Tips Keamanan di Dapur - Analisis - www.indonesiana.id
x

Geraldo Indaharto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 September 2021

Rabu, 22 September 2021 20:17 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Tips Keamanan di Dapur


    Dibaca : 355 kali

    Dukung penulis indonesiana

              Dapur merupakan ruang yang hampir setiap hari kita gunakan. Dari kegiatan memasak maupun hanya sekedar memanaskan makanan.  Pada dapur juga terdapat banyak hal yang membahayakan serta mengancam keselamatan kita. Hal-hal tersebut seperti peralatan listrik, pisau tajam, kompor gas, api, serta masih banyak lagi. Dengan seringnya kita menggunakan dapur, semakin besar pula resiko kita untuk terluka dan cidera. Maka memerlukan kehati-hatian serta penerapan system keamanan yang baik  agar kita dapat meminimalisir resiko tersebut.

    Beberapa Tips yang Dapat Kita Lakukan untuk Meminimalkan Kecelakaan di Dapur

    Jaga Keamanan Kompor

                Selalu pastikan knop kompor selalu dalam keadaan mati saat tidak digunakan. Supaya gas tidak bocor dan berpotensi membahayakan saat menggunakannya. Jangan meletakkan barang maupun bahan yang mudah terbakar di dekat kompor. Jika terjadi kebakaran gunakan kain basah untuk memadamkan api.

    Hati-hati Saat Menggunakan Pisau

                Jangan ber-multitasking saat menggunakan pisau, pastikan fokus dengan yang anda kerjakan saat menggunakan pisau. Misal anda sedang sambil menonton resep di youtube, pastikan anda pause video tersebut lalu melakukan stepnya. Jangan melakukan step sambil menonton, karena fokus akan berkurang sehingga akan meningkatkan resiko kecelakaan di dapur.

    Jaga Kebersihan Lantai Dapur

                Tidak jarang orang tergelincir dan cidera saat memasak di dapur. Hal ini terjadi karena kebersihan dapur yang tidak di jaga. Seperti ada tetesan minyak lalu menunda untuk membersihkan. Sehingga saat lewat bisa menyebabkan tergelincir dan berpotensi cidera. jaga lantai dapur untuk bersih dan kering untuk menjaga kebersihan dan keamanan juga.

    Gunakan Alas Kaki yang Cukup Tebal

                Alas kaki dapat mengamankan kaki kita dari bahaya yang mungkin saja terjadi. Misalnya kita tak sengaja menyenggol peralatan dapur seperti panic besar, wajan, maupun pisau tajam. Saat barang tersebut jatuh, kita dapat meminimalkan resiko kaki kita untuk cidera saat di dapur.

                Bagaimana pun yang terpenting adalah sikap berhati-hati. Bersikap santai dan menyepelekan akan meningkatkan resiko kita cidera dan terluka karena kita mengurangi fokus saat memasak. Berhati-hati, konsentrasi, dan fokus saat mengerjakan sesuatu di dapur merupakan 3 hal yang membuat anda mendapat efektifitas saat memasak sehingga hasilnya ialah keamanan saat bekerja.

    Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.