalur - jalur transportasi darat, laut, dan udara untuk mendistribusikan produk-produk aspal Buton ekstraksi ke seluruh wilayah Indonesia. Maka harga aspal Buton akan dapat bersaing secara sehat dengan harga aspal minyak impor. Mulai dari sekarang pemerintah harus sudah mulai mengembangkan strategi dan inovasi pembangunan infrastruktur jalan-jalan mulai dari Pulau Buton menuju ke seluruh pelosok daerah-daerah di indonesia. Bisa dibayangkan betapa bangganya rakyat Indonesia nanti apabila semua jalur-jalur transportasi darat untuk mendistribusikan aspal Buton ekstraksi sebagian besar sudah terbuat dari aspal Buton sendiri. Mungkin ini adalah jawaban kelima yang akan terkuak dari misteri potensi aspal Buton yang sesungguhnya, apabila aspal Buton sudah mampu menggantikan aspal minyak impor.

    Kalau objektif dari pembangunan industri aspal Buton yang pada awal mulanya adalah aspal Buton untuk menggantikan aspal minyak impor. Tetapi setelah kita mengubah persepsi kita dimana potensi aspal Buton yang sesungguhnya merupakan sebuah misteri mengapa Allah SWT menciptakan aspal Buton di Pulau Buton. Maka objektif kita pun sekarang akan ikut berubah. Objektif kita sekarang adalah aspal Buton untuk menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Objektif aspal Buton untuk menggantikan aspal minyak impor, itu hanya merupakan salah satu bagian saja dari tujuan-tujuan lain untuk menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Tetapi tujuan akhir, pastinya adalah aspal Buton harus mampu menjadi Tuan Rumah di Negeri sendiri.

    Mudah-mudahan kita masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk dapat menyaksikan aspal Buton akan mampu menyejahterakan seluruh rakyat Indonesia. Ini merupakan salah satu jawaban yang paling bijak dari sekian banyak jumlah jawaban-jawaban yang mungkin akan terkuak dari misteri potensi aspal Buton yang sesungguhnya ini. Mungkin saja Allah SWT menciptakan aspal Buton untuk menjadi katalis guna mempercepat pemulihan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang telah hancur lebur akibat pandemi Covid 19 yang berkepanjangan. Atau mungkin juga Allah SWT menciptakan aspal Buton sebagai sarana pemersatu bangsa dan negara Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke. Karena sebagian besar infrastruktur jalan-jalan nanti akan terbuat dari aspal Buton. Dan masih banyak lagi kemungkinan-kemungkinan lain dari jawaban-jawaban yang akan nanti terkuak. Ini adalah kewajiban kita, anak-anak, dan cucu-cucu kita kelak untuk berupaya terus mencari jawaban-jawaban di balik misteri potensi aspal Buton yang sesungguhnya ini.

    Meskipun kita berbeda-beda, tetapi kita tetap satu. Itulah Bhineka Tunggal Ika. Sejatinya, mungkin saja atas dasar filosofi agung ini Allah SWT menciptakan hanya ada satu aspal Buton di bumi Indonesia. Karena mungkin salah satu hikmahnya adalah untuk menyadarkan kita semua rakyat Indonesia bahwa tanpa adanya persatuan dan kesatuan Indonesia, tidak akan mungkin aspal Buton mampu menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri. Apakah mungkin ini adalah jawaban akhir yang nanti akan terkuak di balik misteri potensi aspal Buton yang sesungguhnya?

    Tetap semangat Indonesiaku!

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.