x

Pendampingan UMKM

Iklan

faanta izza

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 September 2021

Jumat, 3 September 2021 07:26 WIB

Mahasiswa KKN Unej Bantu Pemasaran UMKM Keripik Singkong dengan Digital Marketing

Artikel tentang pengabdian mahasiswa Universitas Jember melalui progam KKN BTV III terhadap UMKM Desa Jatimulyo-Jenggawah-Jember

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jember, Jawa Timur. Mahasiswa KKN Back To Village atau KKN BTV III Universitas Jember, Fa’anta Iqbala H. I, merancang program pemberdayaan UMKM masyarakat terdampak Covid-19 di Desa Jatimulyo, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember.

KKN Back To Village III adalah salah satu program yang wajib ditempuh mahasiswa Unej. Program tersebut merupakan salah satu cara bagi mahasiswa untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan sebagai wadah untuk menyalurkan ilmunya yang sudah di dapat selama kuliah di kampus. Adapun pelaksanaannya adalah di desanya masing masing. Kegiatan KKN BTV III ini dilaksanakan dari tanggal 11 Agustus sampai 9 September 2021.

Sasaran kali ini yaitu UMKM Keripik Singkong yang bertempat di Desa Jatimulyo Kecamatan Jenggawah. Minahul Fikriyah atau yang biasa di panggil Mbak Fikri adalah pemilik UMKM Keripik Singkong ini. Setiap harinya beliau mampu memproduksi dari bahan mentahnya 20 hingga 25 Kg per-hari. Hal ini sangat potensial untuk di kembangkan sebagai brand lokal desa yang nantinya bisa bersaing di berbagai pasar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun, selama pandemi ini terdapat berbagai permasalah yang beliau hadapi. Selama awal pandemi sampai saat ini, saya merasakan penurunan jumlah permintaan di pasar,” ujar Minahul Fikriyah, Senin, 30/08. Dan permasalahan lain yang saya dapatkan setelah dilakukan wawancara adalah beliau belum bisa berjualan secara online atau memaksimalkan media sosial untuk berjualan.

Akhirnya, disusunlah program kerja yang berfokus pada melakukan pendampingan untuk memperkenalkan & melatih pemilik UMKM tentang digital marketing. Dimulai dari memberikan materi dan pelatihan desain gambar promosi menggunakan aplikasi Canva sampai pelatihan untuk menjual produknya ke berbagai media online seperti marketplace facebook, instagram, dan shopee.

Harapan atau output yang di inginkan dari program kerja tersebut adalah memperluas jaringan pemasaran produk keripik singkong desa Jatimulyo supaya bisa meningkatkan pendapatan pemilik UMKM dan juga mengenalkan hasil produk desa di berbagai pasar.

Ikuti tulisan menarik faanta izza lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler