Membangkitkan Papua dengan Semangat Perubahan - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Puji Handoko

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 November 2020

Kamis, 7 Oktober 2021 16:48 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Membangkitkan Papua dengan Semangat Perubahan

    Selama ini Papua identik sebagai wilayah yang tertinggal. Listrik dan BBM adalah barang yang mewah. Namun beberapa tahun belakangan ini Papua terus berbenah mengejar kemajuan. Pembukaan PON yang meriah di Papua telah menunjukkan kelasnya sebagai gambaran dari wilayah yang bersiap menyongsong esok yang cerah.

    Dibaca : 577 kali

    Dukung penulis indonesiana

    Papua baru saja menampakkan kegemerlapan pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON). Pertama kali dalam sejarah kita, PON dilaksanakan di sana. Pelaksanaan event olahraga akbar itu juga yang pertama kali dilakukan sejak masa pandemi. Papua memiliki makna penting sebagai pembukaan lembaran baru sesudah didera wabah global ini.

    Selama ini Papua selalu identik sebagai wilayah yang tertinggal. Listrik dan BBM adalah barang yang mewah. Namun beberapa tahun belakangan ini Papua terus berbenah mengejar kemajuan. Pembukaan PON yang meriah di Papua telah menunjukkan kelasnya sebagai gambaran dari wilayah yang bersiap menyongsong esok yang cerah.

    Sejalan dengan semangat perubahan itu, Pertamina terus melakukan upaya baik dalam membina pengusaha kecil di wilayah tersebut. Sebagaimana dipahami bersama, Papua tertinggal dalam banyak hal. Pembangunan infrastruktur yang digencarkan di sana demi menggerakkan jalannya roda perekonomian. Namun pembangunan fisik tentu saja belum cukup untuk membuat warga Papua sejahtera.

    Untuk itu perlu dilakukan langkah lanjutan. Pertamina mengambil inisiatif untuk menguatkan aspek ekonomi melalui penguatan pengusaha kecil Papua. Hal itu diwujudkan melalui Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK), dengan terus memberi perhatian lebih pada kelangsungan UMK di Papua dan Papua Barat. Mereka mendapat pembinaan dan pendampingan sebagaimana mitra binaan di wilayah lain, agar dapat naik kelas secara progresif.

    Pertamina konsisten dalam menjalankan SDG point 8 untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Membuka kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta memberikan pekerjaan yang layak untuk semua. Hal itu diperlihatkan dalam bentuk pembinaan UMKM di wilayah unit Pemasaran wilayah Papua dan unit pengolahan wilayah Kasim Papua Barat. Kedua wilayah ini dinilai telah melaksanakan pembinaan secara baik kepada seluruh mitra binaannya.

    Penyaluran modal di wilayah Papua dan Papua Barat salah satunya juga ditujukan agar UMK Timur Indonesia dapat segera bangkit dari dampak pandemi. Melalui bantuan modal usaha dan sejumlah program pembinaan, Pertamina ingin membantu agar market growth wilayah timur dapat beranjak naik.

    “Sehingga para UMK binaan bisa menembus pasar di luar Provinsi Papua dan Papua Barat. Bahkan seluruh Indonesia atau mancanegara,” ujar Pjs Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman.

    Upaya untuk membangkitkan Papua dilakukan oleh banyak pihak. Tidak hanya Pemerintah, perusahaan negara seperti Pertamina juga ikut membantu percepatan kebangkitan itu. Menyejajarkan Papua dengan wilayah lain dalam segenap aspeknya tentu membutuhkan waktu. Namun langkah panjang itu bisa dimulai dari membangkitkan para pengusaha kecilnya, sebagaimana yang telah dan akan terus dilakukan oleh Pertamina.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.